Strategi dan Kunci Sukses Citibank dalam Penjualan Kartu Kredit

Kartu kredit diibaratkan sebuah kartu sakti. Berbentuk segi panjang kecil dan berbahan plastik, kartu ini mampu memanjakan pemiliknya dalam melakukan berbagai macam transaksi pembayaran.

Baik pecinta belanja, travelling maupun makan di restaurant, semua dapat menggunakan kartu kredit.

Semakin banyak tempat yang menerima pembayaran menggunakan kartu kredit karena lebih praktis, termasuk pembayaran di e-commerce atau toko online.

Fungsi utama kartu kredit adalah mempermudah transaksi keuangan, dimana pemegangnya tidak perlu membawa terlalu banyak uang cash setiap saat. Cukup satu kartu dan segala jenis pembayaran dapat dilakukan dengan cepat dan mudah.

Tentunya, akan ada tagihan khusus dari pihak bank yang harus dipenuhi sebanyak total pengeluaran menggunakan kartu tersebut. Itulah mengapa, pemahaman ketentuan dalam pengajuan kartu kredit sangat penting. Begitupula cara penggunaan yang tepat sesuai dengan kebutuhan.

Citibank merupakan pelopor dalam bisnis kartu kredit di Indonesia. Perusahaan perbankan yang berkantor pusat di New York ini, mulai hadir di nusantara tahun 1918 dengan nama The International Banking Corporation dengan kantor di Batavia dan Surabaya.

Sempat tutup di tahun 1920an, Citibank kembali dibuka di Jakarta pada tahun 1968 dan menawarkan berbagai macam produk perbankan. Salah satunya kartu kredit yang dimulai tahun 1989.

Meskipun pernah terganjal masalah regulasi yang dikeluarkan oleh BI beberapa waktu lalu, Citibank tetap optimis dapat melayani masyarakat modern dengan produk kartu kredit yang semakin efektif fungsinya.

Perusahaan perbankan ini terus berinovasi dalam hal konsep sehingga meningkatkan tingkat dan volume penjualan di pasar Indonesia.

Sebagai pelopor, meskipun telah sukses mengambil hati masyarakat untuk tetap setiap menggunakan produknya, Citibank tetap berupaya meningkatkan kualitas pelayanan sehingga mampu bersaing dengan perusahaan perbankan lainnya.

Strategi penjualan kartu kredit Citibank adalah dengan terus melakukan inovasi.

Hal ini terlihat dari total 9 jenis credit card yang diluncurkan, yaitu Citibank Ultima Card, Citibank Platinum Card, Citibank Gold Card, Citibank Silver Card, Citibank Choice Card, Citibank Clear Card, Citibank Cash Back Card, Garuda Indonesia Citibank Card, dan Citibank Telkomsel Card.

Konsep kartu kredit dan program-program lain yang ditawarkan berdasarkan hasil riset yang dilakukan untuk mengetahui kebutuhan nasabah dari berbagai segmen pasar. Selain itu, disediakan fasilitas-fasilitas penunjang bagi pemegang kartu kredit seperti:

• Eazy Pay, merupakan fasilitas cicilan kepada nasabah.
• One-Bill, merupakan fasilitas yang mempermudah nasabah melakukan pembayaran tagihan bulanan dengan satu kartu yang telah didaftarkan.
• Citibank Rewards Point yang disediakan bagi nasabah pengumpul poin dengan memberikan diskon tertentu merchant-merchant partner Citibank.

Berbagai strategi terkait dengan penjualan juga dioptimalkan. Selain menyediakan produk baru, layanan dan program yang disesuaikan dengan kebutuhan nasabah, Citibank juga mengoptimalkan kerjasama dengan para mitra. Hal ini bertujuan untuk tetap dapat memberikan pelayanan dan penawaran terbaik kepada nasabah.

Yang paling penting, Citibank juga melakukan investasi sendiri terhadap ekspansi ATM demi menjamin keamanan dan jaringan yang kuat.

Proses aplikasi untuk mendapatkan kartu kredit dapat dengan mudah dilakukan secara online melalui website resmi Citibank.

Fasilitas ini merupakan bagian strategi penjualan yang efektif karena nasabah tidak harus mengunjungi kantor cabang bank terdekat.

Informasi setiap jenis kartu kredit juga disediakan secara detail sehingga memudahkan masing-masing nasabah memilih jenis kartu yang dibutuhkan. Setelah mempelajari pilihan yang ada, nasabah dapat langsung mengajukan aplikasi secara online di website tersebut.

Slide1

Slide1