Kenali Funneling Marketing agar Sukses dalam Berbisnis

Funneling marketing diperlukan dalam pengembangan bisnis agar dapat melebarkan segmentasi pasar. Oleh sebab itu, diperlukan pemasaran yang berbeda dari umumnya. Pemasaran yang dilakukan tidak hanya sebatas mengenalkan produk pada calon konsumen, tetapi juga agar dapat membuat konsumen bisa merubah keputusannya untuk tertarik kepada produk yang ditawarkan.

Tolak ukur berhasilnya sebuah promosi yang dilakukan adalah berhasilnya merubah keputusan konsumen yang awalnya tidak tertarik menjadi tertarik pada produk yang ditawarkan. Oleh sebab itu, untuk mempengaruhi keputusan tersebut diperlukan proses pendekatan yang lebih intim dengan konsumen.

Pendekatan yang dilakukan harus berupa membangun citra yang baik atas produk yang ditawarkan atau dipromosikan. Melalui image baik yang dibangun tersebut akan merubah mindset konsumen untuk lebih tertarik dan akhirnya membeli produk yang ditawarkan. Hal tersebut bisa dilakukan pula dengan cara membangun komunikasi dua arah.

Komunikasi merupakan salah satu cara untuk menggali informasi lebih banyak akan selera dan kebutuhan konsumen pada produk tersebut. Dengan demikian, dari informasi yang terkumpul tersebut dapat diciptakan funelling marketing untuk mengembangkan bisnis. Sehingga bisa mencapai titik sukses dalam sebuah bisnis.

Apa Itu Funneling Marketing?

Funneling marketing adalah bagian dari pendekatan kepada konsumen agar lebih mengenali brand suatu produk yang ditawarkan. Hal tersebut merupakan bagian dari proses agar konsumen mampu merubah keputusannya untuk lebih tertarik pada produk yang ditawarkan. Dengan kata lain, proses ini merupakan suatu ajakan atau mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli produk tersebut.

Jika berbicara mengenai reaksi konsumen ketika ditawari sebuah produk maka akan mempertimbangkannya kelebihan dan keunggulannya terlebih dahulu, sebelum memutuskan untuk membeli produk tersebut. Oleh sebab itu, peranan seorang sales funnel atau funelling marketingmampu menguasai kondisi kebimbangan tersebut.

Kata-kata yang diucapkan oleh seorang sales funnel mampu mempengaruhi keputusan konsumen tersebut, dari yang sebelumnya terkesan meragukan menjadi tertarik dengan produk yang ditawarkan. Oleh sebab itu, peranannya sangat penting untuk menunjang kesuksesan dalam berbisnis. Semakin banyak konsumen yang tertarik semakin terbuka lebar untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Promosi ini bertujuan untuk mengerucutkan massa yang dikelola hingga memutuskan untuk menjadi konsumen. Oleh sebab itu, diperlukan massa dalam jumlah banyak untuk menerima informasi yang diberikan. Dari informasi tersebut, maka akan didapatkan konsumen yang loyal terhadap produk yang ditawarkan.

Kelebihan Pemasaran Funneling

Ternyata strategi funnelling marketing ini memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan pemasaran yang sering dilakukan pada umumnya. Dengan kelebihan tersebut memungkinkan bisnis lebih berkembang dengan pesat, karena produk yang dihasilkan cepat laku. Kelebihan lainnya yaitu:

  1. Penjualan Lebih Tinggi

Mengumpulkan massa dalam jumlah banyak sangat memungkinkan untuk dijadikan prospek calon konsumen. Dengan demikian, tingkat penjualan akan lebih tinggi. Sebagai contoh, promosi yang dilakukan pada 1000 orang akan memungkinkan untuk mendapatkan lebih banyak calon konsumen. Tingkat close dan deals bisa mencapai 90%.

  1. Mendapatkan Peluang Pangsa Pasar Lebih Banyak

Banyaknya calon konsumen yang didapat akan memperoleh kesempatan untuk mendapatkan peluang pangsa pasar lebih besar. Dengan demikian, akan sangat mudah untuk mendapatkan target penjualan yang tinggi. Itulah sebabnya, banyak toko yang dibangun di tempat yang strategis. Hal tersebut agar memudahkan untuk mendapatkan calon konsumen.

  1. Siklus Produksi Lebih Teratur

Semakin banyaknya komoditi bisnis yang laku, maka semakin memperlancar arus produksi. Hal tersebut akan memberikan keuntungan, diantaranya terhindar dari resiko penumpukan bahan baku yang tentunya akan menjadi basi atau bermasalah bila disimpan terlalu lama. Maka dari itu, para pelaku bisnis harus membuat barang yang diproduksinya lebih cepat laku.

  1. Mendapatkan Banyak Pelanggan Setia

Promosi yang dilakukan dengan metode piramida terbalik ini akan mengeliminasi pelanggan menjadi pelanggan yang loyal secara alami. Pelanggan yang loyal akan mudah didapatkan karena target pemasaran tepat sasaran. Pemasaran yang dilakukan mengikuti alur perjalanan konsumen. Sehingga akan membentuk keterikatan emosional dan empati yang dapat mempengaruhi keputusan konsumen.

  1. Lebih Mudah Menyusun Analisa Bisnis

Pengelolaan massa dalam jumlah banyak, termasuk diantaranya dalam mengunjungi website maupun jejaring sosial. Hal tersebut akan memudahkan untuk penyusunan analisa bisnis. Analisa bisnis sangat diperlukan untuk mengetahui selera konsumen atau prospek bisnis terhadap produk tersebut.

Itulah beberapa keuntungan yang didapatkan jika melakukan teknik pemasaran tersebut. Dengan demikian, pengelolaan konsumen yang menggunakan produk akan mudah dilakukan. Oleh sebab itu, perlunya untuk mendapatkan banyak massa yang dapat dijadikan prospek calon konsumen. Sehingga akan memperbesar peluang mendapatkan konsumen untuk meningkatkan penjualan.

Strategi Dilakukan Untuk Membangun Pemasaran Funneling

Funneling marketing merupakan salah satu bagian dari perjalanan konsumen dalam memutuskan pembelian produk, atau istilahnya customer journey. Apabila digambarkan akan menyerupai bentuk piramida terbalik. Dengan demikian, strategi yang perlu dilakukan adalah memiliki massa dalam jumlah banyak untuk mempromosikan produk. Kemudian, massa tersebut akan mengerucut menjadi calon konsumen.

Strategi ini semakin mudah sejak adanya media online. Semua jejaring sosial atau website bisa digunakan untuk menarik massa dalam jumlah banyak. Setelah pengunjung website atau jejaring sosial dikumpulkan, maka saatnya untuk memberikan promosi kepada pengunjung website tersebut, hingga kemudian dalam perjalanan konsumen akan mengerucut dengan sendirinya untuk setiap konsumen yang memutuskan untuk melakukan pembelian.

Berdasarkan hal tersebut, strategi yang harus dilakukan untuk melakukan funelling marketing adalah memiliki website atau jejaring sosial yang memiliki banyak pengunjungnya. Cara untuk menarik pengunjung website yaitu dengan membuat konten yang menarik. Hal tersebut tidak terlepas dari pembuatan artikel yang dapat dijadikan sarana untuk menarik pengunjung.

Sebagaimana kita tahu, artikel SEO pun mampu menaikan rating pengunjung di halaman pertama pada mesin pencari. Dengan demikian, sangat memungkinkan website tersebut untuk mendapatkan jumlah pengunjung yang meningkat. Setelah hal tersebut dikelola, maka saatnya untuk melakukan promosi atau funelling marketing.

Dalam teknik promosi atau pemasaran diperlukan strategi yang berbeda-beda pada setiap produk. Namun, semuanya tidak terlepas dari pengelolaan massa yang akan menjadi calon konsumen. Oleh sebab itu, salah satu kegiatan pemasaran yang cukup efektif yaitu dengan menggunakan teknik funelling marketing.  Terutama dalam mengoptimalkan penggunaan media sosial.

Slide1

Slide1