Tanpa Promosi Jabatan, Anda akan Kehilangan Motivasi Kerja

Dipromosikan pada jabatan yang Anda inginkan, pastinya suatu hal yang sangat menggembirakan, apalagi jika Anda benar-benar telah menunggu jabatan tersebut. Dalam pekerjaan, hal yang paling disukai karyawan adalah gaji besar, kenyamanan dalam bekerja dan juga promosi jabatan.

Promosi jabatan tidaklah semudah yang Anda bayangkan, apalagi jika Anda bekerja di perusahaan besar. Sangat sulit saat ini untuk mendapatkan posisi yang benar-benar bagus dalam perusahaan dengan kompetensi yang semakin tinggi.

Karyawan dituntut untuk selalu memiliki ketrampilan dan pengetahuan yang luas, namun perusahaan akan tetap mencari kandidat yang lebih unggul untuk menduduki jabatan yang lebih baik sesuai dengan kompetensinya. Bagi karyawan lama, mereka akan terasa seperti disingkirkan saat banyak karyawan baru yang memiliki pendidikan cukup baik menduduki jabatan yang seharusnya dimiliki oleh senior.

Mengapa ada promosi jabatan?
Karyawan akan berusaha untuk memperbaiki kinerjanya agar mereka mendapatkan gaji besar dan satu lagi adalah mereka bisa menduduki jabatan yang diinginkan. Hampir semua perusahaan selalu memberikan kesempatan bagi karyawannya untuk menduduki jabatan yang diidamkan mereka, namun untuk mendudukinya pasti harus melalui seleksi dan juga promosi.

Promosi jabatan akan mendorong karyawan untuk lebih aktif dan kreatif. Promosi jabatan memberikan peluang besra bagi siapa saja yang ingin berkarya di perusahaan dan mendapatkan imbalan berupa jabatan yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Promosi jabatan adalah salah satu upaya yang dilakukan oleh perusahaan untuk memberikan penghargaan kepada karyawannya yang memiliki kemampuan dan pengalaman untuk memimpin bidang yang ditentukan.

Manajemen akan menunjuk seseorang atau beberapa orang untuk dipromosikan agar bisa menduduki jabatan yang lebih baik dari sebelumnya. Promosi ini kadang juga digunakan untuk mempertahankan karyawan lama.

Namun, beberapa perusahaan kadang tidak peduli apakah mereka karyawan lama atau baru, asalkan mereka memiliki kemampuan bagus dan pengalaman yang cukup serta memenuhi kriteria yang dibutuhkan perusahaan, mereka bisa menduduki jabatan yang ditentukan.

Masalah yang sering terjadi karena promosi jabatan
Dengan adanya promosi jabatan maka karyawan bisa menjadi termotivasi untuk lebih giat bekerja, namun kadang promosi jabatan juga menimbulkan masalah.

Ada bnyak kasus yang terjadi di perusahaan, promosi jabatan kadang hanya diperuntukkan bagi mereka yang memiliki pendidikan tinggi dan masih mudah, sedangkan bagi mereka yang sudah lama bekerja dan berpendidikan rendah, mereka tidak memiliki kesempatan untuk dipromosikan. Kendala yang banyak terjadi saat ini dalam promosi jabatan adalah antara senior dan junior.

Masalah promosi jabatan sering menimbulkan pertengkaran antar karyawan, bahkan sering menimbulkan unjuk rasa karena beberapa karyawan tidak setuju dengan ketetapan manajemen. Jika karyawan senior telah bekerja selama lebih dari 10 tahun sedangkan karyawan baru yang dipromosikan masih 1 tahun bekerja, padahal dari segi pendidikan mereka sama, dari ilustrasi ini tentu saja beberapa karyawan senior akan protes dengan posisi jabatan yang diberikan manajemen.

Solusi promosi tanpa menimbulkan masalah
Promosi adalah salah satu motivasi yang terbaik bagi karyawan yang memiliki potensi maupun karyawan yang kurang berpotensi.

Dengan promosi mereka akan terpicu untuk lebih sukses, namun dalam memberikan promosi ini, manajemen harus mengetahui mana yang terbaik dari peraturan yang telah ditetapkan. Untuk promosi, sebaiknya manajemen menetapkan persyaratan khusus bagi mereka yang akan dipromosikan jabatannya.

Dengan persyaratan tersebut maka semua karyawan berkesempatan untuk mendapatkan posisi tersebut. Persyaratan tersebut misalnya saja adalah pendidikan harus S2, memiliki pengalaman minimal 2 tahun, memiliki keahlian tertentu dan lainnya.

Persyaratan yang ditetapkan manajemen untuk promosi jabatan akan mencegah perselisihan dan unjuk rasa yang dilakukan oleh karyawan yang merasa tidak puas. Dengan persyaratan khusus untuk promosi jabatan, karyawan justru akan termotivasi untuk lebih giat bekerja dan memberikan kontribusi yang besar kepada perusahaan.

Promosi jabatan menjadi motivasi yang paling baik bagi karyawan, dengan motivasi tersebut mereka akan bersaing secara sehat. Kecurangan pun akan berkurang dengan manajemen menetapkan beberapa hal penting untuk promosi jabatan. Promosi jabatan sangat penting untuk menumbuhkan kinerja karyawan yang lebih baik. Hal ini menjadi motivasi yang paling efektif selain kenaikan gaji.

Slide1

Slide1