Pengaruh Lingkungan Kerja terhadap Motivasi Kerja Karyawan

Lingkungan kerja dan pekerja adalah hal yang tidak terpisahkan, lingkungan kerja yang nyaman akan membuat pekerja betah tinggal di perusahaan tersebut. Banyak karyawan yang menghabiskan waktunya untuk bekerja pada perusahaan tertentu hingga pulugan tahun, alasannya bukan hanya karena mereka mendapatkan gaji yang besar, namun mereka juga merasakan kenyamanan saat bekerja di perusahaannya.

Saat lingkungan kerja benar-benar tidak nyaman, hal ini dirasakan oleh satu atau beberapa orang karyawan, maka mereka bsia saja pergi dari perusahaan. Lingkungan kerja sangat penting untuk menunjang karyawan dalam menjalankan tugas atau pekerjaan mereka. Hampir semua karyawan menginginkan lingkungan kerja yang baik agar mereka merasa betah dan nyaman saat bekerja.

Namun, dalam duia kerja tak sedikit lingkungan kerja yang tidak sehat, banyak masalah yang timbul diantara karyawan, hal ini bisa menyebabkan lingkungan kerja yang tidak sehat. Lingkungan kerja memang erat kaitannya dengan kinerja masing-masing karyawan.

Karyawan akan termotivasi dengan lingkungan kerja yang nyaman. Lingkungan kerja yang dimaksudkan bukan hanya menyangkut lingkungan fisik saja namun juga menyangkut lingkungan sosial. Manajemen perusahaan seharusnya juga memberikan perhatian yang lebih terhadap lingkungan kerja agar kinerja karyawan bisa lebih baik.
Seberapa besar lingkungan kerja mempengaruhi kinerja karyawan?

Lingkungan kerja bisa meliputi keadaan perusahaan, misalnya saja kantor yang bersih, area parkir yang nyaman, ruang kerja karyawan yang nyaman dan tertata sangat rapi.

Lingkungan kerja pun juga meliputi bagaimana kondisi masing-masing pekerja, apakah mereka rukun dan tidak terjadi perselisihan ataukah sebaliknya. Kebanyakan, lingkungan kerja sering ricuh dan menjadi tidak nyaman ketika dua karyawan atau beberapa karyawan terlibat perselisihan yang tidak berujung.

Karyawan yang berselisih tersebut pasti merasakan ketidaknyamanan saat bekerja. Rasa tidak nyaman tersebut berakibat pada pekerjaannya. Seseorang yang tidak nyaman di lingkungan kerjanya karena perselisihan dengan rekan kerja, hal ini sangat berpengaruh pada kinerjanya, bahkan salah satu diantara mereka bisa mengundurkan diri jika pihak manajemen tidak segera turun tangan.

Lingkungan kerja memang sangat besar pengaruhnya pada kinerja karyawan, jika demikian maka pihak manajemen harus bisa membuat lingkungan kerja senyaman mungkin. Kenyamana lingkungan kerja bisa tercipta dari kondisi fisik ruangan dan juga suasana hati semua karyawan. Lingkungan fisik dalam suatu perusahaan yang baik akan berpengaruh pada hasil pekerjaan karyawan.

Jika ruang kerja karyawan sangat nyaman, mereka tentu akan senang menyelesaikan pekerjaan mereka. Sedangkan suasana hati para karyawan yang damai dan tidak ada perselisihan diantara mereka, hal ini bisa membuat mereka merasa betah bekerja di kantor. Manajemen perusahaan yang baik akan mengelola sumber daya manusia yang dimilikinya agar mereka bisa bekerja dengan baik dan menciptakan lingkungan kerja yang nyaman.

Pengaruh lingkungan kerja terhadap motivasi karyawan
Lingkungan kerja akan berpengaruh besar terhadap motivasi karyawan, bahkan motivasi akan berubah-ubah sesuai dengan lingkungan kerjanya. Anda bisa mentimpulkan dari ilustrasi ini, jika lingkungan kerja sanagt nyaman, semua karyawannya bisa bekerja sama dengan baik, maka motivasi kerja karyawan juga akan meningkat bahkan mereka akan terus termotivasi untuk meningkatkan kinerja untuk perusahaan. Sebaliknya, jika kondisi ruangan kantor kotor, kurang nyaman dan panas, hal ini akan berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Apalagi jika beberapa karyawan saling terlibat pertengkaran, hal ini akan menurunkan motivsi mereka untuk bekerja lebih baik.

Manajemen perusahaan seharusnya bisa memberikan fasilitas terbaik agar karyawan semakin nyaman berada di perusahaan.

Ada cukup banyak cara membuat suasana kerja menjadi nyaman, manajemen perusahaan bisa memberikan solusi atas masalah yang dihadapi karyawan dengan perusahaan, karyawan dengan karyawan lainnya dan juga msalah lain yang bisa menggangu kinerja karyawan. Mutu lingkungan harus ditingkatkan demikian juga dengan motivasi karyawan, namun peningkatan motivsi ini belum cukup untuk mengatasi berbagai masalah yang dihadapi perusahaan.

Perusahaan harus terus menerus meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan juga menciptakan kondisi lingkungan kerja senyaman mungkin. Karyawan membutuhkan kenyamanan kerja, bukan hanya gaji yang tinggi. Lingkungan kerja yang sesuai dengan keinginan karyawan, hal ini membuat motivasi kerja mereka semakin tinggi.

Slide1

Slide1