Bagaimana Cara Mendelegasikan Tugas Kepada Staf dengan Optimal?

Mendelegasikan tugas secara efektif menjadi satu kunci untuk meraih kesuksesan. Mengapa demikian?

Perlu diketahui bahwa salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh setiap individu adalah kemampuan untuk mendelegasikan tugas kepada orang lain.

Ketika Anda mampu mendelegasikan orang lain untuk suatu tugas tertentu, maka Anda dapat fokus atau beralih untuk melakukan tugas – tugas yang lain. Hal itu berarti Anda dapat meraih dua pekerjaan atau dua tugas sekaligus atau bahkan lebih.

Oleh karenanya, para ahli mengatakan bahwa mustahil bagi seseorang untuk mengembangkan tingkat kemampuan manajemen yang dimiliki tanpa adanya kemampuan delegasi yang efektif.

Untuk belajar cara mendelegasikan tugas yang tepat bukan hanya sekadar tentang bagaimana memaksimalkan produktivitas dan nilai yang Anda miliki, akan tetapi juga produktivitas staf yang Anda miliki.

Apa yang menjadi tugas pokok Anda sebagai seorang atasan adalah untuk meraih tingkat pengembalian tertinggi atas apa yang telah diinvestasikan perusahaan kepada setiap staf yang bekerja di sana.

Sayangnya, saat ini, rata – rata setiap individu hanya mengerahkan sekitar setengah dari seluruh kemampuan yang dimiliki. Dengan kemampuan Anda dalam hal pendelegasian, maka Anda sebagai atasan memiliki peluang untuk mengekspor setengah kemampuan yang belum digunakan oleh staf Anda. Hal itu sekaligus berarti Anda memiliki staf yang memiliki produktivitas lebih tinggi.

Poin Kunci Dalam Pendelegasian Tugas
Ada hal – hal penting yang mesti Anda ketahui dan terapkan ketika Anda hendak mendelegasikan tugas kepada staf, yakni:

1. Sangatlah penting untuk memilih orang yang tepat. Salah satu penyebab terjadinya kegagalan adalah ketika Anda memilih orang yang salah untuk melakukan suatu tugas tertentu.

2. Kita harus menyesuaikan tuntutan tugas yang akan kita delegasikan dengan kemampuan staf yang akan kita tunjuk. Kita juga harus memastikan bahwa staf yang akan melakukan tugas tersebut benar – benar mampu untuk melaksanakannya dengan baik.

3. Hendaknya kita mendelegasikan tugas secara efektif kepada orang yang benar – benar tepat. Hal tersebut memberi kita ruang untuk melaksanakan tugas lain yang mungkin jauh lebih penting. Semakin banyak tugas yang kita delegasikan, maka kita akan memiliki waktu yang lebih banyak untuk mengerjakan tugas – tugas lain yang lebih penting.

4. Untuk staf yang belum berpengalaman atau tergolong masih baru, maka sebaiknya kita delegasikan tugas yang tergolong ringan. Hal tersebut bertujuan untuk membangun rasa percaya diri mereka serta memberikan pengalaman.

5. Kita harus mendelegasikan tugas seca utuh. Perlu diingat bahwa ketika kita memberikan tanggungjawab dan kepercayaan kepada staf yang kita delegasikan 100% maka staf tersebut akan memiliki dorongan semangat 100% pula. Semakin kita sering mendelegasikan tugas kepada staf yang tepat, maka staf tersebut akan semakin kompeten dalam melaksanakan tugas – tugasnya.

6. Kita harus memberikan tolok ukur keberhasilan kepada staf yang kita delegasikan. Hal ini sangatlah penting karena jika kita tidak memiliki tolok ukur, maka kita akan sulit untuk mengelola dan mengontrolnya. Kita sebaiknya memberikan penjelasan kepada delegasi yang kita kirim tentang apa saja yang hendaknya dia kerjakan, bagaimana cara untuk mengerjakannya serta alasan mengapa dia harus mengerjakan tugas tersebut.

7. Ada baiknya kita mendelegasikan tugas kepada staf melalui forum diskusi dan partisipasi. Beri mereka ruang untuk selalu mengajukan kritik, masukan ataupun pertanyaan. Hal tersebut sekaligus untuk membuka pembatas antara kita sebagai atasan dengan staf sehingga hubungan yang lebih erat dan komunikatif dapat selalu terjaga.

Slide1

Slide1