Ilmu Motivasi dan Teori Need for Achievement

Dalam hidup ini tak seorang pun yang tidak membutuhkan motivasi, motivasi bisa mendorong seseorang menjadi lebih baik dan bangkit dari masalahnya. Anda pun tak lepas dari namanya motivasi, baik motivasi dari dalam diri sendiri maupun dari orang lain.

Lalu, apa sih yang dinamakan motivasi sehingga banyak orang yang membutuhkannya? Motivasi merupakan spirit yang bisa datang dari dalam diri seseorang dan motivasi tersebut juga bisa hilang dengan sendirinya tanpa disadari.

Motivasi bisa diartikan sebagai pendorong ke arah yang lebih baik lagi. Motivasi ini bisa menjadi daya penggerak utama bisa seseorang untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Yang pasti, Anda pernah memiliki cita-cita atau bahkan saat ini Anda juga masih bercita-cita, apa yang membuat Anda tetap pada tujuan tersebut?

Salah satu hal yang penting untuk mencapai tujuan tersebut adalah adanya motivasi. Berbicara soal motivasi memang tak lepas dari beberapa teori yang diungkapkan oleh para ahli. Salah satu teori yang sering diperbincangkan adalah teori kebutuhan McClelland. Teori motivasi ini dikemukakan oleh David McClelland dan beberapa rekannya dan teori ini berpusat pada kebutuhan-kebutuhan manusia.

Beberapa kebutuhan yang diungkapkan dalam motivasi tersebut adalah kebutuhan untuk pencapaian ( need for achievement), kebutuhan kekuasaan ( need for power) dan kebutuhan hubungan ( need for affiliation).

Beberarapa kebutuhan yang diungkapkan pada teori motivasi ini memang banyak dialami oleh manusia. Dalam konteksnya, konsep teori kebutuhan yang dikemukakan oleh David M cClelland ini menyatakan bahwa kebutuhan pencapaian adalah suatu dorongan untuk pencapaian standart dan mereka akan berjuang untuk mencapai hasil tersebut.

Konsep kebutuhan akan kekuatan yang dikemukakan dalam teori motivasi kebutuhan merupakan suatu keinginan untuk mendapatkan pengaruh, menjadi lebih berpengaruh dan bisa mengendalikan manusia lainnya.

Kebutuhan ini banyak dimiliki oleh kubutuhan atas kekuasaan maupun otonomi. Jika ada individu yang memiliki kebutuhan kekuasaan ini maka dia lebih suka untuk bertanggung jawab dan berjuang agar orang lain terpengaruh pada kekuasaannya.

Dia juga lebih suka untuk berorientasi pada status yang dimilikinya dan lebih sangat khawatir dengan kewibawaannya dan juga pengaruh yang didapatkan daripada kinerja yang lebih efektif.

Dalam motivasi kebutuhan ini juga terdapat konsep kebutuhan untuk mendapatkan hubungan sosial yang lebih baik dalam lingkup kerja. Kebutuhan tersebut bisa dilakukan dengan cara menjalin hubungan yang lebih baik dengan beberapa rekan kerja dan lebih menyukai situasi yang kooperatif.

Teori motivasi kebutuhan memang banyak terjadi di sekitar kita, Anda bisa merasakan adanya teori ini yang Anda alami sendiri di lingkungan sekitar terutama lingkungan kerja Anda.

Anda akan memiliki kebutuhan yang sangat tinggi untuk mencapai sesuatu sekalipun Anda bukanlah seorang manajer ataupun seorang direktur yang baik.

Banyak individu yang termotivasi dengan karena kebutuhan yang tinggi dan mereka akan bersaing untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Kebutuhan tersebut menuntut mereka untuk mencoba mendapatkan kepuasan untuk melakukan hal-hal yang lebih baik lagi.

Mereka yang berprestasi tinggi secara langsung bisa memiliki kinerja yang tinggi. Bagaimana dengan motivasi kekuasaan? Apakah dalam kehidupan Anda juga terjadi? Tentunya beberapa orang juga ingin memiliki kekuasaan entah di lingkungan yang luas ataupun haya satu lingkungan saja.

Dalam teori motivasi kekuasaan, individu akan memiliki motivasi yang kuat untuk mengendalikan dan mempengaruhi orang lain. Dia menginginkan pandangan dan juga idenya mendominasi orang lain sehingga dia bisa memimpin.

Sama halnya dengan motivasi kekuasaan, motivasi hubungan juga dibutuhkan dalam kehidupan. Motivasi ini mempunyai dorongan untuk lingkungan sehingga individu akan bekerja dengan baik untuk timnya. Jika Anda memiliki kebutuhan hubugan dan juga kebutuhan kekuasaan maka Anda akan memiliki keterkaitan hubungan manajerial yang cukup baik.

Teori motivas kebutuhan pada dasarnya memang sering di alami oleh banyak orang dalam kehidupan ini. Anda tidak menyadari bahwa teori motivasi ini memang menjadi dorongan bagi diri Anda untuk mencapai sukses. Dengan motivasi hidup Anda akan jauh lebih baik dan tentunya semua yang Anda cita-citakan akan lebih mudah tercapai.

GRATIS - 7 materi presentasi yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Free Slides dan Ebook

Dapatkan 7 Presentasi Wow + 5 Buku Dahsyat tentang Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!