Cara Mengembangkan Sales Mindset yang Efektif dan Menghasilkan Pelanggan Loyal

Banyak orang yang percaya bahwa sales lebih banyak menggunakan cara manipulatif, tidak jujur, hidup rendah yang hanya ingin membuat calon konsumen membeli barang. Dan mereka telah dilatih untuk berpikir seperti itu oleh sales seniornya atau sales manager.

Sales harus memiikirkan tentang reaksi pertama dari calon konsumen baru adalah untuk menutup, hati-hati, mengatakan apa-apa dan membuat sales menjadi putus asa, calon klien akan mengatakan” Tidak”.

Kurangnya kepercayaan dan rasa hormat terhadap sales menjadi salah satu alasan utama adanya penolakan. Karena itu sebagai seorang sales, sangat penting mengembangkan mindset untuk mengubah persepsi masyarakat tentang sales.

Orang akan berpikir sales pembohong dan hanya menjual produk karena target penjualan yang harus mereka capai. Padahal tidak semua sales seperti apa yang dipikirkan orang.

Sales juga bisa memberikan solusi terbaik bagi banyak orang, bahkan membantu pelanggan untuk mencapai sukses dengan produk atau jasa yang diberikan. Persepsi orang sering membuat sales tidak bisa mencapai target yang diharapkan bahkan sering membuat sales menjadi terpuruk.

Karena ini sangat penting bagi sales untuk mengubah persepsi orang tentang hal buruk yang sering diucapkan orang terhadap mereka. Sekalipun hal tersebut sangat sulit dilakukan namun dengan memiliki pola pikir yang baik sales akan bisa mengubah pola pikir orang lain.

a. Keburukan cara lama sales

• Pelanggan telah belajar untuk menolak sales dan mereka tidak percaya apa yang dikatakan oleh sales
• Hanya sekitar 10% dari peluang penjualan seorang sales yang dipercaya pelannggan

• Hampir sebagian besar tim penjualan kurang efisien dalam bekerja
• Hanya 50% dari sales bisa menjual produk sesuai dengan target

b. Mindset adalah pola pikir segalanya seorang sales
? Lupakan teknik penjualan manipulatif – mulai sekarang sales harus mencoba untuk membantu orang memecahkan masalah mereka. Sales juga harus membantu namun juga harus bisa merayu pelanggan.

? Kunci untuk penjualan yang sukses adalah mindset positif, dengan mindset tersebut maka akan mudah bagi sales untuk menakhlukkan calon pelanggannya.

3. High Performance Sales People

a) Sebuah pola pikir
Tim penjualan terbaik mengandalkan data secara langsung mengenai pelanggannya, bukan teori atau pikiran untuk mengoptimalkan kinerja mereka dan meningkatkan pendapatan perusahaan.

Sebagai sales jangan berhenti hanya memantau metrik penjualan – sangat penting bahwa sales untuk memperoleh pengetahuan tentang pelanggan dan masalahnya.

Dengan pengetahuan itu, sales kemudian dapat lebih mengarahkan upaya pembinaan penjualan untuk mengatasi masalah yang akan dihapadi nanti. Dengan menemukan daerah tertentu dari perbaikan seperti yang diungkapkan oleh analisis data,sales dapat melatih tim untuk lebih professional. Team sales yang professional akan lebih dihargai orang dibandingkan team sales yang bekerja biasa-biasa saja.

b) Transparansi di semua tingkatan
Tim penjualan yang memiliki kinerja tinggi adalah harapan perusahaan. Mulai meningkatkan transparansi tim dengan menuliskan target penjualan yang menampilkan pemesanan bulanan setiap waktu. Transparansi kinerja setiap sales akan meningkatkan pandangan atau pola pikir untuk lebih maju.

c) Perbaikan terus-menerus melalui pelatihan penjualan
Perusahaan dengan budaya penjualan terbaik cenderung tidak memperdulikan kesenangan mereka. Seharusnya seperempat sebagian hasil penjualan tersebut harus menjadi motivator untuk membuat kuartal berikutnya lebih baik.

Pola pikir atau mindset ini adalah pembinaan penjualan secara regular sales. Mindset akan melatih tim penjualan untuk sukses dan hal ini membutuhkan komunikasi yang konsisten.

Dalam pertemuan beberapa sales mungkin harus menyajikan metrik kinerja penjualan untuk mengidentifikasi daerah-daerah tertentu yang memiliki kelemahan dalam proses penjualan baik seluruh tim maupun individu. Kemudian dari informasi tersebut akan dibuat strategi untuk menopang daerah-daerah yang lemah dan secara konsisten meningkatkan penjualan.

4. Mindset Sales setiap hari
Sales yang berpengalaman dan profesional akan bekerja sama dengan sales lainnya, mereka akan merusaha membuat hubungan pelanggan yang kuat dan abadi. Sementara banyak yang berharap bahwa pelanggan akan tetap menggunakan produk perusahaan.

Sales harus memiliki prinsip yang menggabungkan layanan pelanggan dan keinginan untuk melihat pelanggan mereka mencapai sukses setelah penjualan selesai. Mindset positif harus dimiliki sales setiap hari agar kinerja mereka semakin baik.

Beberapa hal tentang mindset sales:
• Gaji sales adalah milik pelanggan bukan perusahaan

• Kualitas layanan sales dinilai oleh setiap pelanggan

• Perusahaan Anda memiliki merek dan Anda memiliki layanan yang berbeda dari sales lainnya

Pemecahan masalah layanan yang diberikan oleh sales kepada pelanggannya sering membutuhkan bantuan rekan-rekan dalam perusahaan Anda sendiri atau komunitas mitra yang baik.

Pelanggan Anda akan menghargai usaha Anda dan akan berterima kasih untuk meningkatkan pembelian produk ketika sebagian besar dari mereka membutuhkan Anda. Pengalaman pelanggan adalah puncak dari momen individual dari waktu ke waktu, hari demi hari, tahun demi tahun. Sales bisa mengambil pandangan jangka panjang dengan hubungan pelanggan dan team sales.

GRATIS - 7 materi presentasi yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Free Slides dan Ebook

Dapatkan 7 Presentasi Wow + 5 Buku Dahsyat tentang Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!