4 Cara Mudah dan Efektif untuk Meningkatkan Motivasi Karyawan

Bagaimana Anda bisa memiliki karyawan yang handal, mau bekerja dengan baik tanpa Anda suruh ? Memiliki karyawan yang memiliki loyalitas kerja tinggi, bisa bekerja sesuai keinginan perusahaan bahkan mereka memiliki motivasi yang tinggi, hal ini adalah salah satu keinginan perusahaan.

Namun, karyawan Anda tidak selamanya bisa bekerja sesuai dengan apa yang Anda harapkan, mereka kadang tidak menyukai peraturan manajemen, mereka protes dan akhirnya mengundurkan diri.

Padahal perusahaan membutuhkan tenaga yang handal. Karyawan pun juga perlu motivasi, mereka juga butuh dorongan agar bisa bekerja dengan professional. Jika karyawan mengalami penurunan kinerja,hal ini bisa jadi karena mereka kurang motivasi. Intinya motivasi memang dibutuhkan karyawan untuk meningkatkan kinerjanya, apakah Anda sudah memberikan motivasi terbaik bagi mereka?

Motivasi untuk karyawan bukan hanya motivasi yang diberikan dengan pemberian gaji besar,namun ada cukup banyak motivasi yang bisa diberikan oleh manajemen untuk mereka.

Banyak perusahaan yang berusaha untuk memberikan motivasi kepada karyawan potensial agar mereka tetap mau bekerja apda perusahaan tersebut.

Motivasi yang diberikan terkadang juga salah, banyak perusahaan yang memberikan gaji besar pada karyawannya,namun hal ini bukanlah cara yang tepat. Gaji besar belum bisa menjadi jaminan untuk memotivasi mereka.

Kadang karyawan mendapatkan gaji yang cukup besar dari perusahaan, namun karena masalah intern mereka justru mengundurkan diri dari perusahaan. Masalah gaji bukan selamanya untuk memotivasi karyawan namun, manajemen perusahaan harus bisa memilih motivasi yang tepat bagi mereka.

Berikut beberapa cara terbaik untuk memotivasi karyawan:

1. Berikan mereka masukan
Masukan atas apa yang dikerjakan karyawan sekalipun mereka benar-benar melakukan kesalahan saat menyelesaikan tugas, hal ini justru bisa membuat mereka bekerja jauh lebih baik. Dengan memberikan masukan atas kesalahan mereka, hal ini akan membuat karyawan semakin termotivasi untuk mengubah kesalahannya.

Namun, jika Anda memarahi karyawan hal ini akan membuat semangat mereka menurun, motivasi mereka untuk menjadi karyawan yang bisa diandalkan justru hilang dengan makian Anda. Masukan atas kesalahan yang mereka perbuat, hal ini bisa menjadi motivasi terbaik untuk karir mereka pada perusahaan Anda.

2. Berikan bonus atau penghargaan
Motivasi bukan hanya dengan ucapan atau tulisan, namun memberikan motivasi apda karyawan bisa juga dengan materi. Berikan bonus pada karyawan yang memiliki kinerja bagus dengan begitu mereka akan lebih bersemangat dalam bekerja.

Anda bisa memberikan bonus berupa uang ataupun voucher kepada karyawan, untuk memberikan mereka semangat kerja, jangan segan memberikan bonus yang cukup besar. Jika karyawan semakin lama semakin menunjukkan kinerjanya yang bagus, bonus bisa lebih ditingkatkan agar mereka juga lebih meningkatkan kinerjanya.

3. Berikan hak karyawan
Karyawan bukan hanya dituntut untuk bekerja sesuai keinginan perusahaan, namun mereka juga berhak menuntut atas apa yang telah mereka kerjakan untuk perusahaan. Motivasi mereka untuk bekerja di perusahaan Anda akan hilang ketika hak mereka tidak Anda penuhi.

Jangan memaksakan karyawan untuk bekerja lebih dari standart operasional perusahaan, mereka juga butuh waktu untuk beristirahat bersama keluarganya.

Mereka juga butuh waktu untuk pergi ke tempat yang mereka sukai dengan orang yang mereka cintai, apakah Anda sudah melakukan hal terbaik agar hak mereka bisa didapatkan? Motivasi terbaik juga bisa berupa pemberian hari libur karyawan yang sesuai dengan begitu mereka akan lebih bersemangat dalam bekerja.

4. Training motivasi
Motivasi bisa timbul karena diri karyawan sendiri ataupun karena orang lain. Untuk meningkatkan motivasi karyawan, Anda bisa memberikan training motivasi secara berkala.

Training ini bisa menggunakan trainer professional yang bisa mengubah mindset karyawan menjadi lebih baik. Seorang trainer professional mampu menjadikan peserta training lebih baik dan lebih bersemangat. Namun,training motivasi tidak bisa dilakukan hanya satu kali saja, hal ini karena motivasi juga bisa hilang.

Karena itu, berikan training motivasi kepada karyawan Anda setidaknya dua bulan sekali agar mereka terus mengembangkan diri dan memiliki motivasi yang kuat untuk bekerja. Jika mereka memiliki motivasi diri, mereka akan lebih mudah menjalankan tugasnya dan bisa menjadi lebih professional.

Slide1

Slide1