Cara Melakukan Monitoring Kinerja Tim agar Hasil Kerja Maksimal

Setiap dunia kerja pasti memiliki setiap bidang pekerjaan yang berbeda. Walaupun satu atap namun bidang pekerjaan ini dibedakan dan dibuat ke dalam tim-tim kecil yang berkelompok dengan tujuan agar dalam bekerja para karyawan bisa maksimal.

Bukankah semakin banyak kepala maka pekerjaan akan semakin mudah untuk diselesaikan? Namun, ada juga kendala yang seringkali di hadapi dalam bekerja bersama di sebuah tim terutama masalah ego yang terkadang berbenturan dan menjadikan selisih paham dalam pengambilan kebijakan atau keputusan.

Untuk itulah dibutuhkan monitoring dari atasan agar pekerjaan setiap tim tetap berjalan di koridor yang benar dan memberikan hasil yang maksimal sesuai dengan yang diharapkan.

Memonitor banyak orang bukanlah suatu kendala yang mudah mengingat setiap orang berhak berekspresi dan mengemukakan pendapat. Seringkali atasan terlalu percaya dengan anak buahnya apalagi jika dia cukup lihai dalam mengambil hati atasannya.

Namun Anda jangan terlena ketika hal itu terjadi sehingga tidak akan ada kesalahan-kesalahan di kemudian hari yang membuat Anda menyesal percaya begitu saja kepada orang yang salah. Anda tetap harus tegas dan berwibawa sedekat apapun dengan karyawan sehingga mereka tetap menjalankan kewajibannya dengan maksimal dan tertib.

Kemudian, lakukan review atau evaluasi paling tidak satu kali dalam setiap minggunya untuk melihat sejauh mana kinerja mereka dalam menyelesaikan suatu pekerjaan yang diberikan.

Jika dalam waktu 1 minggu mereka tidak menghasilkan apa-apa maka Anda wajib bertanya akan kendala atau permasalahan apa yang sebenarnya mengganjal dan menjadi halangan sehingga waktu tidak semakin banyak terbuang percuma.

Jangan lupa untuk memberi target atau tenggat waktu batas penyelesaian suatu pekerjaan tersebut sehingga mereka juga terbiasa bekerja dengan deadline dan tidak bersantai-santai seakan tidak ada beban.

Saat evaluasi, berikan kesempatan kepada setiap anggota tim untuk menyampaikan hasil atau progress dari bidang pekerjaan yang dikuasainya sehingga dirinya juga merasa diawasi dan diperhatikan oleh atasan.

Mintalah bentuk soft file atau copy hard file sehingga mereka terbiasa menuangkan semua dalam bentuk laporan resmi yang setelah proses evaluasi bisa kembali Anda baca untuk kemudian jika ada koreksi dan masukkan yang akan diberikan pada evaluasi tahap selanjutnya. Tidak ada salahnya Anda satu atau dua kali memanggil masing-masing tim atau anggota nya untuk bicara empat mata mengenai pekerjaannya , mungkin saja mereka merasa sungkan saat sedang evaluasi bersama atau mungkin ada ide yang secara khusus ingin mereka sampaikan langsung kepada Anda.

Dalam proses evaluasi usahakan untuk menciptakan moment yang santai namun tetap serius seperti misalnya mengadakannya di café diluar kantor sehingga suasana bisa sedikit mencair. Anda juga bisa meminta mereka untuk kapan saja menghubungi jika memang ada permasalahan yang harus dibahas saat itu juga tanpa harus menunggu moment evaluasi minggu selanjutnya. Jangan pelit untuk sekedar memberikan motivasi ketika pekerjaan yang mereka jalankan setiap tim berjalan dengan baik. Pujian atau ucapan positif akan semakin membuat mereka bersemangat untuk terus bekerja dengan baik.

Setiap tim pasti memiliki kendala sendiri-sendiri dan usahakan jangan membandingkan antara tim satu dan yang lainnya agar tidak menimbulkan rasa benci atau iri hati. Tugas Anda adalah memonitor dan memastikan sejauh mana hasil yang mereka dapatkan dengan target yang ditetapkan walaupun pada akhirnya tetap akan ada penilaian untuk setiap tim yang terbaik.

GRATIS - 7 materi presentasi yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Free Slides dan Ebook

Dapatkan 7 Presentasi Wow + 5 Buku Dahsyat tentang Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!