Mengapa Harus Kuliah MM atau Magister Manjemen?

Bukan hal yang aneh bila jurusan magister manajemen menjadi salah satu jurusan yang diincar banyak orang bahkan bagi mereka yang tidak mempunyai background manajemen sekalipun. Hal ini karena jurusan manajemen mempunyai cakupan bidang yang sangat luas dan banyak dibutuhkan di kehidupan sehari-hari.

Hampir semua perusahaan menjalankan fungsi bisnis seperti operasional. keuangan, pemasaran, HRD, dan sebagainya, sehingga jurusan manajemen menjadi jurusan yang fleksibel. Bahkan bila anda hendak membuka usaha sendiri, paling tidak anda juga harus memahami manajemen dengan baik.

Sebagian besar orang memang memilih jurusan magister yang linier dengan pendidikan sebelumnya ataupun dengan bidang pekerjaan saat ini. Jurusan magister manajemen menjadi salah satu jurusan yang banyak diminati karena beberapa asalan berikut ini.

Program studi bergengsi

Di sebagian besar kampus ternama, jurusan manajemen adalah salah satu jurusan yang bergengsi. Tidak hanya ditingkat S1, jenjang S2 pun juga menjadi salah satu program studi yang bergengsi dan banyak diburu orang. Tidak sedikit orang yang rela membayar mahal agar bisa belajar di jurusan ini. Selain itu, program studi manajemen juga memberikan peluang bagi mahasiswanya agar bisa magang diberbagai perusahaan besar ternama.

Wawasan ekonomi yang luas

Tentu saja orang memilih program studi tidak hanya tentang masalah gengsi saja, namunjuga tentang ilmu yang didapat dan juga prospek kerja ke depannya. Ekonomi adalah salah satu bidang ilmu yang sangat luas dan menjadi topic di berbagai negara. Di berbagai aspek kehidupan ,ilmu ekonomi selalu digunakan dan tidak pernah ketinggalan. Oleh karena itu, manajemen menjadi salah satu program studi yang menjanjikan karena bisa diaplikasikan langsung dalam kehidupan sehari-hari.

Meskipun jurusan utamanya adalah manajemen, namun program studi magister manajemen tetap membahas seputar ekonomi termasuk makro dan mikro ekonomi serta isu seputar perekonomian. Dengan mengambil program studi ini, anda akan sangat update dengan informasi seputar ekonomi.

Belajar tentang entrepreneur

Jurusan manajemen memang menjadi salah satu tujuan yang bisa langsung diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya adalah dengan membentuk mindset entrepreneur. Ketika menempuh pendidikan magister manajemen, anda tidak hanya akan mendapatkan ilmu dasar manajemen namun juga tentang bagaimana memulai sebuah bisnis. Hampir semua universitas akan menugaskan mahasiswa untuk membuat rencana bisnis yang bisa diwujudkan menjadi bisnis yang nyata.

Lulusan yang banyak dibutuhkan

Selain membentuk mindset menjadi entrepreneur, jurusan manajemen juga menjadi salah satu jurusan yang banyak dibutuhkan. Jurusan ini sangat cocok bila anda tidak mau atau belum berkeinginan untuk menjadi seorang pebisnis. Hampir semua perusahaan membutuhkan lulusan dari jurusan manajemen. Menemukan lowongan pekerjaan yang berkaitan dengan jurusan manajemen juga tidak terlalu susah. Bila anda sudah menguasai ilmu manajemen, anda bisa memperkaya skill yang lain seperti bahasa Inggris, kemampuan komputer, problem solving, dan sebagainya agar menjadi pribadi yang berbeda dengan lulusan manajemen yang lain.

Pengajar profesional

Dibanding dengan jurusan lain, jurusan magister manajemen memang termasuk jurusan yang mahal. Salah satu hal yang menyebabkan jurusan manajemen mahal adalah sebagian besar pengajarnya adalah orang-orang yang terkenal dan berpengaruh sebut saja CEO dari berbagai perusahaan terkenal, pengamat ekonomi, dan sebagainya. Selain itu, tidak jarang pula jurusan magister manajemen mengadakan kuliah tamu dengan pembicara orang-orang berpengaruh dalam bidang perekonomian untuk berbagi pengalaman dengan mahasiswa.

Kampus yang Menyediakan Magister Manajemen

Jurusan magister manajemen memang bisa dikategorikan sebagai jurusan yang bergengsi dan mahal. Namun peminat jurusan ini tidak pernah menurun mengingat peluang bekerja yang besar. Kalaupun masih belum mendapat pekerjaan, anda bisa dengan mudah membuat bisnis sendiri dengan ilmu manajemen yang sudah didapat.

Mencari universitas yang menawarkan jurusan magister manajemen tidak susah di Indonesia. Ada banyak universitas yang menawarkan jurusan ini, tentu saja dengan kualitas dan akreditasi yang berbeda-beda. Berikut ini empat kampus yang menyediakan jurusan magister manajemen dengan predikat baik yang bisa anda pertimbangkan.

Magister Manajemen Universitas Indonesia

Universitas Indonesia atau UI merupakan universitas terbaik di Indonesia. Hampir semua jurusan di perguruan tinggi ini, termasuk magister manajemen mempunyai predikat yang baik. Jurusan magister manajemen di UI ini tergabung dalam Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Ada tiga departemen dalam fakultas ini, yaitu ilmu ekonomi, manajemen, dan akuntansi. Anda bisa mengambil departemen manajemen bila ingin belajar lebih spesifik tentang bidang manajemen. Lulusan dari departemen manajemen ini juga sangat banyak dan sebagian besar adalah orang-orang berpengaruh seperti Menteri Keuangan Sri Mulyani, penulis Andrea Hirata dan Tere Liye, Tasya Kamila, dan sebagainya.

Magister Manajemen Universitas Gajahmada

Universitas Gajahmada juga tidak kalah populer dari Universitas Indonesia dengan persaingan yang sama ketatnya. Jurusan magister manajemen berada dalam Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan pembahasan spesifik mengenai manajemen hingga bisnis. Salah satu keuntungan belajar magister manajemen di UGM adalah anda tidak hanya belajar dengan mahasiswa dari Indonesia saja namun juga dari mancanegara. Selain program magister, UGM juga menyediakan program doktoral atau S3 di bidang manajemen. Untuk anda yang juga bekerja, anda bisa memilih kelas eksekutif dengan waktu kuliah akhir pekan atau malam hari.

Magister Manajemen IPMI International Business School

Selain universitas negeri, universitas swasta juga ada yang menyediakan jurusan magister manajemen dengan kualitas yang tidak kalah bagus. IPMI international business school adalah salah satunya yang terkenal dengan sekolah bisnis dengan bahasa pengantar Bahasa Inggris. Metode belajar yang diterapkan juga sama dengan Universitas Harvard. Ada banyak jurusan terkait ekonomi dan manajemen seperti manajemen dengan bidang minat keuangan dan akuntansi, kewirausahaan, bisnis internasional, dan sebagainya. Selain jenjang S1, anda bisa melanjutkan pendidikan di IPMI International Business School ini juga menawarkan jenjang pendidikan S2.

Magister Manajemen Universitas Diponegoro

Universitas Diponegoro adalah salah satu perguruan tinggi negeri yang ada di Semarang dan termasuk sebagai kampus favorit. Universitas ini sudah mengantongi akreditasi A dan mempunyai program studi bisnis terbaik di Indonesia. Ada banyak bidang minat dalam jurusan bisnis yang ada di UNDIP dengan jenjang karir yang menjanjikan. Setelah menyelesaikan jenjang pendidikan S1, anda bisa menlanjutkan pendidikan ke jenjang S2 dengan program studi magister manajemen, ilmu ekonomi dan pembangunan, dan juga akuntansi. Selain itu, anda juga bisa melanjutkan pendidikan hingga ke jenjang doktoral atau S3 di bidang yang sama.

Selain empat universitas diatas, ada beberapa universitas unggulan lain yang juga menyediakan jurusan magister manajemen diantaranya adalah Prasetya Mulya Business School, Universitas Airlangga, Institut Teknologi Bandung, Universitas Brawijaya Malang, Universitas Padjajaran, Institut Pertanian Bogor, dan perguruan tinggi lainnya. Program magister manajemen di universitas di Indonesia ini juga tidak kalah dari segi kualitas dengan universitas yang ada di luar negeri.

Slide1

Slide1