Leadership Skills dan Pemimpin Sebagai Motivation Stimulator

Kali ini kita akan berbicara fungsi terakhir, yakni pemimpin sebagai motivation stimulator. Mengapa fungsi ini termasuk dalam satu mata rantai yang krusial bagi seorang pemimpin?

Tidak lain karena posisi pemimpin itu sendiri yang berada di tengah-tengah. Sebagai seorang yang menjadi pusat, seorang pemimpin akan selalu dimintai nasihat dan pandangan-pandangan tertentu atas berbagai fenomena yang terkait dengan organisasi yang dipimpinnya.

Oleh karena itu tidak heran bahwa seorang pemimpin merupakan “manusia super” di mana orang-orang akan datang kepadanya, meminta nasihat, atau berbincang anak buahnya. Pemimpin juga adalah seorang yang mampu menciptakan kondisi di mana visinya akan menjadi panduan bagi organisasi yang dipimpinnya.

Karena hal-hal itulah, pemimpin menjadi sebuah sentra penting bagi kelangsungan hidup organisasi.

Meskipun demikian, kita telah mengetahui bahwa pemimpin tidak bisa bekerja sendirian mengembangkan organisasi. Harus ada orang-orang yang membantunya mengurus segala hal, segala tetek bengek yang berkaitan dengan tugas/proyek tertentu yang mesti dikerjakan secara bersama-sama. Ini bukan berarti bahwa sebuah organisasi merupakan tip