Panduan dan Tips Cara Menghadapi Wawancara Kerja

Masuk ke sesi wawancara bagi seorang pencari kerja tentunya sudah menjadi babak yang membahagiakan bagi seorang calon karyawan, sebab tidak semua orang bisa sampai ke tahapan ini.

Artinya, bila Anda sudah sampai pada tahapan ini, maka sangat penting bagi Anda untuk menjaga sebaik-baiknya kesempatan yang ada. Bagi mereka yang masih baru pertama kali melakukan wawancara, tentunya ini menjadi hal yang sangat menegangkan.

Ketahui bagaimana tips dan cara menghadapi wawancara dalam kerja, agar Anda bisa sukses diterima di tempat kerja yang Anda impikan tersebut.

Ada banyak pertanyaan sulit yang sebenarnya sama diberikan pada setiap kali wawancara kerja. Banyak orang akhirnya gagal karena tak tau jawaban standar yang harus diberikan, padahal ada banyak informasi di banyak tempat yang memberikan kunci jawaban pada pertanyaan tersebut.

Berikut ini beberapa pertanyaan yang dianggap paling sulit beserta jawaban standar yang bisa diberikan:

Beritahukan kami tentang diri Anda?

Biasanya ini merupakan pertanyaan pembuka, karena itu jangan menghabiskan terlalu banyak waktu untuk menjawabnya. Berikan jawaban yang menjawab empat subjek: tahun-tahun terakhir, pendidikan, sejarah kerja, dan pengalaman karir terakhir.

Jika Anda ingin mendapatkan daftar rahasia pertanyaan yang biasa diajukan dalam Tes Wawancara Kerja, silakan KLIK DISINI.

Apa yang Anda ketahui tentang kami?
Ketika pertanyaan ini dikeluarkan, anda diharapkan mampu mendiskusikan produk atau pelayanan, pendapatan, reputasi, pandangan masyarakat, trget, permasalahan, gaya managemen, orang-orang di dalamnya, sejarah, dan filosofi perusahaan.

Berikan jawaban yang memberitahu pewawancara bahwa Anda meluangkan waktu mencari tahu tentang perusahaan tersebut, namun jangan beraksi seperti Anda tahu segalanya tentang perusahaan tersebut, tunjukan keinginan mempelajari lebih banyak tentang perusahaan tersebut, dan jangan memberikan jawaban negatif seperti “Saya tahu perusahaan anda mengalami problema-problema, itu alasan saya disini”.

Tekankan keunggulan perusahaan dan minat Anda terhadap hal tersebut.
Apa yang dapat Anda berikan pada kami (yang orang lain tidak bisa beri)?

Sebutkan prestasi-prestasi dan jenjang karir yang Anda telah capai. Sebutkan kemampuan dan hal-hal yang menarik perhatian Anda, gabungkan dengan sejarah Anda mencapai hal-hal itu.

Sebutkan kemampuan Anda menentukan prioritas, mengidentifikasi masalah, dan
Apa yang paling menarik menurut Anda dari pekerjaan ini? Dan apa yang paling tidak menarik?

Sebutkan tiga sampai empat faktor menarik dari pekerjaan yang anda hendak ambil dan satu hal kecil sebagai faktor yang kurang menarik.

Mengapa kami harus merekrut Anda?

Pertanyaan ini saam seperti pertanyaan nomor empat, sebutkan saja kemampuan-kemampuan Anda yang mampu mendukung perusahaan tersebut.

Apa yang Anda cari di dalam sebuah pekerjaan?
Berikan jawaban yang berkisar pada oportunitas di dalam organisasi. Beritahukan pewawancara kalau Anda ingin memberikan kontribusi dan dikenali. Hindari jawaban yang mempersoalkan kesta