Jurus Kunci Menjadi Manajer Sukses

Pada hakikatnya seorang manajer mempunyai beragam tugas dasar yang kudu dikuasai dengan baik jika ingin menjadi manajer yang sukses. Memang kebanyakan manajer masih menggunakan waktunya untuk teknis-teknis pekerjaan rutin, seperti meneliti laporan unit-unit bawahannya, menekuni program pekerjaan dan bagaimana menyelesaikannya.

Tugas rutin semecam itu memang penting. Namun sesungguhnya ada lima jurus yang mesti dikuasai manajer untuk menghasilkan tingkat kinerja yang optimal dan membuat bisnis terus berkembang berkembang. (Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi mengenai manajemen dan leadership, silakan klik DISINI).

• Manajer harus mampu menetapkan sasaran.
Ia menentukan apakah yang dijadikan sasaran. Apa yang perlu dilakukan untuk mencapai sasaran. Apakah sasaran itu efektif, dan perlu dibicarakan dengan orang-orang yang karyanya dibutuhkan untuk mencapai sasaran.

Manajer harus mampu mengorganisasi.
la menganalisis kegiatan, keputusan dan hubungan yang di-perlukan. la membagi-bagi pekerjaan yang dapat dimanajemeni. Mengelompokkan unit-unit dan tugasnya dalam struktur organisasi. la memiliki orang untuk memanajemeni unit-unit dan orang-orang operasional yang diandalkan.

• Manager harus memberi motivasi dan mampu berkomunikasi.
Manajer menetapkan orang-orang dan membentuk kelompok kerja dari orang-orang yang bertanggungjawab. Dia memahami latar belakang mereka, bagaimana dan untuk apa mereka bekerja.

• Manajer mampu menentukan ukuran.
la mampu menganalisis, menilai dan menafsir karya. la mendorong orang-orangnya untuk dapat mengukur karya organisasi dan sekaligus mereka mengukur karyanya yang perlu disumbangkan untuk organisasi. la membicarakan arti-pentingnya pengukuran dan penemuannya dengan bawahan, atasan atau rekan sejawat-nya.

• Manajer harus mengembangkan orang termasuk dirinya. la mengembangkan orang-orangnya dan membuat mereka memiliki kegairahan bekerja dan merasa puas akan hasilnya. Orang-orang didorong untuk menjadi berdayaguna dan berhasil guna, dan keberhasilan mereka adalah ujung tombak keberhasilan manajer.

Kita menyadari manajemen semakin kompleks, demikian pula tugas-tugas manajer. Maka tugas manajer dalam menggerakkan dan mengarahkan orang-orang¬nya yang merupakan satu-satu-nya sumber daya yang paling berharga, kiranya perlu dipertimbangkan kerangka acuan Prof. Peter Drucker tersebut. Dan jelaslah, tugas manajer tidak berfokus pada bagaimana pekerjaan harus diselesaikan, namun secara inklusif bagaimana menghadapi orang-orang yang diintegrasikan dalam sumber daya untuk menjadi organisme yang berkembang.

(Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi mengenai manajemen dan leadership, silakan klik DISINI).

Sumber :
Usman Sutomo, Majalah Manajer, Edisi September 1986

Slide1

Slide1