Strategi agar Sukses Melakukan Negosiasi dalam Bisnis

Hampir setiap aspek dari bisnis bisa dinegosiasika, hal ini dalam bekerja dapat mendukung Anda , sebagai tekanan untuk mendapatkan hasil maksimal dari hubungan dan menyadari nilai dari penawaran lebih tinggi dari sebelumnya .

Ketika Anda sedang berhadapan dengan pemasok yang ingin menaikkan harga, pelanggan memperpanjang jangka waktu pembayaran mereka, memperbaiki harga untuk bisnis baru atau berurusan dengan permintaan karyawan untuk kenaikan gaji, memahami seni negosiasi akan sangat meningkatkan peluang Anda untuk hasil yang positif.

Kebanyakan sales dan perusahaan mendengar pernyataan pelanggan setiap hari. Itu sangat penting untuk belajar bagaimana bernegosiasi lebih efektif. Berikut adalah lima strategi yang akan membantu Anda meningkatkan keterampilan negosiasi Anda dan mendorong lebih banyak uang di kantong Anda.

? Belajarlah untuk tersentak.

Bergeming adalah salah satu taktik negosiasi tertua tapi salah satu cara yang paling banyak digunakan. Bergeming adalah reaksi ketika terjadi penawaran atau harga. Tujuan dari taktik negosiasi ini adalah untuk membuat orang lain merasa tidak nyaman tentang tawaran yang mereka disajikan. Sebagai contoh seorang sales memberikan harga untuk produk tertentu.

Berkedip berarti Anda menanggapi dengan cukup serius penawaran mereka. Anda harus tampil terkejut dan terkejut bahwa mereka bisa cukup berani untuk meminta harga penawaran tersebut. Kecuali orang lain adalah negosiator baik dan berpengalaman, mereka akan merespon sebagai berikut, mereka akan menjadi sangat tidak nyaman dan mulai mencoba untuk merasionalisasi harga mereka,atau mereka akan menawarkan konsesi segera.

? Mengakui bahwa orang sering meminta lebih dari yang mereka harapkan untuk mendapatkan.
Ini berarti Anda harus menahan godaan untuk secara otomatis mengurangi harga atau menawarkan diskon. Jangan memutuskan harga rendah sebelum Anda berjuang untuk harga tertinggi.

? Membaca situasi orang lain

Anda perlu belajar sebanyak mungkin tentang situasi orang lain. Ini adalah taktik negosiasi sangat penting bagi sales atau tenaga penjualan. Tanyakan prospek Anda pertanyaan lebih lanjut tentang pembelian mereka. Pelajari apa yang penting bagi mereka serta kebutuhan dan keinginan mereka. Hal ini juga penting untuk belajar sebanyak mungkin tentang pesaing Anda dan ini akan membantu Anda mengalahkan kemungkinan keberatan harga dan mencegah seseorang dari menggunakan pesaing sebagai pilihannya.

? Praktek di setiap kesempatan

Kebanyakan orang ragu-ragu untuk bernegosiasi karena mereka kurang percaya diri. Anda bisa mengembangkan kepercayaan ini dengan lebih sering bernegosiasi. Meminta diskon dari perusahaan lain atau produsen Anda. Sebagai konsumen, mengembangkan kebiasaan meminta potongan harga ketika Anda membeli dari toko rite sangatlah penting. Jadilah menyenangkan dan gigih tapi tidak menuntut. Kondisi diri Anda untuk bernegosiasi di setiap kesempatan akan membantu Anda menjadi lebih nyaman, percaya diri dan sukses.

? Anda meninggalkan transaksi

Lebih baik meninggalkan prospek daripada Anda membuat terlalu besar pertimbangan atau memberikan diskon besar produk atau jasa Anda. Penjual sering mengatakan bahwa strategi negosiasi ini memberi mereka kemudahan berhadapan dengan pelanggan.

1. Cara Memenangkan negosiasi

a. Mengetahui nilai biaya alternatif

• Cara optimal untuk mengevaluasi kesepakatan yang diusulkan adalah untuk menimbang negosiasi terhadap pilihan terbaik Anda dalam ketiadaan kesepakatan atau sering disebut alternatif terbaik untuk kesepakatan yang dinegosiasikan. Nilai atau biaya alternatif ini membantu menentukan harga penawaran.
• Sebuah pemahaman yang mendalam mengenai kepentingan prospek Anda akan membantu Anda mengevaluasi kekuatan dan kelemahan dan memberikan rasa zona tawar-menawar, yang terletak di antara harga penawaran Anda dan prospek.

• Selain itu anda harus tahu standar yang diterima dan norma-norma, berbicara yang mendukung setiap negosiasi. Hal itu berfungsi sebagai tolok ukur untuk menetapkan harga untuk produk yang ditawarkan atau beberapa laba digunakan untuk menilai sebuah perusahaan. Tapi negosiator juga harus membuat keputusan berdasarkan prinsip-prinsip yang mereka anut.

b. Agresif terhadap penawaran pertama

• Membuat agresif penawaran pertama yang dilakukan oleg prospek. Meskipun negosiasi pengetahuan mengatakan bahwa Anda membiarkan prospek meninggalkan penawaran dulu namun sebenarnya penawaran pertama disiapkan memiliki keunggulan. Sebuah harga pembukaan berfungsi sebagai titik acuan. Jika Anda memiliki perasaan yang baik untuk harga penawaran yang berlawanan, jangan terlalu berlebihan saat bernegosiasi.

• Salah satu cara untuk mempelajari lebih lanjut tentang penawaran rekan Anda adalah untuk menawarkan pilihan yang menekankan unsur-unsur yang berbeda dari kesepakatan. Menawarkan kepada prospek tidak lebih dari tiga kali pada satu waktu.

c. Menanggapi suatu Penawaran

• Membuat tawaran balik yang agresif terhadap prospek.
Anda tidak selalu akan dapat membuat tawaran pertama disetujui prospek. Tetapi Anda harus tetap dengan penawaran Anda. Cara terbaik untuk tidak jatuh di bawah kekuasaan prospek adalah dengan cara melawan prospek yang telah menawarkan pertama kali.

Dengan kata lain, fokus tanpa henti pada estimasi anda pada harga yang berlawanan yang telah Anda tawarkan dan alternatif harga untuk kesepakatan dan harga target yang telah Anda buat sendiri. Bersikaplah tegas, tetapi jika usul balasan Anda berbeda secara dramatis dari tawaran awal, cobalah untuk meringankan suasana hati, mungkin dengan lelucon yang membuat prospek luluh pada Anda.

• Kontra terhadap prospek
Jika prospek Anda membuat Anda yakin dengan tawaran pertama, atau mereka menerima tawaran pertama maka inilah kemenangan Anda. Jika setiap kali Anda dipaksa untuk membuat penawaran, pastikan penawaran tersebut berlawanan dengan penawaran prospek. Dan jika Anda bisa melakukan penawaran secara diplomatis, hal ini akan membuat proses negosiasi semakin mudah.

d. Table Manners

Pertemuan tatap muka sangat penting ketika kedua belah pihak tidak saling mengenal dan perlu untuk menjalin hubungan. Ketika Anda mengetahui prospek tapi tidak suka satu sama lain, face-to-face merupakan pertemuan yang hanya dapat memperburuk keadaan.

• Pengaturan tempat duduk
Negosiasi di meja menghasilkan suasana yang kompetitif atau defensif atau bahkan menimbulkan sikap agresif. Table manner ini akan menciptakan lingkungan yang lebih kolaboratif.

• Diam – kecuali untuk mengajukan pertanyaan
Diam dapat menjadi senjata ampuh. Banyak orang merasa tidak nyaman dan mengisinya dengan percakapan, membocorkan informasi atau merevisi tawaran mereka dalam proses negosiasi. Para negosiator yang baik lebih baik mendengarkanorang lain berbicara dan tahu bahwa mengajukan pertanyaan adalah metode yangtepat untuk menangkis pertanyaan.

• Meniru prospek
Orang sering tidak sadar meniru prospek dalam percakapan, hal ini akan menghasilkan lebih banyak hubungan dan penawaran berbasis bunga atau keuntungan bersama.

• Terlibat dalam sandiwara negosiasi
Sandiwara ini adalah untuk memenangkan negosiasi yang anda lakukan dengan prospek

• Tempat atau Mine?

Beberapa tenaga penjualan menganggap ada keuntungan sebagai tuan rumah dalam negosiasi, tapi sering ada alasan yang baik untuk memenangkan negosiasi tersebut dengan rekan Anda.

Negosiasi pada lawan Anda sinyal bisa dilakukan dengan keyakinan, hal ini memberi Anda kesempatan untuk mengumpulkan data penting tentang prospek.

• Keyakinan anda adalah kekuatan atau pengaruh yang ingin Anda berikan kepada prospek, melakukan negosiasi dengan sikap yang baik akan membuat Anda yakin dengan kemenangan.

Cara-cara tersebut akan memudahkan anda untuk memenangkan negosiasi yang dilakukan dengan prospek. Untuk memenangkan negosiasi memang cukup sulit namun dengan melatih secara terus menerus anda akan mudah menakhlukkan prospek. Seorang tenaga penjualan yang handal akan memenangkan negosiasi yang dilakukannya untuk menjual produk lebih banyak. Semakin dia bisa memenangkan negosiasi maka semakin mudah baginya untuk mendapatkan keuntungan.

GRATIS - 7 materi presentasi yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Free Slides dan Ebook

Dapatkan 7 Presentasi Wow + 5 Buku Dahsyat tentang Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!