Cara Membangun Teamwork atau Kerjasama antar Bagian yang Kuat

Dalam mengembangkan suatu usaha atau bisnis dan juga perusahaan maka jelas ada salah satu hal yang sangat dibutuhkan demi berjalannya semua program, pekerjaan sehingga usaha bisa berjalan dengan baik yaitu teamwork.

Teamwork adalah asset yang mana tidak bisa begitu saja diabaikan kehadirannya karena melalui segelintir orang dalam sebuah tim yang solid suatu perusahaan atau badan usaha akan dapat berjalan di koridor nya dan menghasilkan hal-hal yang luar biasa.

Nah, untuk itu Anda perlu tahu bagaimana cara membangun sebuah teamwork agar menjadi sebuah tim yang kuat dan solid? Bukan rahasia lagi jika sampai ada kesalahan dalam pemilihan team kerja maka yang terjadi adalah kehancuran sebuah usaha yang sudah dirintis dengan susah payah sejak awal.

Hal pertama yang harus Anda perhatikan dan perhitungkan dalam membangun teamwork yang kuat adalah proses pemilihan siapa saja yang akan masuk menjadi anggota di dalamnya. Untuk tim inti Anda tentu tidak bisa hanya memasukkan sembarang orang tanpa melihat latar belakang kemampuannya karena seseorang masuk ke dalam team kerja berarti kewajibannya adalah untuk bekerja dengan baik bukan hanya sebagai pengisi daftar nama saja.

Tugas pertama Anda adalah untuk memilih dan menyeleksi anggota tim yang berkualitas dan memiliki semangat kerja tinggi terutama dalam hal target. Ini mungkin membutuhkan waktu yang tidak singkat karena biasanya ada beberapa tahapan yang harus dilalui oleh seseorang untuk dapat lolos seleksi.

Lalu, setelah Anda akhirnya berhasil mendapatkan siapa saja yang akan menjadi anggota dalam sebuah teamwork tersebut Anda harus mengadakan meeting pertama yang isinya adalah menyatukan tujuan, visi dan misi juga pandangan akan tujuan akhir mengenai team tersebut.

Pastikan setiap orang memiliki cara pandang dan arah pikir yang sama sehingga tidak terjadi bentrok akibat keegoisan di saat berjalannya proses nantinya.

Tekankan kepada semua anggota teamwork Anda bahwa semua nya memiliki tanggung jawab, kewajiban dan tujuan yang sama besarnya sehingga tidak satupun menjadi orang tidak berguna di dalam team tersebut.

Berikan juga motivasi mengenai semangat untuk berjalan dan tumbuh besar bersama dalam teamwork yang sudah terbentuk itu sehingga akan antara satu anggota dan yang lainnya akan menjadi peduli dan peka terhadap tujuan awal yang sudah direncanakan dengan matang.

Ciptakan suasana kekeluargaan namun tetap professional dan serius dalam bekerja sehingga ada rasa percaya dan rasa kebersamaan yang terbentuk dengan baik.

Jika ada perbedaan sedikit dalam setiap individu maka ini adalah hal yang lumrah karena menyatukan banyak orang untuk menjadi satu pikiran bukanlah suatu hal yang mudah.

Cara selanjutnya adalah pastikan bahwa Anda memiliki target untuk progress yang akan dikerjakan oleh setiap individu dalam team work tersebut.

Ini bisa terlihat dalam setiap tahapan evaluasi yang harus diadakan misalnya setiap satu bulan atau 2 minggu sekali sehingga semua anggota tidak merasa lepas tanggung jawab terhadap pekerjaannya masing-masing. Dengan adanya evaluasi yang teratur dan berkala maka Anda akan bisa melihat siapa saja anggota yang memang serius dalam bekerja dan memajukan perusahaan tersebut dan siapa saja yang tidak.

Ini juga bisa menjadi sebuah tahapan penilaian bagi setiap anggota yang pastinya akan menjadi sebuah nilai yang penting nantinya. Disaat kejenuhan sudah mulai datang tidak ada salahnya Anda dan semua anggota team work untuk pergi rekreasi bersama menyegarkan kembali pikiran yang sempat penat karena rutinitas pekerjaan setiap harinya.

Slide1

Slide1