Cara Ampuh untuk Melakukan Negosiasi Bisnis yang Efektif

Dalam dunia bisnis, negosiasi merupakan suatu hal yang wajar dan sering dilakukan. Negosiasi merupakan salah satu cara untuk mengembangkan bisnis dengan cara membangun partner kerja yang baik.

Dengan melakukan negosiasi yang baik, maka pelaku bisnis dapat mendapatkan kesempatan memperluas dan mengembangkan usaha bisnisnya menjadi lebih maju lagi. Jadi, sebelum Anda melakukan bisnis, pelajari dulu cara bernegosiasi yang baik.

Banyak pelaku bisnis khususnya pemula masih tidak tahu cara bernegosiasi yang baik dengan partner kerja. Dalam bernegosiasi, dibutuhkan tips dan triks yang harus dipelajari agar negosiasi berjalan lancar sesuai dengan harapan.

Jadi negosiasi bukan hanya sekedar memenangkan perdebatan, tapi ada tata cara yang harus dilakukan dan dipatuhi untuk dapat terlaksananya negosiasi yang baik. Berikut adalah tahapan-tahapan yang harus dilakukan dalam bernegosiasi.

Awali dengan Senyum dan Sapa
Saat memulai negosiasi, Anda haruslah tersenyum dan menyapa rekan partner kerja Anda agar negosiasi tercipta dan terlaksana dengan baik. Dengan senyuman dan sapaan, maka partner bisnis akan merasa senang bertemu dan memulai negosiasi dengan Anda. Perkenalkan juga diri Anda dengan nada yang tegas, santun dan ramah agar partner kerja dapat merasa nyaman bicara dengan Anda.

Jelaskan Produk Secara Detail
Saat Anda menjelaskan dan mempresentasikan tentang produk Anda, pastikan bahwa Anda menjelaskan produk secara detail dan jelas. Bukan hanya rincian produk, partner kerja biasanya juga akan bertanya mengenai sejarah dan profil dari pelaku bisnis. Oleh karena itu, apapun yang ditanyakan, selalu berikan jawaban yang tegas dan jelas tanpa ragu-ragu. Sebaiknya sebelum melakukan negosiasi persiapkan segalanya dengan baik agar setiap pertanyaan dapat dijawab dengan tepat.

Pahami Karakter Partner Negosiasi
Saat bernegosiasi, Anda mungkin akan menemui berbagai jenis orang dengan karakter yang berbeda-beda. Oleh karena itu, Anda harus menyesuaikan diri dengan watak dan karakter dari partner Anda. Bersikaplah semestinya sesuai dengan karakter partner Anda. Misalnya jika partner Anda bersikap pasif, maka Anda haruslah lebih aktif.

Jelaskan Keunggulan Produk
Dalam dunia bisnis selalu saja ada produk-produk yang hampir sama. Hal ini sudah menjadi hal yang sangat wajar dalam bisnis. Oleh karena itu, meskipun produk Anda juga sama dengan beberapa usaha bisnis lainnya, pastikan bahwa produk memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh produk lainnya. Hal inilah yang harus Anda jelaskan kepada partner bisnis Anda saat bernegosiasi, yaitu mengenai keunggulan-keunggulan dari produk yang Anda tawarkan.

Dengarkan Masukan dan Kritikan
Dalam menjalankan bisnis, pelaku bisnis tidak selalu benar. Jadi, saat partner Anda memberikan kritikan-kritikan tentang produk yang ditawarkan, maka Anda harus menjadi pendengar yang baik dan menerima semua kritikan dan masukan yang diberikan. Dengan mendengarkan kritikan dan masukan, maka bisnis Anda akan menjadi semakin lebih baik lagi.

Penentuan Harga
Saat menjalankan bisnis, Anda tidak perlu ragu dalam menentukan harga. Biasanya pelaku bisnis takut menentukan harga karena ada banyak produk lain yang lebih murah. Akan tetapi, jika memang harga yang ditentukan sesuai dengan kualitas, maka harga yang mahal pun tidak jadi masalah. Jadi, bersikap tegaslah dalam menentukan harga berdasarkan dengan modal yang dihabiskan untuk bisnis tersebut.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memulai negosiasi bisnis. Pelajari dengan baik tata-caranya agar negosiasi dapat berjalan dengan lancar sesuai yang diinginkan. Pastikan juga untuk menguasai produk-produk yang akan dijual sehingga partner bisnis Anda dapat mendapatkan gambaran yang jelas mengenai produk yang Anda jual.

GRATIS - 7 materi presentasi yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Free Slides dan Ebook

Dapatkan 7 Presentasi Wow + 5 Buku Dahsyat tentang Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!