Cara Memotivasi Karyawan dan SDM supaya Terus Bersemangat dalam Bekerja

Ketika memotivasi anak buah anda, hal pertama harus anda pikirkan adalah bagaimana motivasi yang anda tularkan tepat sasaran dan mengenai jantung anak buah secara langsung. Karena itu penting bagi anda untuk mempelrihatkan tindakan nyata yang berkaitan dengan motivasi yang berusaha anda tularkan. Usahakan supaya motivasi anda berjalan selaras sesuai dengan apa yang anda lakukan, atau berusaha anda perlihatkan.

Pada intinya, motivasi juga berkaitan langsung dengan sasaran-sasaran dan rancangan visi organisasi yang telah digarisbawahi dengan jelas.

Maksudnya adalah, motivasi adalah alat halus, non material, yang digunakan untuk membangun keingin anak buah supaya setiap tindakan dan/atau tugas yang dibebankan kepada mereka sesuai dengan visi dan sasaran-sasaran yang telah ditetapkan sebelumnya.

Pastikan bahwa diri anda mengetahui dan bisa mengukur sejauh mana anak buah anda akan mengikuti sasaran-sasaran tersebut.

Karena itu pula, sebelum memotivasi anak buah anda supaya mereka bertindak lebih baik, dan sesuai dengan sasaran-sasaran yang telah ditetapkan oleh organisasi, ada beberapa hal yang mesti dikerjakan, di antaranya:

1) Pastikan bahwa anda sebagai pemimpin telah menjelaskan sasaran-sasaran yang ingin dicapai organisasi. Penjelasan perihal sasaran, dengan cara yang baik kepada tim anda, akan mampu membuat mereka menyerap segala sesuatunya secara seksama.

Jika sasaran organisasi anda adalah “menciptakan kehidupan lebih baik melalui pengolahan sampah terpadu”, misalnya, maka jelaskanlah kepada mereka segala ihwal yang berkaitan dengan sasaran tersebut.

Cara yang demikian membantu anak buah anda bekerja secara maksimal, dan juga akan membantu anak buah anda berkembang secara maksimal.

2) Inti dari semuanya (sekali lagi) adalah komunikasi. Oleh karena itu anda sebagai seorang yang mengkomunikasikan ide-ide dan perintah, mesti mengkomunikasikan sasaran-sasaran tersebut kepada anggota anda dan berusaha mendengarkan umpan balik yang anda berikan kepada mereka.

Umpan balik yang berasal dari anak buah akan membantu anda meraih hasil maksimal dalam setiap kegiatan/tugas yang akan dikerjakan di masa depan.

Selain itu, umpan balik juga akan membantu anda mengevaluasi segala hal buruk berkenaan dengan kinerja sebuah organisasi di mana ada banyak orang yang terhubung dalam satu jaringan. Oleh karena itu, cobalah memahami bahwa semua ini intinya adalah komunikasi. Tanpa komunikasi yang baik, sasaran-sasaran takkan tercapai dan perusahaan akan bergerak mundur.

Penting bagi anda, seorang pemimpin, untuk percaya bahwa komunikasi merupakan hal paling utama dalam gerak setiap organisasi. Apapun yang terjadi, di antara anda dan anggota anda, semua itu adalah perkara bagaimana anda mengkomunikasikan segala macam kata dan kalimat secara maksimal.

Konsep seperti ini rupanya terkait juga dengan peran dan konsep pemimpin sebagai motivation stimulator di mana stimulus yang berasal dari kata-kata menjadi ujung tombaknya.

7 Ilmu Powerful yang akan Mengubah Nasib dan Masa Depan Anda. JANGAN DI-KLIK, jika Anda sudah Merasa Sukses.

Free Slides dan Ebook

Dapatkan 7 Presentasi Wow + 5 Buku Dahsyat tentang Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!