Pelatihan Motivasi Karyawan Hanya Buang-buang Uang Saja?

Jika Anda adalah seorang karyawan yang diharuskan bekerja 5 hari dalam seminggu dengan jam kerja kurang lebih 8-9 atau lebih, tentu pada suatu titik Anda akan merasakan kejenuhan. Entah kejenuhan akan pola kerja yang selalu sama setiap harinya.

Ataupun kejenuhan yang diakibatkan sudah terlalu lelah menghadapi tantangan pekerjaan serta kemacetan yang harus ditempuh untuk bisa sampai ke kantor.Keduanya memiliki dampak yang sama terhadap diri sendiri maupun perusahaan, yaitu menurunnya produktivitas kerja.

Penurunan produktivitas dan kinerja karyawan akan sangat merugikan. Tidak hanya pada perusahaan juga terhadap diri sendiri. Kerugian terhadap perusahaan biasanya dikarenakan target yang tidak tercapai dari masing-masing individu karyawan dan bisa saja terjadi konflik-konflik dalam perusahaan yang diakibatkan oleh permasalahan karyawan.

Untuk diri sendiri, penurunan kinerja tentu akan membuat atasan mengevaluasi ulang prestasi kita. Jika semakin parah, bisa saja terjadi pemecatan karyawan.

Anda tentu tidak ingin hal ini terjadi. Untuk itu biasanya, pada periode tertentu, perusahaan akan mengadakan pelatihan motivasi karyawan yang bertujuan meningkatkan kembali kinerja dan semangat para karyawan dalam bekerja. Jika pun tidak diadakan perusahaan, Anda sebaiknya mulai mencari pelatihan motivasi secara mandiri, demi meningkatkan prestasi dan kinerja Anda dalam bekerja.

Apa pentingnya mengikuti atau mengadakan pelatihan motivasi untuk karyawan? Untuk karyawan, motivasi ibarat dengan bahan bakar tambahan yang dapat meningkatkan produktivitas dan kinerja karyawan. Dengan begitu karyawan akan bekerja lebih semangat, efisien, kreatif serta efektif.

Yang kedua adalah dengan mengikuti pelatihan motivasi, karyawan menjadi semakin tahu dan mendalami tujuan dan target yang ingin dicapai perusahaan tempat mereka bekerja.

Dengan kata lain, pelatihan ini memberikan tujuan untuk dicapai oleh para karyawan. Sehingga karyawan dapat bekerja dengan lebih terarah, terorganisasi dengan baik, dan kompak. Jika hal ini bisa dicapai, tentu akan membawa keuntungan besar bagi perusahaan.

Dengan semakin tingginya persaingan bisnis dan industri dewasa ini, pelatihan motivasi untuk karyawan dinilai penting untuk diselenggarakan secara rutin dalam periode tertentu agar dapat meningkatkan kinerja. Karena dengan semakin meningkatnya kinerja para karyawan, target yang semakin tinggipun niscaya akan dapat dicapai.

Hal inilah yang seharusnya sudah mulai disadari oleh para perusahaan bahwa mengadakan pelatihan motivasi bukan merupakan sebuah pengeluaran yang tidak berguna. Melainkan, pelatihan ini akan berfungsi seperti investasi bagi perusahaan. Dimana perusahaan akan dapat mencetak karyawan-karyawan berprestasi yang akan menjadi motor dalam meningkatkan pencapaian target perusahaan nantinya.

Berikut akan dijelaskan manfaat dari pelatihan motivasi karyawan:

1. Meningkatkan motivasi yang dapat memberikan keberanian lebih kepada karyawan untuk dapat bersaing secara sehat, menyampaikan pendapat dan ide, mengimplemetasikan ide, dan keberanian untuk menghilangkan kebiasaan buruk.

2. Karyawan dapat belajar kiat-kiat untuk mengatasi kebosanan dalam bekerja

3. Pelatihan motivasi dapat memberikan kiat atau tips untuk bagaimana cara yang tepat untuk para karyawan dalam menghadapi kegagalan. Hal ini cukup penting dikarenakan banyak karyawan yang menjadi putus asa jika menghadapi kegagalan. Padahal, sebaiknya kegagalan itu menjadi cambuk agar kita dapat bangkit lebih tinggi dan kuat daripada sebelumnya.

4. Pelatihan motivasi dapat membantu menciptakan suasana kerja yang dinamis dan enerjik. Antar sesama karyawan pun dapat saling menciptakan kekompakan, persaingan sehat, serta loyalitas terhadap perusahaan. Sehingga akan tercipta keharmonisan suasana kerja yang tentu saja akan menguntungkan perusahaan.

7 Ilmu Powerful yang akan Mengubah Nasib dan Masa Depan Anda. JANGAN DI-KLIK, jika Anda sudah Merasa Sukses.

Free Slides dan Ebook

Dapatkan 7 Presentasi Wow + 5 Buku Dahsyat tentang Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!