Tugas yang harus di Lakukan oleh Manager Penjualan atau Sales Manager

Dalam sebuah perusahaan ada banyak sekali bagian-bagian pekerjaan yang akan diampu oleh masing-masing karyawan sesuai dengan bidang dan latar belakang yang digelutinya. Salah satu bidang pekerjaan yang cukup penting dalam laju roda perusahaan adalah bagian penjualan atau marketing.

Tanpa marketing proses maka perusahaan tidak akan mendapatkan income yang cukup untuk membuat perusahaannya terus berkembang dengan pesat.

Nah, itulah kenapa bagian bernama marketing ini selalu diibaratkan sebagai tombak dan garden terdepan setiap perusahaan di bidang apapun itu.

Marketing sendiri masih di bagi ke dalam bagian-bagian kecil dan biasanya dibuat dalam bentuk team sehingga memudahkan proses monitoring oleh atasannya. Atasannya bernama marketing manager atau manager penjualan.

Manager penjualan ini adalah seseorang yang berlatar belakang sebagai marketing juga yang telah lebih berpengalaman lalu naik ke level managerial.

Ada banyak tugas yang harus di empu nya dengan sangat baik sehingga profit dan income perusahaan juga target yang telah di tetapkan bisa tercapai semua dengan baik dan maksimal.

Banyak yang beranggapan jika telah menjadi seorang manager maka kehidupannya akan lebih santai, relax dan bahagia padahal semua itu dibarengi dengan besarnya tanggung jawab tambahan dalam mengelola bawahannya dan memegang teguh kepercayaan dari perusahaan yang telah diberikan dengan baik.

Nah, sebagai seorang manager penjualan pasti ada banyak tugas yang harus dilakukan dengan baik dan perlu Anda ketahui.

Tugas yang pertama adalah harus mampu mengatur dan menjadi atasan yang baik bagi bawahannya untuk mendongkrak target yang nantinya hasil nya juga akan berimbas untuk keuntungan dirinya.

Bahasa lainnya adalah mempekerjakan sekian jumlah marketing untuk harus mampu mencapai target mereka masing-masing yang jika di total secara keseluruhan adalah target yang harus Anda capai tetapi Anda tidak perlu langsung turut terjun ke lapangan jika tidak dalam kondisi yang benar-benar dibutuhkan seperti misalnya survey jaminan. Karena posisi Anda sudah menjadi manager maka Anda sebagian besar hanya harus mengatur bawahan Anda dan tidak lagi melakukan hal-hal seperti marketing pada umumnya.

Karena Anda tidak lagi melaksanakan hal-hal yang bersifat teknis seperti itu maka sebagai seorang pemimpin tugas Anda yang baru adalah membina dan memberi motivasi yang baik untuk bawahan Anda ketika mereka merasa down, tidak bersemangat atau putus asa.

Tentu Anda sangat mengetahui mengingat Anda juga pernah berada di posisi mereka, karena itu cobalah mengerti tantangan dan kesulitan apa saja yang mereka hadapi di lapangan lalu bantu mereka untuk memecahkannya dengan sarana sharing, training, atau meeting yang secara reguler Anda lakukan.

Yang harus Anda ingat adalah bahwa bawahan Anda adalah kepanjangan dari tangan Anda untuk meraih sukses yang selanjutnya dengan target yang mereka capai.

Mungkin tugas sebagai seorang manager penjualan terlihat simpel dan mudah hanya saja jika Anda harus menjadi atasan dari banyak orang dengan karakter, kepribadian, sikap dan pemikiran yang berbeda-beda maka rasa stress justru bisa lebih besar dari pada saat menjadi seorang marketing biasa.

Ini yang terkadang membuat seorang pemimpin menjadi terkesan tempramen dan juga keras karena yang harus mereka hadapi adalah banyak orang dengan tujuan yang harus dibuat menjadi sama.

Tidak ada salahnya sekali waktu ketika mereka berhasil membuktikan kinerjanya kepada Anda dengan pencapaian yang baik untuk memberi reward atau penghargaan kecil berupa rasa terima kasih Anda sehingga mereka akan semakin bertambah giat dalam bekerja.

Slide1

Slide1