Ilmu Kreativitas dan Kiat Ampuh untuk Berpikir secara Kreatif

Kreatifitas adalah suatu kemampuan untuk menentukan pertalian baru, melihat subjek dari perspektif baru, dan menentukan kombinasi-kombinasi baru dari dua atau lebih konsep yang telah tercetak dalam pikiran (James R. Evans, 1994).

Menurut Coleman dan Hamman, berpikir kreatif adalah cara berpikir yang menghasilkan metode baru, konsep baru, pengertian baru, perencanaan baru dan seni baru.

Rawlinston menjelaskan, bahwa cara berpikir kreatif dinamakan berpikir secara divergen atau lateral, yang berarti menghubungkan ide atau hal-hal yang sebelumnya tidak berhubungan.

Manusia berpikir kreatif dikarenakan ada dorongan dalam dirinya untuk dapat menghasilkan sesuatu yang baru dan menciptakan sebuah kemajuan.

Hal ini biasanya dipicu oleh keinginan untuk meraih prestasi, dorongan untuk dapat membuktikan diri dan atau kebutuhan akan sesuatu yang baru tersebut. Disini, berpikir kreatif menjadi sangat erat hubungannya dengan kreatifitas.

Berbagai penelitian yang dilakukan oleh para ahli psikologi terhadap orang-orang yang berpikir kreatif telah menghasilkan beberapa kriteria atau cenderung memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

• Fleksibel, yang memiliki artian tidak kaku dan mau menerima ide orang lain
• Tidak konvensional
• Eksentrik
• Bersemangat

• Bebas
• Berpusat pada diri sendiri
• Pekerja keras
• Berdedikasi

• Berintelegensi tinggi

Menurut Guilford, ada 5 sifat yang menjadi modal kemampuan berpikir kreatif, yaitu:

• Fluency atau kelancaran, adalah kemampuan untuk menciptakan banyak idea tau gagasan
• Flebility atau keluwesan, adalah kemampuan untuk mengemukakan berbagai macam pemecahan atau pendekatan dalam menghadapi masalah

• Originality atau keaslian, adalah kemampuan untuk mencetuskan ide atau gagasan dengan cara yang asli dan tidak biasa
• Elaboration atau penguraian, adalah kemampuan untuk menguraikan sesuatu secara terinci

• Redefinition atau perumusan kembali, adalah kemampuan untuk meninjau suatu persoalan berdasarkan perspektif yang berbeda dari apa yang sudah diketahui oleh masyarakat luas

Bagaimana agar kita dapat berpikir secara kreatif? Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjadi kreatif menurut Jumasi Subur (pengamat marketing dan branding):

1. Buka Mata dan Telinga
Kemampuan untuk dapat selalu terbuka terhadap berbagai hal akan memberikan energi yang luar biasa untuk mampu mencintai segala sesuatu, termasuk mencintai profesi kita. Dan, mencintai itu harus kita lakukan dengan penuh ketulusan. Kalau kita tulus melakukan pekerjaan, tidak ada beban yang mengganjal terhadap apa pun yang ingin kita lakukan.

2. Percaya Diri
Kemampuan untuk mengenali apa yang menjadi keistimewaan kita merupakan hal terpenting dalam hidup kita

3. Tanamkan Semangat Belajar
Belajar bisa dilakukan kapan saja, di mana saja dan melalui cara apa saja. Anda bisa bertanya pada yang ahli, membaca buku, jalan-jalan, menonton film, mengikuti pelatihan dan kursus, seminar, browsing internet dan banyak lagi.

4. Berhubungan dengan Orang-Orang Kreatif
Jika ingin mengetahui karakter seseorang, lihatlah dengan siapa dia berteman. Itu mungkin ungkapan yang tepat untuk menggambarkan betapa pentingnya arti seorang teman. Apabila Anda selalu bersama orang yang suka menyanyi, lama-kelamaan Anda akan senang menyanyi. Jika Anda selalu berhubungan dengan orang-orang kreatif, Anda pun akan menjadi orang kreatif.

5. Keluar dari Rutinitas
Root-Bernstein, salah seorang penulis buku Sparks of Genius, mengusulkan pentingnya pegawai untuk keluar dari cara kerja yang rutin sehingga dapat melihat masalah pekerjaan dengan cara yang baru. Salah satu cara untuk mewujudkan hal tersebut menurut Bernstein perlu dilakukan brainstorming secara regular. Dengan melakukan brainstorming, pegawai diharapkan dapat memberikan ide dan solusi yang baru

Slide1

Slide1