Makalah tentang Analisa Strategi Perusahaaan dan Strategis Bisnis

Dalam menganalisis pilihan strategi, salah satu faktor yang harus diperhitungkan adalah faktor-faktor eksternal, seperti yang telah dijelaskan pada slide-slide sebelumnya. Faktor eksternal ini, bila dirumuskan, menyangkut keinginan konsumen, kondisi pasar serta persaingan yang akan Anda hadapi. Dengan kata lain, Anda harus melakukan analisa lingkungan dan kondisi persaingan.

Dalam pengambilan keputusan, analisa lingkungan industri dan kondisi persaingan dapat dirumuskan dalam pertanyaan-pertanyaan utama seperti ini:

• Apakah fitur dominan yang paling dibutuhkan pelanggan dalam industri Anda di masa yang akan datang? Misalnya, jika Anda bergelut dalam bidang waralaba makanan cepat saji, kira-kira produk atau layanan seperti apa yang selama ini diinginkan para pelanggan tetapi belum pernah ada di usaha serupa?

• Perusahaan manakah yang memiliki posisi terkuat/terlemah? Siapa yang termasuk nama-nama besar dalam pasar tersebut, dan seberapa jauh lingkup pemasarannya? Dengan mengetahui ini, Anda jadi tahu mana yang merupakan pesaing potensial Anda.

• Kemajuan strategis apa yang mungkin dilakukan oleh rival? Apakah pesaing Anda itu telah mengeluarkan strategi pemasaran atau produk baru? Apakah hal tersebut memberinya pangsa pasar besar dan mengancam Anda sebagai pesaing?

• Apakah kunci utama untuk sukses dalam persaingan? Misalnya, jika pesaing Anda sudah mengeluarkan produk baru atau menerapkan metode pemasaran baru yang lumayan sukses, apa yang bisa Anda lakukan untuk menyainginya?

Memahami bagaimana kondisi pasar dan persaingan memberi Anda gambaran tentang apa yang harus Anda hadapi sebagai sebuah institusi atau organisasi saat merumuskan suatu keputusan strategis. Hal ini kemudian akan memengaruhi jenis keputusan yang akan diambil, karena harus menyesuaikan dengan kondisi pasar dan persaingan tersebut.

Setelah faktor eksternal diperhitungkan, pada saat yang sama, Anda juga harus memperhitungkan faktor internal dalam perumusan keputusan strategis. Kedua hal ini harus diperhitungkan secara bersamaan jika Anda ingin keputusan yang dihasilkan 100% strategis.

Ketika sedang merumuskan keputusan strategis, Anda tidak hanya memperhitungkan faktor eksternal, namun juga internal. Faktor internal ini menyangkut kelemahan, kekuatan dan kompetensi perusahaan, termasuk posisi perusahaan di pasar pada saat ini dan permasalahan strategis yang sedang dihadapi.

Berikut adalah beberapa pertanyaan penting yang harus diajukan terkait faktor internal perusahaan ketika merumuskan keputusan strategis:

• Apakah strategi perusahan saat ini dapat dijalankan dengan baik?

• Apakah kekuatan dan kelemahan kekuatan? Misalnya, saat sedang menghadapi persaingan dengan perusahaan lain di bidang yang sama, hal apa yang dimiliki perusahaan tersebut namun tidak dimiliki perusahaan Anda, dan bagaimana cara memperbaikinya?

• Apakah harga dan biaya perusahaan dapat mengikuti persaingan? Misalnya, jika perusahaan ingin membuka cabang baru demi meraup pangsa pasar lebih besar, apakah modalnya cukup?

• Sekuat apakah posisi perusahaan dalam persaingan? Apakah perusahaan Anda termasuk perusahaan multi nasional, perusahaan internasional atau baru bergerak dalam area lokal? Sebesar apakah persaingan yang Anda hadapi dalam area tersebut dan bagaimana caranya Anda bisa menanjak?

• Apakah permasalahan strategis yang sedang dihadapi perusahaan? Misalnya, apakah perusahaan Anda kurang memiliki sumber daya manusia yang bagus, ataukah perusahaan memiliki masalah dalam melakukan pengembangan di konteks lokal?

Pada dasarnya, semua pertanyaan ini mengacu pada kompetensi perusahaan, termasuk kekuatan dan kelemahan yang dimiliki perusahaan yang bisa berpengaruh pada setiap keputusan strategis yang dibuat.
Kompetensi bisa menyangkut jumlah modal yang dimiliki atau yang bisa diusahakan perusahaan, aset yang dimiliki untuk mendukung keputusan strategis, posisi perusahaan dalam pasar bisnis, kompetensi dan jumlah pegawai yang dimiliki, serta jika ada keunggulan atau kelemahan strategis yang harus diatasi. Semuanya harus menjadi pertimbangan agar keputusan strategis dapat diimplementasikan ke dalam kumpulan strategi yang berjalan dengan baik.

Semua pertimbangan strategis baik yang bersifat internal maupun eksternal harus dipikirkan bersamaan agar menghasilkan keputusan terbaik. Agar Anda bisa tahu mana keputusan yang paling baik, Anda harus melakukan tes strategi terbaik (Tests of The Best Strategy).

THREE TESTS OF BEST STRATEGY
Dalam sebuah pertimbangan strategis, Anda mungkin bisa merumuskan lebih dari satu strategi. Semua strategi tersebut bisa jadi merupakan strategi yang baik dan sudah melalui berbagai pertimbangan baik pertimbangan internal maupun eksternal. Akan tetapi, dari semua strategi yang sudah dirumuskan, pasti ada strategi yang secara pertimbangan paling baik dari semuanya.

Strategi ini adalah yang akan memberikan keuntungan strategis terbesar sekaligus memiliki resiko terkecil dalam implementasinya. Selain itu, strategi ini juga bisa memberikan manfaat jangka pendek dan panjang bagi perusahaan sekaligus bermanfaat bagi kinerja dan kompetensi perusahaan untuk ke depannya.

Untuk mengetahui mana strategi terbaik tersebut, ada baiknya Anda melakukan 3 Tes Strategi Terbaik (Three Tests of Best Strategy). Tes ini sangat penting untuk mengetahui apakah strategi yang Anda pilih bisa benar-benar diimplementasikan dan memberikan manfaat jangka panjang atau tidak.

Dengan kata lain, tes harus mencakup soal kecocokan strategi, kompetensi, dan kinerja perusahaan terkait keputusan strategis tersebut.

Ketiga jenis tes tersebut adalah:

1. The Goodness of Fit Test (tes kecocokan)
Setiap keputusan yang diambil harus cocok dengan kompetensi sebenarnya yang dimiliki perusahaan, sekaligus sesuai dengan kondisi pasar dan persaingan.

2. The Competitive Advantage Test (tes kompetensi)
Setiap keputusan strategis yang diambil bukan hanya harus sukses dalam implementasi, namun juga harus bisa meningkatkan nilai kompetitif perusahaan dalam persaingan di pasar.

3. The Performance Test (tes kinerja)
Setiap keputusan strategis yang diambil harus bisa meningkatkan kinerja perusahaan di masa mendatang, sekaligus meningkatkan profitabilitasnya.

Ketiga tes ini menentukan strategi mana yang sebaiknya diambil dari semua pilihan yang ada. Sebuah strategi terbaik harus bisa mencakup ketiga faktor ini agar bisa diimplementasikan dengan baik, membawa hasil terbaik sekaligus bisa meningkatkan level kinerja dan kompetensi perusahaan secara berkelanjutan di masa depan.

GRATIS - 7 materi presentasi yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Free Slides dan Ebook

Dapatkan 7 Presentasi Wow + 5 Buku Dahsyat tentang Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!