5 Kiat Ampuh untuk Membangkitkan Motivasi Diri

Apakah Anda pernah merasakan kehilangan motivasi secara tiba-tiba, bahkan Anda kembali menjadi tak memiliki arah hidup?

Kehilangan motivasi memang bukan hanya Anda yang merasakannya, banyak orang yang merasakan hal serupa yang Anda alami.

Motivasi memang bisa datang kapan saja dan motivasi tersebut juga bisa hilang dengan sendirinya.

Kadang ada kalanya Anda benar-benar merasakan malas , kehilangan gairah dan frustasi, hal ini membuat Anda tidak bisa melakukan apapun, mengapa hal ini terjadi? Apakah jika Anda mengalami kehilangan gairah dan merasa frustasi semua itu akan didiamkan? Bagaimana dengan cita-cita Anda, bagaimana dengan pekerjaan dan keluarga atau orang yang Anda cintai?

Taukah Anda bahwa memelihara motivasi itu sangat penting agar hidup Anda lebih bermakna dan Anda bisa meraih apa yang Anda cita-citakan dengan mudah? Sebelum Anda mengetahui beberapa hal yang bisa membangkitkan motivasi Anda dan bagaimana Anda memeliharanya, ketahuilah mengapa motivasi Anda tiba-tiba hilang.

Berikut beberapa penyebab motivasi Anda hilang:

1. Tidak memiliki tujuan
Jika hidup tanpa tujuan, Anda tidak akan butuh namanya motivasi, hidup Anda akan datar, biasa dan Anda akan bermalas-malasan karena memang tujuan Anda nol. Hidup tanpa tujuan memang terlihak konyol, bahkan apa yang Anda lakukan tidak akan berarti, hidup Anda seperti hampa dan memang Anda tidak akan maju dengan hal ini.

2. Sering gagal
Gagal bukan berarti hidup Anda berakhir, ketahuilah semua orang pasti pernah mengalami kegagalan. Jika hanya gagal membuat Anda frustasi dan kehilangan motivasi, hal ini adalah pemikiran anak kecil.

3. Kritikan pedas
Jika Anda gagal dan mengundurkan diri karena banyak orang atau seseorang mengkritik pedas Anda, apakah ini tindakan yang tepat. Pikirkan sekali lagi bahwa orang lain boleh mengkritik Anda, tapi apakah mereka bsia melakukan seperti apa yang Anda lakukan?

4. Tidak percaya diri
Rasa tidak percaya diri akan menghancurkan motivasi Anda, motivasi akan tumbuh dengan percaya diri, tanpa kepecayaan diri motivasi akan tenggelam begitu saja.

5. Bosan
Hidup akan membosankan jika Anda tidak mengubahnya, motivasi akan hilang jika Anda hanya melakukan tndakan yang itu-itu saja dan berulang-ulang.

6. Perasaan sedih
Kesedihan wajar dialami oleh semua orang, tapi jika Anda larut dalam kesedihan terus menerus, hal ini akan membunuh motivasi Anda.

Dari beberapa penyebab hilangnya motivasi tersebut, apakah Anda akan membiarkan motivsi hilang begitu saja? Pahami dan lakukan hal dibawah ini untuk mmelihara motivasi Anda:

1. Percaya diri
Percaya diri membuka pintu kesuksesan Anda, motivasi akan semakin kuat ketika Anda benar-benar percaya diri dalam setiap kesempatan, dalam keadaan apapun bahkan saat Anda mengalami banyak masalah. Menumbuhkan kepercayaan diri itu memang susah, namun jika motivasi Anda kuat rasa percaya diri akan tumbuh subur bahkan akan selamanya ada di diri Anda.

2. Jangan takut gagal
Takut gagal akan menenggelamkan motivasi yang telah Anda pupuk. Ingatkan diri Anda sendiri bahwa gagal itu wajar dan semua orang mengalaminya, dengan begitu Anda akan tetap termotivasi dengan apa yang Anda ingin capai. Berjuanglah dan jangan biarkan kegagalan itu menakuti Anda, ingat pikiran negatif akan berakibat negatif pada diri Anda sedangkan berpikir positif akan memberikan keberhasilan pada Anda.

3. Sering membaca buku motivasi
Dengan membaca berbagai buku motivasi, terutama buku motivasi dari motivator idaman Anda, hal ini akan memelihara motivasi Anda lebih lama. Usahakan setiap hari Anda menyempatkan diri untuk membaca buku-buku motivasi dari motivator Anda, dengan cara demikian maka Anda akan semakin termotivasi dan semakin yakin akan tujuan Anda.

4. Membaca biografi orang sukses
Jika ingin sukses, lakukan hal positif yang bisa membuat Anda menjadi lebih sukses salah satunya adalah dengan membaca biografi orang-orang sukses. Dengan membaca biografi mereka, Anda akan mendapatkan motivasi yang luar biasa dan secara langsung Anda akan memelihara motivasi tersebut.

5. Bergaul dengan orang yang tepat
Lebih baik lagi untuk memelihara motivasi, Anda bisa bergaul dengan orang-orang yang tepat. Bila mungkin bergaullah dengan motivator karena mereka akan sering memberi Anda masukan.

Slide1

Slide1