Pendekatan dalam Penilaian Kerja Karyawan

Dalam sebuah perusahaan ataupun sebuah organisasi sering disebutkan mengenai kinerja atau performance dari karyawan yang bekerja ditempat tersebut.

Kinerja karyawan itu sendiri adalah hasil kerja seseorang dalam jangka waktu tertentu dilihat dari berbagai standar yang sudah diterapkan dan sudah disepakati bersama.

Penilaian kinerja atau performance dari karyawan tersebut dilakukan secara berkala sebagai salah satu bagian dari evaluasi karyawan secara keseluruhan.

Jika Anda ingin mendapatkan materi presentasi dan materi training yang bagus tentang Manajemen Bisnis dan Strategi Pengembangan SDM, silakan KLIK DISINI.

Penilan kinerja karyawan itu sendiri memiliki tujuan yang berbeda-beda yang bisa dikelompokkan dalam beberapa kelompok kecil mulai dari penilaian kinerja yang bertujuan untuk membandingkan antara satu karyawan dengan yang lain, penilaian yang bertujuan untuk melihat perubahan kinerja seseorang dari waktu ke waktu, sistem penilaian yang merupakan bagian dari pemeliharaan system dan juga system penilaian yang berfungsi untuk mendokumentasikan adanya perubahan atau keputusan dalam system sumber daya manusia dalam perusahaan tersebut secara keseluruhan.

Semua pihak bisa mendapatkan manfaat dari system penilaian atau evaluasi ini sendiri mulai dari sang karyawan itu sendiri, atasan mereka dan juga pihak perusahaan secara keseluruhan.

Bila hendak dijabarkan lebih lanjut maka keuntungan yang didapatkan oelh masing-masing pihak tersebut meliputi banyak hal.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Bagi karyawan itu sendiri, hasil evaluasi bisa merupakan cambuk bagi mereka untuk meningkatkan motivasi, pengetahuan dan kemampuan mereka dalam melakukan pekerjaan mereka.

Bagi atasan mereka, manfaat yang bisa didapatkan adalah kesempatan untuk melihat secar umum kelebihan dan kekurangan dari karyawan mereka sehingga mereka bisa menyusun cara atau strategi untuk memanfaatkan kelebihan tersebut dan bagaimana cara mengatasi atau mensiasati kekurangan yang ada.

Jika Anda ingin mendapatkan materi presentasi dan materi training yang bagus tentang Manajemen Bisnis dan Strategi Pengembangan SDM, silakan KLIK DISINI.

Secara umum, manfaat yang dirasakan oleh proses evaluasi tersebut bagi perusahaan itu sendiri adalah peningkatan kinerja dan juga efisiensi secara keseluruhan yang artinya membawa perusahaan tersebut kearah yang lebih baik.

Secara teori ada 4 tekhnik atau 4 pendekatan yang digunakan dalam melakukan penilaian kinerja dari karyawan disebuah perusahaan dan keempat metode tersebut adalah:

• Pendekatan perbandingan
Pendekatan ini lebih menyandarkan prinsipnya pada membandingkan kinerja seseorang dengan orang lainnya. Ada 4 methode yang digunakan dalam pendekatan ini dan mereka adalah ranking langsung, rangking alternative, pendekatan berpasangan, dan yang terkahir adalah metode distribusi paksaan

• Pendekatan berdasarkan sifat
Pendekatan ini menggunakan beberapa faktor sifat atau attribute yang dijadikan dasar penilaian. Pendekatan ini menggunakan 2 meode yaitu metode skala rating graik dan skala standar campuran

• Pendekatan berdasarkan hasil
Pendekatan ini menggunakan 3 cara yaitu manajemen berdasarkan sasaran, pendekatan standar kinerja dan yang terakhir adalah pendekatan indeks langsung

• Pendekatan berdasarkan perilaku
Proses evaluasi kinerja karyawan menggunakan metode ini menggunakan 3 macam cara yaitu berdasarkan kejadian kritis, skala rating mengenai perilaku yang sudah diberi nilai dan skal pengamatan perilaku.

Tidak ada aturan yang baku mengenai sistem penilaian yang mana yang akan dipergunakan.

Masing-masing perusahaan biasanya sudah memiliki standar penilaian tersendiri yang sudah mereka sepakati sebelumnya. Pada umumnya lembar penilaian kinerja ini sudah tercetak dengan baik pada selembar kertas yang berisikan faktor-faktor penilaian, skala dan juga definisi dari faktor tersebut.

Hal ini untuk memudahka para evaluator atau mereka yang bertanggung jawab dalam proses penilaian untuk melakukan pekerjaan mereka yang pada akhirnya akan disusun dalam bentuk sebuah laporan dan diserahkan kepada para atasan untuk menjadi bahan evaluasi dan pengembangan strategi ke masa depannya.

Jika Anda ingin mendapatkan materi presentasi dan materi training yang bagus tentang Manajemen Bisnis dan Strategi Pengembangan SDM, silakan KLIK DISINI.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Free Slides dan Ebook

Dapatkan 7 Presentasi Wow + 5 Buku Dahsyat tentang Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!