Lima Kiat Paling Ampuh untuk Meningkatkan Public Speaking Skill

Banyak orang yang tidak terlalu memiliki publik speaking skill, karena memang kemampuan ini tidak bisa didapat oleh sembarang orang. Untuk bisa berbicara di depan publik dengan baik, seseorang harus memiliki pengalaman yang cukup dalam berbicara.

Pengalaman adalah guru yang paling berpengaruh dalam kemampuan berbicara di depan umum.

Sebanyak apapun latihan tanpa adanya pengalaman yang nyata, maka kemampuan tersebut tidak akan maksimal.

Saat ini, sudah banyak seminar maupun training yang mengajarkan cara berbicara di depan publik dengan baik.

Mengikuti seminar dapat menjadi salah satu pembelajaran yang bermanfaat. Akan tetapi, perlu adanya latihan dan kebiasaan yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari sehingga kemampuan berbicara secara alami dapat terbentuk. Berikut adalah beberapa cara mudah untuk memiliki kemampuan berbicara di depan umum.

Pengurangan Suara Jeda
Dalam berbicara di depan umum, sangat penting untuk tidak membuat pendengar merasa tidak nyaman saat Anda berbicara. Oleh karena itu, usahakan untuk tidak membuat suara jeda seperti Engg, Uhh atau Ehmm. Hal ini biasanya dilakukan oleh orang-orang saat kehabisan kata-kata di depan banyak orang. Jika Anda memang kehabisan kata-kata lebih baik hening tanpa ada suara daripada membuat suara semacam itu yang akan membuat Anda merasa tidak rileks.

Menggunakan Intonasi Suara yang Benar
Saat berbicara, Anda harus memperhatikan intonasi suara Anda karena hal itu juga berpengaruh terhadap pendengar. Jangan sampai Anda menggunakan intonasi suara yang datar sehingga pendengar menjadi bosan. Anda perlu memberikan intonasi dari setiap perkataan Anda agar pendengar antusias dan tertarik dengan apa yang Anda bicarakan.

Melakukan Kontak Mata
Seperti halnya Anda bicara pada seseorang secara individu, berbicara di depan publik pun memerlukan kontak mata. Jadi, buatlah kontak mata dengan pendengar sehingga akan terjadi kedekatan antara pembicara dan pendengar secara tidak langsung. Lakukan hal tersebut secara bergantian pada audiens sehingga semua dapat merasakan kedekatan tersebut dengan Anda.

Menggunakan Bahasa Tubuh
Saat berbicara di depan umum, pastikan bukan hanya mulut Anda yang bicara, tapi juga tubuh Anda. Selain itu, ekspresi juga perlu berbicara sehingga ada kombinasi antara ucapan, perbuatan dan mimik muka. Dengan adanya kombinasi tersebut, maka pembicaraan Anda akan menjadi semakin menarik untuk didengar karena pendengar bisa menikmati setiap hal yang Anda bicarakan. Jika memungkinkan, Anda bisa bergerak dan berjalan-jalan agar tidak selalu berada di tempat yang sama.

Berhati-hati Dengan Humor
Menyelipkan humor di dalam public speaking memang sudah menjadi hal yang biasa. Memang penting kiranya agar humor dimasukkan dalam pembicaraan karena hal ini dapat membuat penonton terhibur dan mudah mengerti apa yang ingin disampaikan. Akan tetapi, sebaiknya berhati-hati dalam menyampaikan humor karena dalam kasus tertentu, humor bisa saja menyinggung.

Melakukan Latihan Secara Teratur
Setelah Anda mengetahui beberapa cara berbicara di depan umum, maka yang harus Anda lakukan sekarang adalah berlatih dan berlatih.

Sebelum berbicara di depan umum, Anda harus berlatih dengan keras sehingga apa yang Anda bicarakan nantinya dapat tersampaikan dengan baik kepada pendengar. Lakukan latihan secara teratur dan terus menerus sehingga Anda dapat berbicara dengan lancar di depan audiens.

Dengan memahami beberapa cara untuk berbicara di depan publik seperti diatas, maka Anda akan bisa lebih menjaga manner dan attitude saat Anda berbicara agar tidak terkesan gugup atau canggung. Seorang pembicara harus rileks agar audiens juga merasa rileks saat mendengarkan apa yang Anda bicarakan.

Slide1

Slide1