Tahap-tahap Kunci dalam Perkembangan Karir

Karir sering disebut sebagai sebuah pekerjaan yang dilakoni setiap orang dalam hidupnya.

Namun bisa dikatakan bahwa karir itu adalah urutan posisi seseorang dalam pekerjaan mereka dan biasanya urutan karir ini mulai dari paling bawah yang kemudian mulai menanjak perlahan-lahan sampai posisi paling atas.

Dalam dunia SDM atau pengembangan sumber daya manusia, ada beberapa istilah yang sering dikaitkan dengan karir itu sendiri mulai dari manajemen karir, konseling karir, pengembangan karir, tujuan karir dan juga jalur karir.

Download Contoh Lengkap Panduan Pengembangan KARIR SDM dan 9 Powerful HR Templates DISINI.

Mari kita telaah satu persatu istilah-istilah tersebut. Manajemen karir adalah proses pengelolaan karir pegawai yang meliputi semua tahapan mulai dari perencanaan, pengembangan dan pengambilan keputusan karir itu sendiri.

Kata manajemen dalam hal ini tidak hanya meliputi si pegawai tersebut tapi meliputi area yang lebih luas yaitu unit tempat pegawai tersebut bekerja dan juga organisasi tersebut secara keseluruhan.

Konseling karir itu sendiri adalah proses pengidentifikasian maslaah yang ada sehubungan dengan karir seseorang dan juga meliputi solusinya. Lalu ada juga pengembangan karir yang lebih mengarah pada cara mengidentifikasi potensi seseorang dan cara terbaik untuk mengembangkannya.

Tujuan karir adalah posisi yang menjadi sasaran utama seseorang setelah beberapa waktu terutama saat dirinya sudah memiliki semua kualifikasi yang dibutuhkan. Selain itu ada juga yang dinamakan dengan jalur karir atau pola urutan pekerjaan yang biasanya sudah terpampang dengan jelas khususnya pada sebuah organisasi yang mapan.

Dapat dikatakan bahwa manajemen karir itu sendiri meliputi semua hal yang berkaitan dengan pekerjaan seorang pegawai.

Jika Anda ingin mendapatkan materi presentasi dan materi training yang bagus tentang Manajemen Karir dan Strategi Pengembangan SDM, silakan KLIK DISINI.

Hal ini dimulai dari proses palign awal yaitu proses rekrutmen atau penerimaan pegawai, penempatan pegawai, pengembangan pegawai dan berakhir mana kala pegawai tersebut berhenti atau diberhentikan dari perusahaan tersebut.

Bila digambarkan lebin rinci maka ada beberapa sub proses pada masing-masing tahapan tersebut dan mereka adalah:
Tahap penerimaan pegawai atau rekrutmen yang meliputi pengumuman, seleksi dan orientasi serta tahap pra jabatan

• Tahap penempatan atau alokasi yang meliputi beberapa tahap mulai dari menentukan persyaratn kerja, sistem penempatan, penentuan prosedur seleksi, penentuan manajemen seleksi, dan seleksi relokasi itu sendiri.

• Tahap pelatihan dan pengembangan yang meliputi penentuan mekanismenya, pengembangan program dan juga riset serta evaluasi

• Tahap pemberhentian yang bisa terjadi karena pegawai itu diberhentikan atau memang karena pegawai tersebut sudah memasuki masa pensiun, atau ada hal-hal lain sperti transfer pegawai.

Dapat dilihat bahwa manajemen karir memang meliputi semua aspek dalam pekerjaan seorang pegawai, meliputi penentuan jenis pekerjaan yang diberikan bahkan sampai pada aspek-aspek kualitatif seperti yang diukur pada tahap pelatihan dan pengembangan karir.

Banyak jenis pelatihan yang khusus berbicara mengenai manajemen karir dalam sebuah perusahaan. Bisa dikatakan hampir semua pihak dalam perusahaan akan membutuhkan pelatihan manajemen karir itu sendiri.

Hal ini dikarenakan bahwa manajemen karir meliputi cara mereka mengatur perkembangan karir dari semua karyawna mereka bukan hanay dalam jangka pendek naman juga jangka panjang.

Perencanaan dan manajemen karir yang tertata dengan baik akan membawa manfaat bagi perusahaan itu sendiri dimana mereka dapat menempatkan orang yang tepat pada posisi yang tepat, melatih mereka untuk dapat mengembangkan potensinya dan pada akhirnya mengatu strategi tentang para pegawa yang sudah tidak dibutuhkan atau sudah waktunya berhenti.

Manajemen pegawai secara keseluruhan seperti ini membawa manfaat yang sangat besar terutama pada efektifitas dan produktifitas perusahaan secar aumum.

Download Contoh Lengkap Panduan Pengembangan KARIR SDM dan 9 Powerful HR Templates DISINI.

7 Ilmu Powerful yang akan Mengubah Nasib dan Masa Depan Anda. JANGAN DI-KLIK, jika Anda sudah Merasa Sukses.

Free Slides dan Ebook

Dapatkan 7 Presentasi Wow + 5 Buku Dahsyat tentang Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!