Contoh SOP Bagian Pemasaran

SOP merupakan singkatan dari Standard Operating Procedure atau yang bila diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia menjadi Prosedur Standar Operasi (PSO) adalah sebuah sistem yang dibuat untuk memastikan alur dari suatu pekerjaan sudah sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh perusahaan yang bersangkutan.

Sistem ini bisa dipergunakan sebagai sumber acuan sebuah pekerjaan dari awal sampai akhir.

SOP itu sendiri akan berbeda satu sama lain tergantung dari ruang lingkup atau bidang pekerjaannya. Dalam sebuah perusahaan, salah satu jenis SOP yang wajib dibuat yaitu SOP dalam bidang Pemasaran atau Marketing.

Mereka yang bekerja dalam bidang ini hendaknya tidak terjebak dalam satu pola pikir bahwa pemasaran lebih pada upaya untuk menjual produk atau jasa yang ada.

Pemasaran itu sendiri meliputi aspek yang sangat luas dan secara umum meliputi 3 aspek yaitu riset, komunikasi atau promosi dan penjualan.

Jika Anda ingin mendapatkan materi presentasi dan materi training yang bagus tentang Manajemen Pemasaran dan Manajemen Bisnis, silakan KLIK DISINI.

Riset
Riset disini lebih mengacu pada upaya untuk mengetahui dengan pasti apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh konsumen.

Bila produk yang dijual berupa produk pembersih ruangan, maka perlu dicari tahu kualitas pembersih ruangan seperti apa yang diinginkan oleh para konsumen, sehingga sang produsen bisa membuat produk mereka sesuai dengan harapan masyarakat. Tidak hanya itu, bahan hasil riset ini juga nantinya bisa dipergunakan dalam upaya mempromosikan produk tersebut ke khalayak luas.

Komunikasi atau Promosi
Hal ini merupakan salah satu langkah strategis dalam strategi atau SOP pemasaran. Upaya promosi ini pada dasarnya adalah upaya untuk mengkomunikasikan atau memberitahukan kepada masyarakat, terutama segmen pasar yang dituju mengenai keberadaan produk tersebut.

Bentuk promosinya bisa berbagai macam mulai dari iklan di radio, majalah, TV, internet atau bisa juga melalui bentuk promosi secara terbuka misalnya dengan pengadaan acara peluncuran produk atau misalnya pengadaan acara yang disponsori oleh produk tersebut.

Download NOW >> Materi pelatihan yang sangat bagus mengenai manajemen pemasaran dan marketing plan.

Intinya adalah membuat masyarakat menyadari akan adanya keberadaan produk tersebut dan membuat mereka merasa tertarik untuk mempergunakannya.

Misalnya saja, sebuah produsen pembersih ruangan ingin mempromosikan produk terbaru mereka dengan menyasar beberapa segmen konsumen.

Hal ini bisa dilakukan dengan melakukan penekanan pada beberapa kualitas dari produk tersebut misalnya saja:

• Produk A ampuh membersihkan kuman, untuk menyasar konsumen yang peduli akan higienitas
• Produk A murah harganya, untuk menyasar konsumen yang memiliki budget yang rendah
• Produk A tersedia dalam beberapa pilihan wangi, untuk menyasar konsumen yang menyukai adanya berbagai pilihan untuk satu produk

Penjualan
Aspek penjualan yang dimaksud disini lebih mengacu pada bagaimana cara produsen membuat produk tersebut bisa didapatkan oleh masyarakat. Hal ini erat kaitannya dengan distribusi dan pemilihan lokasi penjualan yang tepat.

Jenis produk tertentu, tentunya hanya bisa dijual di tempat tertentu saja misalnya produk otomotif yang hanya bisa didapatkan di toko otomotif atau bengkel-bengkel yang ada baik bengkel besar maupun kecil.

Selain itu, aspek yang satu ini juga mencakup upaya kerjasama antara produsen dengan para penjual sehingga mereka bisa menyebarluaskan produk mereka dengan lebih mudah dan tentunya dapat menjangkau konsumen dalam jumlah yang lebih besar.

Penyusunan SOP Pemasaran
Dalam menyusun SOP pemasaran ataupun jenis SOP lainnya, pada umumnya ada tiga tahap yang pelru dilalui yaitu :
• Menentukan jenis pekerjaan
• Membuat alur kerjanya
• Menuliskan alur kerja tersebut dalam bentuk yang diinginkan baik bentuk narasi atau uraian, bentuk tabel dan bentuk bagan atau flowchart.

Karena dalam bidang pemasaran ada begitu banyak aspek atau jenis pekerjaan yang bisa dilakukan, maka kita perlu menspesifikasi jenis pekerjaan apa yang akan dilakukan, misalnya saja jenis pekerjaan promosi. Berikut ini contoh SOP Pemasaran khususu untuk jenis pekerjaan promosi produk dalam format uraian atau narasi:

Download NOW >> Materi pelatihan yang sangat bagus mengenai manajemen pemasaran dan marketing plan.

Manajer Pemasaran
1. Merencanakan dan jenis promosi yang dibutuhkan untuk produk terbaru dari perusahaan
2. Memohon persetujuan dari atasan
3. Bila persetujuan sudah didapatkan, maka dilanjutkan dengan penugasan tim kreatif dalam merancang desain iklan yang ada

Tim Kreatif
1. Menetapkan materi promoo yang akan dimasukkan dalam iklan yang akan dibuat
2. Membuat desain iklan sesuai yang diperintahkan oleh manajer pemasaran baik dalam bentuk tertulis atau media elektronik
3. Meminta persetujuan dari atasan atau dalam hal ini manajer pemasaran mengenai jenis desain yang cocok dan sesuai dengan visi misi perusahaan

Tim Tekhnis
1. Membuat desain iklan yang sudah ada menjadi bentuk nyata baik secara fisik misalnya brosur atau mensyuting adegan iklan bila hendak disebarkan melalui media televisi
2. Pemasangan iklan di media yang sudah ditentukan oleh tim kreatif

Jelas terlihat bahwa dalam pembuatan sebuah promosi atau iklan, dibutuhkan beberapa pihak dan masing-masing pihak memiliki jenis pekerjaan mereka sendiri seperti yang tercantum jelas dalam SOP seperti contoh diatas.

Download NOW >> Materi pelatihan yang sangat bagus mengenai manajemen pemasaran dan marketing plan.

Free Slides dan Ebook

Dapatkan 7 Presentasi Wow + 5 Buku Dahsyat tentang Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!