Mau Berinvestasi Bitcoin? 10 Risiko Investasi Bitcoin Yang Perlu Anda Ketahui

Artikel ini merupakan kontribusi dari guest blogger Adi Nugroho yang memiliki blog bagus tentang manajemen bisnis.

Bitcoin merupakan salah satu investasi yang memiliki risiko investasi bitcoin yang beragam. Dalam melakukan investasi bitcoin tentu anda harus melakukannya secara berhati-hati. Walaupun memiliki risiko tinggi tetapi harga bitcoin memang selalu mengalami kenaikan.

Tetapi sebelum memulai tentu anda harus mengetahui apa saja risiko yang anda dapatkan. Dengan mengetahui risikonya, anda bisa mencari cara untuk mengatasi beragam masalahnya. Untuk itu, anda bisa menyimaknya di bawah ini:

Memiliki Pasar Bergejolak dan Fluktuatif

Perlu diketahui harga bitcoin memang selalu berubah bahkan sejak 6 November 2018 1 bitcoinnya memiliki nilai sekitar US$ 6.461,01. Sehingga ini merupakan salah satu risiko investasi bitcoin yang perlu anda ketahui.

Bahkan 1 tahun sebelumnya pada tanggal 17 Desember 2017, anda bisa mendapatkan 1 bitcoin dengan harga sekitar US$20.000. Tetapi bitcoin juga sempat mengalami penurunan pada tanggal 24, bahkan pembeli tidak akan bisa menjual bitcoin dengan harga lebih dari US$14.626.

Hal inilah yang sering menjadi masalah bagi pengguna yang melakukan investasi. Tentu akan terkena dampak risiko investasi bitcoin tersebut. Pada dasarnya bitcoin memang tidak bisa diprediksi setiap tahunnya.

Apakah tahun ini, anda akan mendapatkan keuntungan dari investasi yang dilakukan atau tidak. Atau bisa jadi anda hanya bisa mendapatkan risiko investasi bitcoin saja. Tetapi agar menghindari dari kerugian yang besar tetap perhatikan pasar dengan hati-hati. Anda bisa saja melakukan investasi dalam jumlah kecil agar bisa mendapatkan keuntungan dalam jangka panjang.

  • Adanya Kejahatan Cyber

Crytocurrency merupakan salah satu investasi berbasis teknologi yang sering kali menjadi incara oleh banyak siber. Salah satu risiko investasi bitcoin adalah adanya peretasan serius yang dialami oleh para pengguna.

Bahkan banyak laporan yang mengatakan beberapa pengguna mulai kehilangan investasi yang dilakukan di bursanya. Hal ini tentu merupakan salah satu risiko terbesar selama melakukan investasi berbasis teknologi.

Tentu hal ini dikarenakan peretasan yang terjadi di bitcoin, tentu anda harus berhati-hati jika melihat adanya risiko investasi bitcoin. Salah satu caranya anda bisa mengunci akun bitcoin dengan kunci khusus.

Hal ini bisa menjadi salah satu antisipasi dalam menangani beragam hal kejahatan cyber di Bitcoin. Dengen mengunci akun anda, tentu hanya anda saja yang bisa membuka akunnya. Sehingga akun anda tidak mungkin melakukan peretasan kembali.

  • Penipuan Transaksi

Selain ada peretasan yang dilakukan para siber, ada banyak sekali beragam penipuan yang bisa anda temukan di pasar bitcoin. Biasanya bagi anda yang ingin berdagang bitcoin, anda bisa berdagang melalui online. Tetapi tetap berhati-hati jika menemukan risiko investasi bitcoin seperti penipuan.

Bahkan hal ini juga dikatakan secara langsung oleh Biro Perlindungan Keuangan Konsumen dan Komisi Sekuritas dan Bursa yang memperingatkan. Agar transaksi ini tidak terjadi lagi karena ada banyak pelaku yang bersikap curang pada saat bermain di bitcoin.

Kecurangan ini bisa terjadi karena kurangnya keamanan di dalam bitcoin. Salah satu caranya agar menghindari kecurangan maka harus mulai ditingkatkan keamanannya. Jika keamanannya sudah ditingkatkan, mudah bagi anda untuk melakukan bitcoin.

  • Minimnya Regulasi

Sekarang ini pasar bitcoin bukan beroperasi dengan peraturan utama melainkan tanpa menggunakan peraturan utama. Hal ini dikarenakan pemerintah tidak memiliki pendirian terkait kehadiran cryptocurrency.

Pada umumnya cryptocurrency merupakan pasar yang masih baru bahkan hal ini tidak akan dikenakan pajak. Hal inilah yang menyebabkan cryptocurrency menjadi salah satu peluang investasi yang menjanjikan.

Tetapi walaupun tidak dikenakan pajak, hal inilah yang sering menjadi masalah. Bahkan jika bitcoin berperan menjadi persaingan mata uang pemerintah, inilah yang harus diperhatikan. Sampai saat ini saja tidak ada yang tahu seperti apa perkembangan bitcoin di masa depan.

  • Tergantung Kepada Teknologi

Sekarang ini memang semua hal mulai dilakukan secara online salah satunya termasuk investasi di dalam bitcoin. Dalam melakukan investasi, bitkoin merupakan salah satu alat pertukaran online yang bergantung kepada teknologi.

Biasanya koin akan ditambang terlebih dahulu lalu akan ditukar ke dalam dompet pintar. Nanti setiap transaksi yang dilakukan akan diperiksa secara langsung oleh sistem. Sehingga tanpa adanya teknologi, cryptocurrency tidak akan ada hingga saat ini.

Jika dibandingkan dengan investasi jenis lain yang bisa ditukar dengan apapun. Maka pada mata uang yang berbasis di teknologi sebanyak 100% ini lebih rentan dalam ancaman dunia maya. Contohnya seperti penipuan secara online hingga sistem yang bisa dimatikan.

  • Penyembunyian Blok

Pada umumnya Bitcoin baru saja dibuat karena menyelesaikan persamaan matematika yang biasa disebut dengan blok. Sehingga setiap kali blok dibuat maka akan ada pertukaran online yang dilakukan oleh para pengguna.

Sehingga kumpulan penambangan bisa digunakan berdasarkan kekuatan komputasi untuk menambang sebuah blok. Kemudian pengguna juga bisa menyembunyikannya dari penambang hingga penampang bisa melaporkan blok baru ke jaringan.

  • Penggunaan Terbatas

Bitcoin merupakan salah satu investasi yang mudah tetapi ada banyak kekurangan didalamnya. Melainkan bitcoin hanya menerima perusahaan yang memberikan mata uang yang layak saja. Contohnya seperti beberapa toko online yaitu Overstock, Newegg, hingga Monoprix yang mulai mengizinkan adanya pertukaran uang kripto.

Kehadiran kripto memang bisa menjadi langkah awal dalam melakukan investasi. Tetapi dalam melakukan investasi juga harus berhati-hati. Hal ini agar menghindari beragam kerugian yang anda hadapi selama melakukan investasinya. Untuk itu, semoga informasi tentang Bitcoin kali ini bisa bermanfaat bagi para pembaca.

Slide1

Slide1