Cara Memberikan Motivasi kepada Bawahan dengan Ampuh

Motivasi adalah suatu hal yang sangat dibutuhkan oleh setiap orang untuk dapat memiliki pacuan dalam dirinya sendiri dalam menjalani hari-hari, hidupnya juga pekerjaan dan kewajibannya.

Hanya saja, terkadang ada banyak kendala dan kesulitan dalam hidup kita yang membuat diri ini kehilangan motivasi untuk terus bergerak.

Tidak jarang sampai menimbulkan rasa bosan dan jenuh yang teramat sangat apalagi dalam dunia kerja yang mana harus melakukan rutinitas yang selalu sama setiap harinya tetapi tetap harus juga mampu memberikan hasil yang terbaik di mata atasan dan rekan kerja.

Jika menghadapi permasalahan semacam ini maka kita sebagai pemilik tempat usaha atau pimpinan harus peka terhadap hal-hal yang mungkin saja terjadi.
Saat bekerja, sebagai pemimpin kita memang berhak menetapkan goal atau target yang harus dicapai oleh bawahan atau anak buah kita hanya saja kita juga hendaknya mengerti bahwa mereka pasti akan mengalami kesulitan-kesulitan yang mungkin saja tidak bisa kita perkirakan sebelumnya.

Sekali tempo tidak ada salahnya kita memanggil mereka untuk diajak bicara secara pribadi lalu cobalah menjadi teman dan bertanya kendala apa saja yang dihadapi saat mereka bekerja.

Terkadang hal-hal kecil seperti ini bisa membuat karyawan menjadi terbuka tentu saja tidak dengan doktrin dan figure seorang pimpinan yang galak bukan? Pimpinan yang baik berarti bisa membedakan kapan dirinya harus tegas dan menunjukkan kuasa atas jabatannya dan kapan dirinya dibutuhkan sebagai seorang teman atau rekan bagi para bawahannya.

Lalu, cara selanjutnya yang juga bisa Anda gunakan untuk membangkitkan kembali motivasi yang hilang dari bawahan Anda adalah dengan mengadakan refreshment program secara berkala. Ini tidak hanya seperti pembaharuan bahan dalam bekerja namun juga bisa berupa kegiatan yang menyenangkan seperti outbond, barbeque, wisata bersama keluarga atau yang lainnya.

Bukan tidak mungkin rasa jenuh itu timbul karena melakukan semua rutinitas yang sama tanpa ada jeda sama sekali. Otak manusia juga perlu di refresh seperti computer bukan?

Berikan training secara regular untuk setiap bidang pekerjaan sesuai dengan jabatan dan wewenang bawahan Anda, biasanya disini akan ada sesi sharing antara satu dan yang lainnya dimana mereka bisa menuangkan ide dan pikiran selama bekerja dan solusi bisa dicari secara bersamaan dengan anggota training lainnya.

Ini terlihat sepele dan memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit namun banyak pengalaman dimana setelah proses training, para karyawan akan mendapatkan ilmu baru yang berguna dalam bidang pekerjaannya yang bisa membuat income perusahaan semakin baik.

Selain itu, acar training juga bisa menjadi ajang perkenalan antara karyawan satu perusahaan yang terkadang satu kantor pun belum tentu mengenal disaat sudah sibuk dengan pekerjaannya masing-masing.

Cara yang terakhir adalah setiap perusahaan pasti akan mengadakan penilaian untuk setiap karyawan yang bekerja disana secara berkala, biasanya setiap 6 bulan sekali lalu kemudian hasilnya akan dinilai.

Penilaian ini merupakan review dari hasil kerjanya selama setiap 6 bulan dan semakin baik kinerjanya maka nilainya juga akan semakin tinggi.

Tidak ada salahnya Anda memberikan reward berupa hadiah atau uang untuk setiap karyawan yang mampu mencapai passing grade terbaik sehingga mereka terus semangat untuk bekerja lebih baik lagi. Begitu juga bagi karyawan yang berada di posisi sebagai marketing ketika mereka berhasil mencapai target setiap bulannya, berikan mereka bonus atau insentif yang setimpal dengan perjuangan mereka di lapangan.

Slide1

Slide1