Bagaimana Cara Meningkatkan Communication Skills secara Optimal?

Komunikasi merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan karena komunikasi digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Manusia tidak dapat hidup tanpa komunikasi karena dalam hidup manusia selalu membutuhkan orang lain.

Karena manusia membutuhkan orang lain untuk hidup, maka manusia pun tidak akan bisa hidup tanpa berkomunikasi. Oleh karena itu, komunikasi dapat dilakukan dengan berbagai macam cara asalkan dua orang atau lebih yang berkomunikasi dapat saling memahami.

Akan tetapi, meskipun komunikasi merupakan kemampuan alami yang sudah dimiliki manusia, dalam beberapa kasus banyak orang yang kesulitan dalam berkomunikasi.

Hal ini bukan dalam artian seseorang yang tidak bisa bicara atau mendengar, namun seseorang yang tidak dapat mengungkapkan apa yang ingin dibicarakan. Kemampuan berkomunikasi sangat penting dalam pekerjaan, jadi ada baiknya kemampuan ini harus diasah agar lebih meningkat. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi.

Perbanyak Tersenyum
Meskipun bukan merupakan sebuah komunikasi, senyum merupakan salah satu cara yang penting untuk dilakukan agar kemampuan komunikasi meningkat. Tersenyum membuat Anda lebih terlihat ramah dan periang. Dengan tersenyum, maka Anda secara tidak langsung menyebarkan energi positif dalam diri Anda sehingga orang-orang di lingkungan Anda pun tidak segan berbicara dengan Anda.

Bersikap Apresiatif
Lakukan hal-hal kecil yang mungkin sering diabaikan banyak orang, yaitu memberikan pujian dan mengucapkan terimakasih. Dengan demikian Anda akan membuat orang lain merasa lebih dihargai. Selain itu, sambutlah setiap orang yang berkunjung ke kantor atau rumah Anda dengan sikap yang ramah dan selalu tersenyum.

Bersikap Perhatian
Alam kehidupan Anda, selalu ada hal-hal yang terjadi yang dilakukan oleh orang lain. Oleh karena itu, Anda perlu bersikap lebih perhatian terhadap hal-hal yang terjadi di sekitar Anda. Selalu berikan perhatian pada orang-orang di dekat Anda seperti memberikan rasa simpati atau nasihat disaat-saat tertentu. Ingatlah nama-nama orang disekitar Anda paling tidak nama pertama mereka meskipun Anda tidak terlalu mengenalnya.

Menjadi Pendengar yang Baik
Mendengar merupakan salah satu hal yang penting dalam komunikasi. Dengarlah setiap saran-saran maupun gagasan dari teman kerja Anda maupun orang-orang disekitar Anda. Kalau memungkinkan, sampaikan saran maupun gagasan tersebut kepada pihak yang lebih tinggi, misalnya dalam suatu tim sehingga teman kerja Anda akan merasa bahwa Anda benar-benar mendengarkan apa yang dikatakannya.

Ciptakan Kebersamaan
Dalam sebuah tim kerja, ciptakanlah suasana kebersamaan dengan cara mengajak teman kerja Anda bekerja bersama-sama. dalam suasana tersebut, hendaknya tidak memperlakukan setiap orang dengan cara yang berbeda-beda. Selain itu, jangan membicarakan orang lain diam-diam di belakang mereka. Pastikan saat bicara Anda mudah dimengerti baik dalam membuat pernyataan maupun pengumuman.

Pecahkan Masalah
Jika terdapat beberapa masalah dalam tim kerja, ciptakan kembali kebersamaan untuk memecahkan masalah tersebut. Belajarlah menjadi seorang mediator apabila ada rekan kerja yang mengalami konflik dengan rekan kerja yang lain. Pertemukanlah kedua pihak untuk mencari jalan keluar dari masalah secara bersama-sama.

Melakukan Komunikasi dengan Jelas
Saat Anda mengatakan sesuatu, pastikan bahwa apa yang Anda ucapkan dapat dimengerti oleh semua orang.

Jangan sampai ada salah pengertian dari rekan kerja maupun kolega Anda. Kelancaran berkomunikasi merupakan salah satu indikasi bahwa Anda memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik.
Itulah beberapa cara yang harus dilakukan untuk melatih dan meningkatkan kemampuan berkomunikasi.

Cara-cara tersebut harus dilakukan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sehingga terciptalah sebuah kebiasaan. Dengan menjadikan hal tersebut sebagai kebiasaan, maka kemampuan komunikasi secara otomatis akan meningkat.

Slide1

Slide1