Hubungan Aneh dan Ajaib antara Gaji dan Motivasi Kerja

Berapa besar gaji yang diberikan perusahaan untuk Anda, apakah gaji tersebut memotivasi Anda untuk lebih berkembang? Gaji memang mutlak dibutuhkan ketika kita bekerja, tidak ada namanya mencari kerja tanpa embel-embel gaji.

Semua orang pasti membutuhkan uang, dengan bekerja mereka bisa mendapatkan uang tersebut. Faktor penting saat orang mencari pekerjaan adalah gaji, namun tidak semua orang menuntut gaji yang besar ditempat kerjanya.

Sebagian orang akan mencari pekerjaan dengan gaji yang cukup tinggi, mereka kurang peduli dengan lingkungan sekitar, bahkan sekalipun banyak orang yang tidak menyukainya di tempat kerja tersebut, dia tetap bertahan karena gajinya besar.

Kita tau bahwa lingkungan kerja juga menentukan bagaimana Anda nantinya, apakah Anda bisa bertahan di tempat kerja tersebut ataukah tidak. Gaji pun juga demikian, gaji bisa menyebabkan karyawan betah di perusahaan, namun gaji juga bisa menyebabkan seseorang keluar dari perusahaannya.

Berapa besar gaji yang diinginkan karyawan?
Perusahaan bisa saja menggaji karyawannya dengan gaji yang cukup besar, namun apakah gaji tersebut bisa membuat mereka puas?

Kebanyakan memang yang dibutuhkan karyawan gaji yang besar, tapi perusahaan tidak akan menggaji mereka dengan gaji yang besar sedangkan kemampuan mereka dalam bekerja sangat rendah. Karena itu, gaji harus disesuaikan dengan kemampuan kinerja mereka.

Jadi, jika Anda menginginkan gaji yang besar, pastikan Anda memiliki kinerja yang baik. Perusahaan akan memberikan gaji cukup besar jika Anda bsia bekerja sesuai dengan apa yang mereka inginkan, bahkan lebih dari apa yang mereka inginkan.

Sayangnya, banyak orang yang justru menyalahkan manajemen ketika gaji mereka rendah, mereka tidak introspeksi diri namun justru mengundurkan diri dan mencari pekerjaan lain yang dirasa bisa memberikan gaji cukup besar.

Memang tak ada larangan bagi Anda untuk mencari pekerjaan lain dari suatu perusahaan yang bisa memberikan gaji cukup besar.

Namun, belum tentu juga perusahaan tersebut bisa menggaji Anda lebih besar dari perusahaan yang Anda tinggalkan. Bertahan untuk perusahaan lama, dan mengupayakan kinerja yang lebih baik, hal ini jauh lebih efektif dibandingkan ketika Anda harus mengundurkan diri dan mencari pekerjaan yang belum pasti.

Berapa besar gaji karyawan yang dibutuhkan? Jika ditanya demikian, tentu jawabnya adalah gaji yang tinggi, mungkin lebih dari 7 juta rupiah, tapi tidak semua perusahaan menyetujui hal ini. Berapapun besarnya gaji karyawan, pastinya manajemen telah memikirkannya sesuai dengan apa yang telah dikerjakan karyawan bersangkutan. Jadi, jangan berpikir untuk mendapatkan gaji besar sebelum Anda bisa bekerja dengan baik

Gaji kadang menuntut karyawan untuk pergi
Gaji memang kadang menuntut Anda untuk pergi meninggalkan perusahaan, sekalipun perusahaan tersebut nyaman dan rekan kerja Anda sangat baik. Tapi, tuntutan hidup yang menuntun Anda untuk meninggalkannya. Dalam situasi ini, peruahaan bisa menjadi penyebabnya, padahal Anda sudah bekerja dengan baik, namun gaji yang mereka berikan terlalu kecil bahkan sangat tidak layak dengan pengabdian Anda.

Seharusnya Anda mendapatkan gaji lebih dari karyawan junior, namun manajemen justru memberikan gaji yang tetap pada Anda. Karena hal ini, motivasi untuk mendapatkan gaji yang lebih tinggi akan muncul dalam diri Anda. Anda termotivasi untuk pergi dari perusahaan dan mencari pekerjaan lain dengan gaji cukup besar.

Jadi, berpengaruhkah gaji terhadap motivasi?
Pastinya dengan gaji yang cukup besar hal ini akan memberikan motivasi kerja yang baik bagi karyawan. Namun, karyawan yang mendapatkan gaji kecil yang jauh berbeda dengan pengabdiannya, hal ini bisa menimbulkan rasa malas untuk bekerja, mereka akan termotivasi untuk meninggalkan perusahaan dan mencari perusahaan baru yang lebih baik lagi.

Perusahaan dalam hal ini bisa memberikan motivasi kepada karyawan dengan peningkatan gaji yang lebih besar namun dengan syarat mereka harus bisa bekerja dengan baik.

Semakin baik prestasi yang mereka miliki maka semakin besar gaji yang mereka dapatkan. Dengan peraturan tersebut, maka karyawan akan tergerak untuk lebih giat bekerja, mereka akan termotivasi dengan sendirinya untuk meningkatkan kinerjanya agar bisa mendapatkan gaji lebih besar. Jadi, motivasi dan gaji memang menjadi satu kesatuan yang bisa mengubah pribadi seseorang dalam bekerja.

Slide1

Slide1