Makalah tentang Analisa Strategi Perusahaaan dan Strategis Bisnis

Dalam menganalisis pilihan strategi, salah satu faktor yang harus diperhitungkan adalah faktor-faktor eksternal, seperti yang telah dijelaskan pada slide-slide sebelumnya. Faktor eksternal ini, bila dirumuskan, menyangkut keinginan konsumen, kondisi pasar serta persaingan yang akan Anda hadapi. Dengan kata lain, Anda harus melakukan analisa lingkungan dan kondisi persaingan.

Dalam pengambilan keputusan, analisa lingkungan industri dan kondisi persaingan dapat dirumuskan dalam pertanyaan-pertanyaan utama seperti ini:

• Apakah fitur dominan yang paling dibutuhkan pelanggan dalam industri Anda di masa yang akan datang? Misalnya, jika Anda bergelut dalam bidang waralaba makanan cepat saji, kira-kira produk atau layanan seperti apa yang selama ini diinginkan para pelanggan tetapi belum pernah ada di usaha serupa?

• Perusahaan manakah yang memiliki posisi terkuat/terlemah? Siapa yang termasuk nama-nama besar dalam pasar tersebut, dan seberapa jauh lingkup pemasarannya? Dengan mengetahui ini, Anda jadi tahu mana yang merupakan pesaing potensial Anda.

• Kemajuan strategis apa yang mungkin dilakukan oleh rival? Apakah pesaing Anda itu telah mengeluarkan strategi pemasaran atau produk baru? Apakah hal tersebut memberinya pangsa pasar besar dan mengancam Anda sebagai pesaing?

• Apakah kunci utama untuk sukses dalam persaingan? Misalnya, jika pesaing Anda sudah mengeluarkan produk baru atau menerapkan metode pemasaran baru yang lumayan sukses, apa yang bisa Anda lakukan untuk menyainginya?

Memahami bagaimana kondisi pasar dan persaingan memberi Anda gambaran tentang apa yang harus Anda hadapi sebagai sebuah institusi atau organisasi saat merumuskan suatu keputusan strategis. Hal ini kemudian akan memengaruhi jenis keputusan yang akan diambil, karena harus menyesuaikan dengan kondisi pasar dan persaingan tersebut.

Setelah faktor eksternal diperhitungkan, pada saat yang sama, Anda juga harus memperhitungkan faktor internal dalam perumusan keputusan strategis. Kedua hal ini harus diperhitungkan secara bersamaan jika Anda ingin keputusan yang dihasilkan