Makalah atau Artikel Panjang dan Lengkap tentang Selling Skills dan Ketrampilan Menjual

Jika Anda tertarik dalam meningkatkan keterampilan menjual produk atau jasa, Anda akan menemukan bahwa ada seharusnya banyak jenis cara menjual yang harus Anda gunakan atau harus Anda hindari, seperti menjual dengan nada tinggi, penjualan persuasif, penjualan tidak ada penawaran, menjual ditargetkan, tapi semuanya bertujuan sama pada akhirnya, menjual adalah seni membujuk konsumen yang membeli produk atau jasa yang bermanfaat baginya.

Apapun produk atau jasa yang Anda jual, maka Anda perlu memfokuskan upaya penjualan Anda Anda harus mengkomunikasikan manfaat dari produk atau jasa kepada konsumen.

Manfaat mungkin berwujud atau tidak berwujud, tetapi jika konsumen individu yakin bahwa ia secara pribadi akan mendapatkan manfaat, produk atau jasa yang anda jual tersebut.

1. The general skill

Penjual harus memiliki keterampilan umum dengan tujuan utama yang dapat berpengaruh besar pada semua aspek proses penjualan. Sebagai contoh, teknik pemecahan masalah dapat diterapkan dalam berbagai macam konteks, dari yang sederhana, seperti bagaimana untuk mencari informasi tertentu, ke permasalahan yang lebih rumit, misalnya, bagaimana melaksanakan negosiasi dengan pelanggan dengan baik. Karena keterampilan tersebut memiliki penerapan yang luas ini mereka sangat berharga dan layak berkembang. Selain itu kemampuan belajar yang lebih spesifik akan ditemukan padaproses penjualan yang dilakukan seorang sales.

1.1 Listening skills
Mendengarkan sangat penting bagi sales atau tenaga penjual dan perusahaan atau organisasi harus memberikan pelatihan keterampilan mendengarkan bagi karyawan mereka. Hal ini tidak mengherankan bila Anda mempertimbangkan bahwa keterampilan mendengarkan yang baik dapat membuat kepuasan pelanggan yang lebih baik, produktivitas yang lebih besar dengan lebih sedikit kesalahan, peningkatan berbagi informasi yang nantinya membuat sales lebih kreatif dan inovatif.

Banyak pemimpin yang sukses dan pengusaha yang membuat keberhasilan mereka dengan memulai keterampilan mendengarkan secara efektif. Mendengarkan dianggap sebagai salah satu faktor utama di balik kesuksesan penjual. Mendengarkan secara efektif adalah keterampilan yang mendasari semua hubungan manusia yang positif, menghabiskan waktu memikirkan dan mengembangkan keterampilan mendengarkan adalah kunci kesuksesan tenaga penjualan Keterampilan mendengarkan yang baik juga memiliki manfaat dalam kehidupan pribadi Anda.

Mendengar mengacu pada suara yang Anda dengar, sedangkan mendengarkan membutuhkan fokus. Mendengarkan berarti memperhatikan prospek dan Anda tidak hanya cerita, tapi bagaimana prospek mengatakan, penggunaan bahasa dan suara, dan bagaimana orang lain menggunakan tubuhnya. Dengan kata lain, Anda menyadari kedua pesan verbal dan non-verbal dari prospek. Kemampuan Anda untuk mendengarkan secara efektif tergantung pada sejauh mana Anda menilai dan memahami pesan-pesan mereka.

1.2 Effective communication skills
? Komunikasi yang efektif membutuhkan kemampuan untuk mengekspresikan ide-ide Anda dan pandangan jelas, percaya diri dan ringkas dalam berbicara, menyesuaikan konten Anda dan gaya untuk pelanggan dan membuat komunikasi mengalir bebas.

? Jadilah komunikator yang jelas dan ringkas serta variasikan nada Anda, kecepatan dan volume untuk meningkatkan komunikasi dan mendorong pertanyaan pelanggan tentang produk yang anda tawarkkan tersebut.

? Membujuk dan beregosiasi
Sesampainya ada kesepakatan yang menyenangkan untuk kedua belah pihak, anda menang atau menang bernegosiasi. Tampilkan kebijaksanaan kepada mereka ketika anda tidak menyetujui penawaran mereka

? Membuat sebuah presentasi di depan konsumen dan menyajikan pesan dengan cara yang menarik, penataan presentasi Anda, menggunakan alat bantu secara efektif akan membangun hubungan denganprospek dan pelanggan Anda

? Berkomunikasi secara efektif dalam tim penjualan
Mintalah bantuan ketika Anda membutuhkannya. Penelitian menunjukkan bahwa meminta bantuan dengan sesuatu (dalam alasan) membuat Anda lebih disukai oleh orang yang Anda bertanya!

1.3 Problem solving skills
Bagaimana untuk mengembangkan dan menunjukkan kemampuan memecahkan masalah Anda?

Banyak orang yang memecahkan masalah setiap hari, dalam situasi apapun, di tempat kerja dan dalam kehidupan kita sehari -hari kehidupan.

Anda akan berurusan dengan pelanggan ketika harus memasarkan produk baru kepada mereka. Setiap pekerjaan juga akan membawa masalah yang harus dihadapi.

Hal ini penting untuk menunjukkan kepada seorang perekrut bahwa Anda memiliki keterampilan yang tepat untuk menyelesaikan masalah tersebut, ketahanan pribadi untuk menangani tantangan dan tekanan dapat membawa Anda mencapai kesuksesan. Masalah juga bisa menjadi peluang bagi Anda untuk melihat hal-hal berbeda dan melakukan hal-hal dengan cara yang berbeda.

Masalah dengan pelanggan membuat Anda:

? Mengevaluasi informasi atau situasi pelanggan
? Menempatkan mereka ke dalam komponen utama
? Pertimbangkan berbagai cara pendekatan dan menyelesaikan negosiasi dengan pelanggan
? Tentukan strategi yang paling tepat untuk menakhlukkan pelanggan

Pemecahan masalah diatas akan melibatkan keterampilan analitis dan kreatif Anda. Keterampilan tertentu akan diperlukan namun tergantung pada masalah dan peran Anda dalam perusahaan, tetapi keterampilan yang berhubungan dengan prospek dan pelanggan adalah kunci untuk memecahkan masalah.

1.4 Interpersonal skills
• Bagian ini merupakan kemampuan yang harus Anda miliki sebagai penjual atau sales people. Banyak informasi dan saran praktis yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan Keterampilan Interpersonal Anda.

• Keterampilan interpersonal tidak hanya penting di tempat kerja, kehidupan pribadi dan sosial kita juga bisa mendapatkan keuntungan dari keterampilan interpersonal yang lebih baik. Sales people dengan kemampuan interpersonal yang baik biasanya dianggap sebagai optimis, tenang, percaya diri dan karismatik dan memiliki kualitas yang menarik bagi orang lain.

Melalui kesadaran tentang bagaimana Anda berinteraksi dengan orang lain, dengan praktek , hal ini membuat Anda dapat meningkatkan keterampilan interpersonal. Interpersonal skills bertujuan untuk membantu Anda belajar dan mengembangkan keterampilan interpersonal Anda dengan menyediakan informasi yang luas dan berkualitas.

1.5 Self motivation skills
Banyak waktu yang terbuang jika seorang sales hanya duduk dan menunggu manajer penjualan untuk mengatakan kepadanya apa yang harus dia lakukan. Waktu terbuang tersebut dapat memiliki dampak negatif pada kinerja perusahaan secara keseluruhan.

Yang perusahaan inginkan adalah seorang tenaga penjual atau sales yang dapat mengambil alih dan bertindak atas inisiatifnya sendiri. Sales self-motivator adalah salah satu yang diinginkan perusahaan. Tenaga penjualan tersebut bahkan akan berjalan sendiri untuk mendapatkan pelanggan dengan cara terbaik mungkin. Dia akan mengambil langkah-langkah dan mengambil kesempatan bila diperlukan.

Mengapa Motivasi Penting untuk Sales atau tenaga penjualan?

Manajer memiliki lingkup yang luas dari pekerjaan yang berarti beberapa hal cenderung diprioritaskan atas orang lain. Manajer pekerjaan salesnya dan manajer masih perlu menjadi bagian dari proses pengambilan keputusan. Namun, seorang sales dapat mengambil tindaka sendiri dalam beberapa kasus tentang pelanggan mereka. Motivator tenaga penjualan membutuhkan pengawasan dari manajer yang bersangkutan. Hasilnya seorang tenaga penjualan akan memiliki produktivitas dan efisiensi.

1.6 Customer service skills
Perusahaan atau organisasi membutuhkan karyawan dengan sejumlah soft skill maupun interpersonal. Berikut beberapa soft skill yang akan menguntungkan Anda dalam pekerjaan meningkatkan penjualan dan pelayanan kepada pelanggan. Anda berinteraksi dengan pelanggan secara langsung, melalui telepon atau melalui email. Anda bisa mengembangkan keterampilan sebagai seorang tenaga penjualan agar lebih efektif dalam pelayanan pelanggan.

? Komunikasi
Komunikasi yang jelas sangat penting dalam layanan pelanggan.Anda perlu mengetahui apa yang pelanggan inginkan dari produk yang Anda tawarkan. Anda mampu memikirkan apa yang dapat Anda lakukan untuk pelanggan. Anda bisa berkomunikasi dengan jelas dan positif dengan pelanggan saat menawarkan produk. Keterampilan ini sangat penting dalam komunikasi demikian juga ketika anda berkomunikasi dengan telepon. Jika Anda menulis email dengan pelanggan, pastikan Anda menggunakan bahasa dan ejaan yang tepat, pilihlah kata-kata dan frase yang menyampaikan sikap optimis yang sama.

? Mendengarkan
Keterampilan mendengarkan adalah sama pentingnya dengan kemampuan komunikasi. Dengarkan baik-baik pelanggan Anda agar bisa mengetahui dengan pasti apa yang dibutuhkan oleh pelanggan dan bagaimana Anda dapat membantunya. Tunjukkan bahwa Anda mendengarkan mereka dengan bahasa tubuh dan menanggapinya. Anda bisa mengangguk ketika Anda memahami sesuatu, melakukan kontak mata atau yang lain. Jangan takut untuk meminta klarifikasi pertanyaan untuk memastikan Anda memahami pelanggan. Hal penting dari layanan pelanggan hanya membuat pelanggan merasa didengarkan.

? Pengendalian Diri
Orang-orang yang bekerja sebagai sales atau tenaga penjualan harus mampu dan tenang menangani semua pelanggan, bahkan pelanggan yang sulit sekalipun. Anda harus berusaha untuk tetap tenang dan santai, bahkan ketika pelanggan Anda emosi. Kesabaran dan pengendalian diri akan membuat Anda menjadi saber dan mengatakan sesuatu yang sesuai.

? Positif thinking
Sikap positif adalah salah satu layanan untuk pelanggan. Pastikan Anda mengetahui semua manfaat dari produk atau jasa perusahaan yang Anda jual kepada pelanggan Anda. Jika pelanggan memiliki masalah dengan produk atau layanan, hal apa yang dapat Anda lakukan untuk membantu mereka. Walaupun anda tidak ingin tampak terlalu senang ketika seorang pelanggan marah, Anda tetap harus bersikap proaktif dan optimis dapat membantu pelanggan.

2. General Skill Sales Person
Siapa pun yang ingin menjadi penjual yang lebih baik harus memiliki skill menjual yang baik pula. Penjual harus memiliki keterampilan alami sebagai bagian yang tak terpisahkan dari kepribadian mereka, atau mereka telah mempelajari dan memperoleh keterampilan tersebut dari trainer. Anda harus tahu bahwa semua keterampilan menjual dapat dipelajari dan dikembangkan.

Keterampilan umum sales person yang baik adalah:

? Keterampilan mendengar
Seorang penjual yang efektif harus mampu mendengarkan pelanggan yang potensial atau calon pelanggan. Anda juga harus mau mendengarkan apa yang tidak ingin dikatakan pelanggan. Salesperson harus bersedia meluangkan waktu untuk memahami apa yang pelanggan benar-benar butuhkan dan mengidentifikasi masalah pelanggan untuk mencoba untuk memecahkannya.

? Keterampilan komunikasi yang efektif
Selain mendengarkan, Anda harus dapat merespon dengan baik masalah pelanggan. Anda harus mampu menawarkan solusi untuk masalah pelanggan jika pelanggan selalu berhubungan dengan perusahaan Anda.

? Ketrampilan memecahkan masalah
Tenaga penjualan yang baik selalu bekerja untuk memecahkan masalah pelanggan. Sales person harus memahami bahwa pemecahan masalah adalah pekerjaan utama mereka.

? Keterampilan Interpersonal
Tenaga penjualan harus tahu bagaimana bekerja dengan baik dengan pelanggan mereka dan dengan satu sama lain dalam rangka untuk melakukan negosiasi penjualan yang efektif. Tenaga penjualan harus sopan, hormat, dan terampil dalam membangun hubungan dengan pelanggannya.

? Keterampilan berorganisasi
Tenaga penjualan yang baik yang terorganisir dengan baik mereka harus memiliki sistem untuk menjaga informasi tentang prospek, pelanggan, produk, dan informasi lainnya pelanggan mereka mungkin perlu.

? Keterampilan memotivasi diri sendiri
Jika Anda ingin menjadi yang terbaik dalam penjualan, Anda harus mampu memotivasi diri sendiri. Akan ada saat-saat dimana Anda tidak ingin mengambil langkah berikutnya dalam proses penjualan, tetapi Anda harus tahu bagaimana bekerja melalui perasaan itu dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan oleh pelanggan Anda . Hal itu akan membantu Anda menjadi sukses dalam pekerjaan Anda.

? Keterampilan Persuasi
Pelanggan hampir selalu memiliki pilihan dalam perusahaan tempat mereka bekerja dengan atau memilih untuk membeli dari. Persuasi adalah seni membantu pelanggan untuk memilih penawaran Anda atas orang lain.

? Keterampilan melayani pelanggan
Setelah Anda tahu bagaimana untuk meningkatkan penjualan, apakah Anda tahu bagaimana untuk menjaga pelanggan agar datang kembali? Apakah Anda melihat mereka sebagai pembeli hanya satu kali atau sebagai seseorang yang bisa menjadi pelanggan secara terus-menerus?

? Integritas
Dalam setiap hubungan, termasuk hubungan penjual dan pelanggan, integritas sangat penting. Tanpa itu, Anda akan kehilangan kepercayaan pelanggan, bisnis mereka, dan mungkin bisnis orang lain dan pelanggan akan memberitahu tentang perusahaan Anda kepada orang lain.

3. Step The Best Selling Skill

a) Bekerja untuk memahami bagaimana pelanggan Anda akan membeli

Apa langkah-langkah yang bisa anda ambil dari proses pembelian pelanggan Anda? Ketika produk yang sederhana, dan tidak ada persaingan, pembeli dapat membuat keputusan cepat, sayangnya hal itu yang jarang terjadi.

Jadi sales person harus belajar apa dibutuhkan pelanggan untuk melakukan penelitian dan belajar secara tepat. Anda harus berpikir tentang pembelian dari sudut pandang pelanggan, dan Anda harus mempertimbangkan mereka.

b) Tentukan langkah-langkah dari proses penjualan

c) Dapatkan secara jelas dan spesifik tentang langkah-langkah pelanggan mengambil keputusan ketika mereka bergerak melalui proses pembelian mereka. Ganti proses penjualan dengan label untuk melakukan tindakan terhadap pelanggan yang kemudian menjadi tujuan untuk tim Anda ketika mereka menelepon atau bertemu dengan pelanggan.

d) Mengelola informasi berdasarkan pelanggan
Anda berada dalam proses penjualan dan berhubungan dengan pelanggan, tetapi di mana pelanggan dalam proses negosiasi pembelian. Anda perlu menentukan faktor-faktor apa yang membantu Anda dalam proses penjualan, faktor apa saja yang menggangu Anda, dan apa yang dapat Anda lakukan untuk menempatkan diri Anda dalam posisi yang lebih baik untuk menang.

Jangan kalah dengan pelanggan Anda.

Fokus pada pengambil keputusan juga berpengaruh dan seringkali keputusan membeli secara nyata tidak dibuat oleh orang yang melakukan interaksi. Hubungan yang baik di awal dalam proses penjualan, Anda bisa menghindari intervensi pada beberapa menit terakhir.

Dengan memiliki kemampuan menjual yang baik maka Anda bisa lebih memaksimalkan penjualan. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan ketika seorang sales person memiliki kemampuan yang baik untuk pemasaran produk.

Perusahaan akan mendapatkan lebih banyak keuntungan lagi bila semua tenaga penjualan mendapatkan ketrampilan diatas secara terus menerus. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kemampuan penjualan. Bahkan perusahaan kecil pun akan mampu menyamaki perusahaan besar ketika mereka memiliki tenaga penjualan yang benar-benar berkualitas.

Mampukah perusahaan membuat penjualan mereka meningkat dan menyamai perusahaan besar lainnya. Kemampuan menjual produk yang tepat harus didukung dengan ketrampilan lainnya oleh sales.

GRATIS - 7 materi presentasi yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Free Slides dan Ebook

Dapatkan 7 Presentasi Wow + 5 Buku Dahsyat tentang Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!