Cara Memberikan Pelayanan yang WOW kepada Pelanggan

Pelayanan terhadap konsumen atau pelanggan merupakan salah satu aspek penting dalam bisnis. Kualitas bisnis Anda serta kepercayaan konsumen terhadap bisnis yang Anda jalankan akan dipengaruhi oleh kualitas layanan yang Anda berikan pada pelanggan. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui strategi untuk meningkatkan kualitas layanan yang Anda berikan pada konsumen atau pelanggan.

Untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang Anda berikan pada pelanggan, Anda sebaiknya mempelajari tentang manajemen pelayanan pelanggan. Dengan menguasai manajemen pelayanan pelanggan, Anda akan bisa memberikan pelayanan yang lebih memuaskan serta optimal pada konsumen atau pelanggan Anda. Selain itu, ada beberapa tips bermanfaat yang bisa Anda ikuti dalam manajemen pelayanan pelanggan sehingga kualitas layanan yang Anda berikan bisa meningkat secara optimal.

Hal pertama yang sebaiknya Anda lakukan adalah mengetahui karakter pelanggan. Pelanggan bisnis Anda memiliki karakter yang berbeda-beda. Mengetahui karakter konsumen atau pelanggan Anda akan membantu Anda dalam memberikan layanan yang tepat sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Secara umum, berdasarkan karakternya pelanggan dapat dikategorikan ke dalam tiga jenis utama. Ketiga jenis pelanggan ini perlu mendapatkan perhatian lebih sehingga pelayanan yang Anda berikan dapat lebih maksimal. Jenis pertama adalah pelanggan yang baru saja menggunakan produk atau layanan yang disediakan oleh bisnis Anda.

Jenis pelanggan kedua adalah pelanggan yang sudah pernah menggunakan produk Anda dan mungkin akan kembali menggunakan produk Anda. Jenis ketiga adalah pelanggan tetap yang menggunakan produk Anda secara teratur. Layanan yang diberikan untuk setiap jenis pelanggan bisa berbeda-beda karena kebutuhan tiap jenis pelanggan juga berbeda-beda.

Pelanggan jenis pertama biasanya lebih membutuhkan informasi mengenai produk Anda. Pelanggan jenis ini juga biasanya akan sering bertanya mengenai produk yang Anda tawarkan. Pastikan Anda bisa menjawab pertanyaan pelanggan jenis ini secara baik sehingga pelanggan dapat memperoleh informasi yang memadai mengenai produk yang Anda tawarkan.

Pelanggan jenis kedua biasanya lebih mementingkan produk terbaru yang Anda tawarkan. Biasanya, pelanggan jenis kedua akan bertanya mengenai perbedaan antara produk terbaru dengan produk yang pernah dibeli sebelumnya.

Selain itu, pelanggan jenis kedua juga biasanya akan meminta bantuan Anda apabila produk yang dibeli mengalami masalah atau kerusakan. Pastikan Anda memberikan solusi yang tepat untuk setiap masalah yang dialami oleh pelanggan sehingga pelanggan dapat memperoleh kepuasan dari layanan yang Anda berikan.

Untuk pelanggan jenis ketiga atau pelanggan tetap, fokus Anda adalah bagaimana caranya mempertahankan kepercayaan pelanggan. Pelanggan tetap biasanya sudah cukup mengenal produk Anda dan sudah merasa cukup puas dengan layanan yang Anda berikan. Tugas Anda adalah mempertahankan kepercayaan pelanggan jenis ini sehingga pelanggan tersebut dapat terus menjadi pelanggan tetap pada bisnis yang Anda jalankan.

Salah satu cara efektif untuk meningkatkan kualitas pelayanan pelanggan adalah dengan menggunakan fasilitas media sosial. Saat ini, sebagian besar perusahaan memiliki akun media sosial untuk mempermudah interaksi dengan pelanggan. Bila Anda dapat menggunakan media sosial secara optimal, kualitas layanan yang Anda berikan pada pelanggan juga akan dapat menjadi lebih optimal pula.

Komunikasi yang baik juga merupakan salah satu kunci utama dalam manajemen pelayanan pelanggan. Pastikan Anda dapat menjelaskan mengenai produk Anda secara baik dan jelas pada pelanggan sehingga pelanggan menjadi yakin terhadap kualitas produk yang Anda tawarkan. Untuk dapat menjelaskan produk secara baik, pengetahuan produk yang memadai sangatlah dibutuhkan.

Perhatikan juga layanan pasca pembelian yang Anda berikan pada pelanggan. Layanan pasca pembelian atau yang juga dikenal dengan istilah follow up adalah salah satu kunci utama dalam manajemen pelayanan pelanggan. Anda bisa menanyakan respon pelanggan terhadap produk yang sudah dibeli atau membantu pelanggan apabila pelanggan mengalami masalah dengan produk yang telah dibeli.

Slide1

Slide1