Apa Itu Mind Mapping dan Bagaimana Cara Membuatnya

Dalam kehidupan, manusia sering menyepelekan masalah pikiran mereka, jika ada kesalahan, mereka langsung mengganggap mereka bodoh.

Padahal pikiran Anda tidaklah bodoh, dan mungkin jika Anda pernah mendengar kata mind mapping, Anda akan tau bagaimana pikiran Anda menyampakain informasi yang begitu rumit untuk dijelaskan dengan mudah.

Mind mapping atau peta pikiran merupakan suatu cara yang digunakan untuk mempelajari suatu konsep berdasarkan bagaimana manusia menyimpan berbagai informasi kemudian menjabarkan informasi tersebut kedalam suatu metode.

Metode dalam pemahaman peta pikiran ini sangat efektif untuk mengetahui sejauh mana otak dalam menyimpan informasi. Manusia memang dikarunia kemampuan dalam hal penyimpanan otak yang berbeda-beda. Namun pada dasarnya otak bekerja untuk menyimpan dan menjabarkan informasi dari sumber dengan pola yang hampir sama.

Otak kita, menyimpan informasi pada sel saraf yang bercabang-cabang dan jumlahnya memang cukup banyak. Jangan pikirkan bahwa otak akan menyimpan informasi pada sel saraf yang berbentuk kotak dan tersusun sangat rapi. Otak akan menyimpan informasi yang didapatkannya pada sel sarat yang tidak beraturan dan bercabang.

Mind mapping memberikan gambaran bahwa ketika kita menyimpan informasi yang hampir sama dengan cara kerja otak, hal ini akan jauh lebih baik. Informasi yang tersmpan pada otak yang disimpan dengan baik akan memberikah hasil yang lebih baik untuk proses belajar Anda. Mind mapping difungsikan sebagai cara untuk menuliskan bagian utama dari titik tengah dan juga memikirkan cabang-cabang ataupun tema turunan yang keluar dari titik tengan yang dimaksudkan tersebut.

Mempelajari bagaimana membuat mind mapping memang bukan hal yang sulit namun bukan pula hal yang mudah jika Anda belum pernah mencobanya. Membuat mind mapping atau membuat peta pikiran adalah hal yang paling baik untuk menjadikan pikiran Anda semakin berkembang dalam mempelajari sesuatu.

Berikut beberapa cara untuk membuat peta pikiran yang tepat:

1. Buat tema utama ditengah
Untuk membuat mind mapping maka tempatkan tema utama pada bagian tengah, misalnya saja ketika Anda ingin mempelajari tentang planet bumi, maka tema utama yang ditempatkan di tengah untuk peta pikiran tersebut adalah planet bumi.

2. Buatlah turunan tema utama yang relevan
Setelah Anda membuat tema utama di atas, hal selanjutnya adalah membuat turunan tema utama yang relevan. Jika tema utama adalah bumi, maka Anda bisa emmbuat beberapa turunan dari tema utama diantaranya adalah bentuk bumi, luas bumi, struktur bumi, makhluk hidup di bumi dan lainnya. Tema turunan tersebut bukan hanya satu namun ada beberapa tema turunan yang bisa dibuat untuk membentuk pola pikiran.

3. Korelasi antara tema turunan satu dengan berikutnya
Untuk membuat pola pikiran yang tepat, Anda harus membuat tema utama, setelah itu buah beberapa tema turunan bahkan tema turunan bisa bercabang lagi menjadi tema turunan satu, tema turunan dua dan tiga atau lebih. Untuk membuat pola pikiran tersebut menjadi saling berkaitan, langkah selanjutnya adalah dengan membuat garis yang menghubungkan setiap tema.

Anda bisa menandai setiap tema dengan garis, simbol ataupun warna. Dengan membuat pola hubungan tersebut maka hal ini akan membantu Anda untuk memahami tema yang sedang Anda pelajari. Dengan membuat pola pikiran yang kaya warna sesuai dengan keinginan Anda,hal ini akan membantu Anda meningkatkan mood untuk belajar tentang tema yang Anda inginkan tersebut.

4. Gunakan kertas polos
Anda bisa menggunakan kertas polos untuk membuat mind mapping, saat membuat pola pikiran fokuskan pada tujuan utama, jangan membuat modifikasi sebelum tahap awal selesai.

5. Tuliskan poin-poin penting dengan huruf besar
Untuk memudahkan mempelajari mind mapping yang telah Anda buat tersebut, Anda bisa menggunakan huruf besar untuk menulis hal-hal yang penting dan cara ini akan membuat Anda lebih mudah untuk memahami peta pikiran yang telah Anda buat tersebut.

6. Berikan tempat untuk modifikasi tema
Saat membuat peta pikiran, jangan lupa untuk menyisakan tempat agar Anda bisa dengan mudah menambahkan tema modifikasi jika diperlukan. Kadang setelah pembuatan peta pikiran hampir selesai, Anda mendapatkan ide untuk modifikasi tema lainnya, dengan penambahan ruangan kosong, modifikasi pun akan semakin mudah.

Slide1

Slide1