Dorongan untuk Menjadi Team Leader yang Hebat

Setiap orang tentu saja memiliki dorongan di dalam dirinya, sebuah motivasi yang berkaitan dengan apa yang ia ingin lakukan, dan capaian-capaian yang ia harapkan di masa depan.

“Dorongan” sebelumnya sudah kita sebut sebagai drive, yakni sebuah perasaan-perasaan riil yang memotivasi orang untuk bertindak. Dalam “drive”, orang menemukan bahan bakar yang mampu memberi ia energi untuk berbuat sesuatu sesuai dengan kapasitas dan kemampuannya. Dalam “drive”, orang akan bertindak menurut ukuran-ukuran kemajuan yang bisa digapainya di masa depan.

Pendek kata, “drive” adalah dorongan yang berasal dari dalam, impulse yang mendorong orang untuk bertindak. Seorang pemimpin tentu saja adalah orang yang memiliki dorongan dari dalam, dorongan yang akan membantunya untuk mencapai kemajuan-kemajuan tertentu. Tanpa dorongan, seorang akan loyo, begitupula seorang pemimpin.

Jadi mudah dipahami bahwa pemimpin yang unggul adalah pemimpin yang memiliki dorongan untuk maju. Tanpa dorongan, pemimpin akan berjalan di tempat, takkan mampu meraih kemajuan, dan takkan mampu mendorong anak buahnya untuk maju.

Dikaitkan dengan konsep motivation stimulator, tentu saja dorongan menjadi sesuatu yang berpadu sempurna dengan konsep tersebut. Motivasi yang diberikan oleh pemimpin kepada anak buahnya akan mendorong anak buah untuk bekerja dengan lebih baik lagi demi mencapai hasil sempurna seperti yang sudah diharapkan. Karena itulah, ada beberapa ciri yang bisa dikenali dari pemimpin yang memiliki drive:

1) Ia selalu berusaha menjadi yang terbaik

Seorang pemimpin yang memiliki drive datang lebih pagi dibandingkan anak buahnya, dan selalu melaksanakan tugas dengan cermat demi memperoleh hasil sebaik-baiknya. Ini adalah ciri pertama yang bisa terlhat dari seorang pemimpin yang memiliki keinginan untuk maju.

2) Ia selalu memotivasi anak buahnya dengan memberikan contoh konkrit

Rasanya ini tidak perlu dijelaskan lagi. Dan jelaslah bagi kita bahwa pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mampu menjadi pendorong dan mampu memberikan contoh terbaik bagi anak buahnya.

3) Berusaha menggapai hasil sempurna

Ia selalu terjun ke lapangan, memeriksa apakah anak buahnya bekerja dengan baik, dan selalu mau memberikan waktunya untuk saran-saran yang berguna bagi anak buah. Pemimpin dengan drive yang tinggi takkan mau diam di kantor saja. Ia juga akan ikut bertindak di lapangan dan memandu anak buahnya untuk mengerjakan segala sesuatu sesuai tempatnya.

Dalam kaitan antara pemimpin yang memiliki drive dan perannya sebagai motivation stimulator, terlihat jelas bahwa pemimpin yang agung akan selalu memiliki dorongan untuk bertindak meraih hasil. Selain itu, ia juga akan mampu menginspirasi anggota timnya untuk bertindak sesuai dengan garis yang telah ditarik berdasarkan kebijakan, visi, dan sasaran organisasi. Dengan demikian, ada kaitan konkrit antara drive dan motivation stimulator.

Free Slides dan Ebook

Dapatkan 7 Presentasi Wow + 5 Buku Dahsyat tentang Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!