Kiat Menjadi Sales TV yang Sukses dan Mampu Penuhi Target Penjualan

Televisi, hampir setiap rumah di Indonesia dari desa hingga kota besar pasti memilikinya. Keadaan dimana televisi sudah menjadi produk yang umum dimiliki setiap oranglah yang membuat harga jualnya juga semakin bersaing dan semakin murah. Padahal jumlahnya di pasaran semakin meningkat.
Selain persaingan dalam harga, persaingan antar brand juga terjadi di dalam penggunaan teknologinya.

Saat ini televisi dengan ukuran paling kecil hingga paling besar ada. Televisi praktis untuk di taruh di mobil atau dikenal dengan portabel misalnya hingga LCD yang bisa dipasang di dinding banyak sekali ditawarkan. Semakin ketat saja penjualan antar brand dan membuat sales sebagai penjual harus ekstra dalam melancarkan strategi penjualannya.

Televise yang saat ini menjadi kebutuhan, akan dicari banyak orang dengan persiapan. Mereka akan mencari tahu brand apa yang bagus, yang terkenal, dan yang menawarkan harga terjangkau. Keadaan ini tentu harus diikuti oleh penjual dalam menawarkan produknya dengan kaidah tertentu untuk mendapatkan konsumennya.

Pertama, dengan membangun kepercayaan. Sebagai seorang sales, Anda harus mampu menawarkan televisi kepada calon pembeli dengan membuatnya percaya dan yakin bahwa produk Anda yang terbaik. Untuk membangun rasa percaya ini referensi dan reputasi hingga kesungguh-sungguhan dari prestasi yang telah diraih oleh brand sangat berpengaruh.

Referensi produk televisi Anda harus kuat bagi mereka. Reputasi yang bagus yang akan membangun isu dan akhirnya menjadi referensi tersebut. Testimoni berupa kepuasan juga bisa Anda gunakan sebagai bagian dari pengakuan yang membangun reputasi tersebut. Kenalkan kepada mereka bahwa merk atau brand televisi Anda merupakan brand besar.

Perlihatkan testimoni baik berupa tulisan atau gambar sebagai dokumentasi yang menunjukan kepercayaan konsumen pada produk Anda begitu besar. Promosi seperti melalui iklan baik di media elektronik maupun cetak juga bisa menjadi nilai tambah akan kepopuleran yang dimiliki brand Anda. Bila perlu, jika sudah mendapatkan berbagai penghargaan sebagai prestasinya juga bisa dilampirkan. Termasuk untuk penjelasan, Anda bisa jelaskan tentang keunggulannya dibanding brand lain.

Selain kepercayaan, kebutuhan konsumen pun perlu Anda bangun. Bangun kebutuhan konsumen dengan menjelaskan keunggulan yang akan diberikan brand televisi tersebut di masa kini. Masa dimana kebutuhan tersebut dibutuhkan dari sebuah televisi. Misalnya televisi yang mampu merekam acara yang disiarkan atau mampu terkoneksi dengan internet dan lain-lain.

Bangun juga solusi kebutuhan pembeli dengan produk Anda. Tanyakan kebutuhan lain calon pembeli dengan televisi yang diinginkannya. Produk Anda harus bisa menjadi solusi bagi kebutuhan konsumen tersebut. Bahkan, akan lebih baik jika solusi yang bisa diberikannya juga melebihi harapan yang tidak diperkirakan oleh konsumen tersebut tadinya.

Yakinkan pembeli bahwa pilihan terakhir televisi yang ia cari hanya ada produk Anda. Tutup jalan mereka untuk mencari atau melirik produk lain dengan cara promosi Anda yang mampu meyakinkannya tersebut. Jika memungkinkan, buat calon pembeli menjadi konsumen Anda yang loyal dengan selalu menggunakan produk-produk dari brand Anda tidak hanya televisi tersebut.

Jadi, sebelum melakukan penjualan mengenali sendiri brand tersebut penting. Bukan hanya mengenali spesifikasinya saja tapi juga kualitas hingga teknologi yang diberikannya. Akan semakin mudah membangun keyakinan pada konsumen dengan Anda yang terlebih dahulu sudah mengujinya.

Gunakan juga bahasa-bahas pilihan dalam meyakinkan yang sopan, tidak menyinggung, dan membuat calon pembeli kagum. Sikap pun juga harus meyakinkan jangan sampai ragu-ragu dan membuat calon pembeli juga ragu akhirnya.

banner 2

banner 3

banner 4

GRATIS - 7 materi presentasi yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.