7 Kebiasaan Kunci Orang yang Sukses dan Produktif

Tiap manusia di dunia ini pasti memiliki kebiasaan yang berbeda satu sama lainnya bahkan kebiasaan tersebut ada yang berlawanan satu dengan yang lain. Sebagainya manusia memang tidak semuanya menganggap bahwa mereka memiliki kelebihan dibandingkan lainnya, mereka tidak peduli bahwa apa yang ada pada dirinya sebenarnya bisa dikembangkan agar bisa menjadi manusia yang lebih produktif. Manusia yang produktif memang dibutuhkan saat ini karena seiring dengan perkembangan revolusi waktu yang selalu menginginkan manusia menjadi lebih produktif dari sebelumnya.

Saat ini banyak sumber daya manusia yang masih rendah tingkat produktivitasnya, padahal sebenarnya mereka memiliki potensi besar untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. Di beberapa perusahaan mungkin ada beberapa karyawan yang memiliki produktivitas yang tinggi, namun sebagian besar dari karyawan yang dimiliki sangat rendah tingkat produktivitasnya, apakah ini kesalahan perusahaan?

Tidak semua karyawan yang ada dalam perusahaan dengan tingkat produktivitas rendah mutlak adalah kesalahan perusahaan dalam merekrut mereka tapi hal ini juga bukan mutlak kesalahan karyawan tersebut. Sumber daya manusia yang memiliki produktivitas tinggi mampu menciptakan hal yang luar biasa bagi dirinya dan orang lain.

Produktivitas sumber daya manusia adalah sikap mental dengan semangat yang tinggi untuk melakukan perubahan yang lebih baik dari sebelumnya. Seorang yang sukses akan terus berusaha untuk memperbaiki apa yang dimilikinya sekalipun hal ini sangat sulit dilakukan. Orang sukses tidak akan menyerah begitu saja tanpa ada perlawanan untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan.

1Pengertian kebiasaan Productive
Ada banyak hubungan antara kebiasaan seseorang dengan produktivitas bahkan dari kebiasanan tersebut bisa menjadi gambaran apakah mereka produktiif ataukah tidak. Kebiasaan yang sering dilakukan kadang membawa sesuatu yang baik namun banyak juga kebiasaan yang justru bisa membuat seseorang menjadi tidak baik. Anda sering bangun terlambat, berangkat ke kantor juga terlambat, efeknya anda sering mendapat teguran dari atasan. Jika kebiasaan ini terus ada ada diri anda tentu tidak lama lagi anda akan dipecat. Atasan akan menilai bahwa anda kurang produktif sekalipun anda memiliki kemampuan diatas rata-rata dari rekan kerja lainnya.

Bagaimana bila anda datang tepat waktu di kantor, semua pekerjaan kantor bisa terselesaikan dengan tepat waktu dan sesuai harapan atasan, anda akan di cap sebagai karyawan yang memiliki produktivitas tinggi. Kebiasaan yang anda lakukan sangat berpengaruh pada produktivitas, orang sering menilai anda pruduktiv atau tidak dari apa yang sering anda lakukan sehari-hari.

Kebiasaan
Dari uraian diatas jelas bahwa kebiasaan berperan penting dalam pembentukan produktivitas seseorang. Ada banyak pengertian yang menggambarkan tentang kebiasaan seseorang karena kebiasaan tersebut bukan hanya dilakukan tanpa sebab namun juga karena ada sebab tertentu.

Berikut beberapa pengertian dari kebiasaan:
Kebiasaan merupakan suatu cara yang wakar dilakukan seseorang secara berulang-ulang dalam kegiatannya.
Kebiasaan satu individu dengan individu lainnya tidak sama sehingga sangat berpengaruh terhadap kehidupannya.
Kebiasaan bisa berupa cara-cara meakukan sesuatu atau memanfaatkan sesuatu yang dianggap mudah dan praktis

Kebiasaan tersebut kemudian dianggap sebagai sesuatu yang lazim dan benar sehingga akan dilakukan secara berulang-ulang dan menjadi bagian dari kehidupan seseorang atau masyarakat. Bila kebiasaan tersebut berbeda maka akan dianggap sebagai keganjilan dan hal yang aneh.

? Kebiasaan kadang dimulai dari upaya coba-coba
Upaya untuk memanfaatkan sesuatu bisa menjadi kebiasaan seseorang atau kelompok, secara kebetulan dan memiliki pengaruh yang tidak disadari mereka. Dari hal tersebut kemudian akan diulang secra aterus menerus dan dijadikan kebiasaan. Dari kebiasaan kemudian akan diikuti oleh orang lain dalam jumlah sedikit maupun banyak yang dianggap sesuatu yang benar dan mudah.

? Kadang kebiasaan akan turun temurun dari generasi ke generasi

? Proses terjadinya kebiasaan

Kesadaran : menyadari adanya rangasangan baik dari luar maupun dari dalam
Ketertarikan : seseorang atau kelompok yang tertarik kepada sesuatu yang dilihatnya dan dirasa
Percobaan : Uji coba terhadap sesuatu baik disengaja maupun secara kebetulan
Evaluasi : Pertimbangan terhadap baik buruknya rangsangan yang diterima bagi seseorang atau kelompok
Adopsi : Suatu subjek yang akan memunculkan sesuatu yang baru sesuai dengan pengetahuan, sikap maupun kesadaran terhadap reaksi yang diterima

Kekuatan dari kebiasaan
• Secara terus menerus kebiasaan akan dilakukan oleh sekelompok orang atau individu, kebiasaan tersebut kemudian melekat dan memiliki kekuatan. Kebiasaan merupakan kekuatan yang dasyat untuk membangun kesuksesan seseorang.
• Kebiasaan yang baik dan produktif akan memudahkan seseorang mencapai apa yang diinginkannya. Kebiasaan yang buruk akan menurunkan produktivitas seseorang dan akan menggagalkan tujuan yang diinginkan.
• Tujuan sangat penting untuk menambahkan kebiasaan dalam hidup
Dengan adanya tujuan tersebut maka seseorang bisa menentukan kebiasaan yang baik dan patut dibina serta kebiasaan yang buruk yang patut dihancurkan. Setelah menentukan tujuan kebiasaan maka lakukan kebiasaan dengan penuh kebahagiaan dan sesuai tujuan yang diharapkan
• Memerlukan pengorbanan
Membiasaan sesuatu kadang perlu pengorbanan yang tidak mudah untuk menentukan sesuatu yang dianggap lebih baik
Pengorbanan yang dilakukan akan menjadi penyemangat untuk mendapatkan sesuatu yang lebih baik

Pengertian Productive
Produktif merupakan kegiatan yang menghasilkan sesuatu yang baru yang diinginkan.
• Produktif tidak semudah yang dibayangkan
Menjadi produktif tidak semudah apa yang diharapkan, seseorang perlu mengorbankan sesuatu dan harus membiasakan hal yang tidak biasa menjadi hal yang biasa. Untuk membiasakan sesuatu memerlukan waktu yang lama. Kebiasaan kadang harus dilakukan dengan pemaksaan dan tidak menyenangkan bagi seseorang.

Productive People
• Pengertian
Merupakan sikap mental yang memiliki semangat untuk melakukan perubahan terhadap suatu hal, mempengaruhi pandangan
Pandangan bahwa hari ini harus lebih baik dari hari kemarin dan esok harinya harus lebih baik dari hari ini
Cara meningkatkan dan mengembangkan kemampuan yang dimiliki seseorang untuk mendapatkan apa yang diinginkan menurut potensi sumber daya yang dimiliki oleh manusia tersebut

• Faktor penentu produktivitas

a. Pengetahuan
Hasil dari suatu proses pendidikan yang diperoleh baik secara formal maupun secara non formal yang memberikan masukan kepada seseorang dalam pemecahan suatu masalah untuk penyelesaian pekerjaan.

b. Kemampuan
Kompetensi akan membentuk kemampuan pada seseorang dan juga oleh dukugan ketrampilan maupun pengetahuan yang dimilikinya. Kemampuan ini bisa datang secara alami dan datang karena keinginan seseorang. Misalnya kemampuan untuk membuat mobil, mereka memiliiki pengetahuan yang cukup untuk membuat mobildan juga karena otak mereka cerdas. Kemampuan tersebut bisa diasah dan dipelajari baik secara formal maupun non formal. Semakin banyak pengetahuan yang mereka miliki maka kemampuan mereka semakin bertambah.

Kemampuan bukanlah datang dari dalam diri atau secara alami saja namun kemampuan juga bisa didapatkan ketika manusia yang awalnya tidak mengerti menjadi mengerti karena belajar dan belajar.

c. Ketrampilan
Penguasaan dan kemampuan yang dimiliki seseorang mengenai suatu bidang untuk menyelesaikan pekerjaan yang bersifat teknis. Ketrampilan sama halnya dengan kemampuan, manusia bisa mengasah ketrampilannya dengan belajar secara continue bahkan dengan melakukan berbagai inovasi terhadap barang atau jasa tertentu. Dari inovasi tersebut mereka akan lebih banyak mendapatkan ketrampilan secara mudah dan efektif.

d. Kebiasaan
Attitude adalah kebiasaan seseorang yang sudah terpolakan sehingga memiliki nilai positif dalam kehidupannya. Produktivitas seseorang akan ada ketika mereka memiliki kebiasaan yang berguna untuk perbaikan diri dan lingkungannya. Kebiasaan ini bisa dilakukan secara terus menerus dan dengan keinginan untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Hambatan Utama Produktivitas
• Seleksi yang tidak tepat
Seleksi merupakan bagian penting untuk mengetahui produktivitas seseorang. Tahapan ini akan menentukan instansi atau perusahaan untuk mendapatkan kandidat yang potensial di bidangnya.

Seleksi akan memudahkan pencapaian target yang diharapkan. Seperti ketika perusahaan mengadakan seleksi untuk mendapatkan kandidat karyawan yang bagus dan professional.

Seleksi tersebut memang diperlukan agar bisa mendapatkan orang yang benar-benar produktif. Sayangnya tidak semua perusahaan mau melakukan seleksi yang benar untuk mendapatkan karyawan yang produktif. Seleksi yang dilakukan kadang tidak mengacu pada tujuan namun lebih bersifat pada nepotisme.

• Pekerjaan yang berlebihan
Kegagalan dalam mengembangkan produktivitas seseorang kadang berasal dari pekerjaan yang dilakukannya. Beban pekerjaan yang terlalu berat tidak menjadi jaminan seseorang menjadi produktif. Lebih sedikit pekerjaan namun menghasilkan lebih baik dibandingkan banyak pekerjaan namun tidak menghasilkan. Seseorang yang menyelesaikan pekerjaan cukup banyak mereka kadang akan merasakan hal berbeda dan tingkat kejenuhan akan menghantui, hal ini juga bisa membuat seseorang menjadi menurun produktivitasnya.

• Tidak adanya pelatihan yang memadai
Pelatihan sangat diperlukan untuk mendapatkan seseorang yang produktif. Pelatihan akan meningkatkan profesionalisme dan ketrampilan seseorang. Tanpa pelatihan seseorang akan menjadi buruk, imbasnya perusahaan juga akan mengalami kerugian. Pelatihan atau training memang penting bahkan untuk mengubah kebiasaan seseorang yang buruk sangat dibutuhkan pelatihan yang terus menerus. Sebelum mereka menjadi professional seharusnya perusahaan membuat jadwal khusus untuk melakukan pelatihan yang bisa meningkatkan produktivitas masing-masing individu.

• Stres
Stres yang ditimbulkan karena rutinitas sehari-hari dan masalah yang dihadapi di lingkungan kerja sering membuat karyawan menjadi stress dan putus asa. Menghindari kekelahan mental dan fisik sangat diperlukan untuk menciptakan produktifitas yang tinggi. Hindari pekerjaan yang terlalu banyak bahkan diluar kemampuan karyawan, sebaiknya karyawan mendapatkan jatah pekerjaan sesuai dengan kemampuan dan bidangnya.

• Tujuan yang berbeda
Individu maupun perusahaan harus memiliki tujuan yang sama bila ingin menciptakan produktivitas yang tinggi karyawannya. Ketidak cocokan tujuan perusahan dan pribadi akan menyebabkan konflik yang berat. Konflik batin maupun fisik akan menggangu proses terbentuknya produktivitas yang diinginkan.

Manfaat Produktivitas
• Meningkatkan kesejahteraan Sumber Daya Manusia
Semakin baik peningkatan produktivitas seseorang maka semakin mudah baginya untuk meningkatkan kesejahteraan hidup. Nukan hanya untuk kesejahteraan hidupsaja namun juga untuk memaksimalkan sumber daya lain dari pola pikir manusia yang produktif.

• Meminimalkan biaya – biaya
Produktivitas tinggi akan menurunkan biaya, misalnya saja biaya operasional perusahaan, meminimalkan biaya tenaga kerja, biaya transportasi dan lain-lain

• Mendapatkan peluang yang lebih besar untuk karier
Seorang yang produktif akan lebih cepat naik level atau naik jabatan dibandingkan orang yang malas-malasan. Produktivitas seseorang sangat dibutuhkan oleh perusahaan sehingga semakin produktif seseorang maka kariernya semakin cepat naik.

Seven Habits of Highly Productive People
• Utamakan tugas
? Kebiasaan manusia produktif adalah mengutamakan tugas yang harus diselesaikannya.
? Seseorang tidak akan produktif bila tidak mengerjakan tugas yang harus diutamakan.
? Sedikit waktu tidak menjadi alasan seseorang untuk tidak produktif. Manajemen waktu di kantor sangat penting agar tugas utama cepat terselesaikan dengan baik.
? Buatlah ide-ide yang efektif dan efisien untuk membuat prioritas kerja yang utama. Biasakan untuk mengerjakan pekerjaan urgent agar produktivitas semakin tinggi.

• Hargai profesi anda
? Kebiasaan manusia produktif adalah menghargai profesi yang dijalaninya
? Bila anda menghargai profesi anda sendiri maka apa yang anda lakukan akan bernilai dan memicu semangat kerja
? Menyadari pekerjaan yang dilakukan memiliki manfaat besar bagi orang lain, hal ini akan memicu kebiasaan produktif seseorang

• Membuat daftar agenda
? Manusia produktif akan membuat daftar agenda di tempat kerjanya dna dirumah
? Daftar agenda merupakan manajemen waktu yang efektif untuk memicu produktivitas seseorang
? Daftar agenda kerja akan memudahkan untuk mengerjakan pekerjaan yang lebih urgent

• Menyelesaiakan pekerjaan yang lebih sulit dulu
? Kebiasaan mengerjakan pekerjaan yang lebih sulit dulu adalah bentuk kebiasaan yang produktif
? Buat gambaran atau alur kerja yang setiap hari dilakukan akan produktivitas semakin terasah
? Mengerjakan pekerjaan yang sulit terlebih dulu justru akan memudahkan pekerjaan tersebut semakin cepat diselesaikan

7 Kebiasaan manusia yang produktif
• Temukan bakat dan keinginan anda
Apakah anda ingin menjadi seorang yang sukses, apa yang akan anda lakukan? Temukan apa yang anda miliki dan anda kuasai, itulah langkah awal dimana anda akan menemukan sesuatu yang bisa membuat anda semakin baik. Bakat bisa membuat anda semian bersemangat dan terpicu untuk meningkatkan produktivitas yang anda miliki. Bakat yang terasah akan berkembang menjadi bakat yang luar biasa, demikian juga ketika anda menemukan apa yang anda inginkan. Keinginan anda membuat semangat luar biasa untuk mewujudkannya cepat atau lambat.

• Gali kemampuan dengan mengambil kursus sesuai bakat dan keinginan
Setelah anda mengetahui apa yang anda miliki, silahkan menggali lebih jauh tentang bakat atau kemampuan yang ada pada diri anda.

• Miliki salah satu hobi yang paling utama
Satu orang bisa memiliki banyak hobi, namun untuk menjadi manusia yang produktif sebaiknya anda memiliki satu hobi utama dari sekian banyak hobi yang anda miliki. Dari satu hobi yang utama anda bisa dengan mudah untuk mengembangkannnya sehingga kemampuan anda semakin bertambah.

• Berolahraga untuk menjaga kesehatan tubuh
Manusia yang sehat cenderung lebh produktif dibandingkan dengan manusia yang sakit. Karena itu untuk menjaga produktivitas seseorang harus mampu menjaga kesehatannya dengan baik. Olahraga adalah cara yang mudah untuk meningkatkan produktifitas seseorang. Anda bisa memilih olahraga yang tergolong sangat ringan seperti jogging,senam atau pilates.

• Pusatkan pikiran pada pendidikan
Produktivitas tidak lepas pula dari pendidikan karena seseorang yang produktif akan memiliki pendidikan yang jauh lebih tinggi dibandingkan mereka yang memiliki pendidikan rendah. Seorang yang memusatkan pikiran pada pendidikan akan terus belajar menjadi lebih baik dan inilah salah satu cara menjadi manusia yang produktif.

• Jalin hubungan baik dengan kerabat dan keluarga
Pendidikan yang tinggi, ketrampilan dann bakat yang laur biasa, masih belum bisa menjadikan seseorang lebh produktif. Mereka yang ingin lebih produktif harus bisa membina hubungan baik dengan keluarga dan kerabatnya.

• Luangkan waktu untuk kebutuhan pribadi
Jangan lupakan hal yang anda anggap sepele namun pada kenyataannya sangat bermanfaat dan penting bagi hidup anda sendiri. Kebutuhan pribadi adalah penting untuk dinikmati bukan dilupakan, jadi selayaknya anda tidak boleh melupakan hal itu.

Slide1

Slide1