Peran Strategis Manajemen Sumber Daya Manusia

Jika anda adalah seorang pengusaha atau orang yang bertanngung jawab mengatur kinerja ogranisasi, maka anda pasti paham bahwa fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia juga merupakan sebuah hal penting dalam organisasi/perusahaan yang anda kelola.

Pada dasarnya sebuah organisasi atau perusahaan adalah sistem yang mengatur hubungan antar manusia. Hubungan antar manusia inilah yang kemudian memiliki potensi untuk membantu sebuah perusahaan/organisasi dalam mencapai berbagai tujuan yang sudah didesain sebelumnya.

Jelasnya, Manajemen Sumber Daya Manusia bertanggung jawab untuk mengelola semua yang berkaitan dengan manajemen karyawan dalam sebuah organisasi/perusahaan.

Download Katalog KPI dan Tabel Performance Appraisal Berbasis KPI DISINI

Inilah kiranya definisi dan peran strategis yang diemban oleh departemen pengembangan sumber daya manusia, atau Manajemen Sumber Daya Manusia.

Tentu apa yang telah kita pahami di atas berkaitan dengan definisi umum mengenai Manajemen Sumber Daya Manusia yang pastinya tidak sekedar soal bagaimana istilah tersebut didefinisikan.

Lalu berkaitan dengan peran strategis manajemen tersebut, hendaknya perlu dipahami bahwa ini juga mencakup fungsi-fungsi tertentu yang berada di bawah tangung jawab manajemen Sumber Daya Manusia.

Oleh karena itu, fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia juga perlu disebutkan di sini. Tujuannya supaya orang bisa mengenali apa persisnya peran strategis departemen yang mengatur Sumber Daya Manusia dan hubungan-hubungan yang tercakup di dalamnya.

Fungsi Departemen Sumber Daya Manusia
Kepala departemen Sumber Daya Manusia adalah sebuah jabatan yang diembang oleh seseorang yang bertugas mengatur dan mengontrol segala aspek yang berkaitan dengan Sumber Daya Manusia.

Berikut ini beberapa fungsi penting yang bisa dikenali dari seorang kepala Departemen SDM:

• Mengatur prosedur dan kebijakan spesifik terkait dengan perusahaan dan pekerjanya, termasuk mengatur ketenagakerjaan dan menaati hukum ketenagakerjaan yang berlaku. Fungsi ini dibikin untuk melindungi staf dan karyawan secara khusus, dan perusahaan secara umum.

• Mengatur dan menetapkan segala jenis proses dan sistem yang sifatnya mengatur kesepakatan jam kerja, jam istirahat, waktu cuti, dan lain sebagainya.

• Peran evaluasi terhadap sistem perusahaan dan membuat rekomendasi perbaikan bila diperlukan.
• Merancang peraturan sekaligus beberapa pedoman tentang proses seleksi karyawan baru dan perekrutan. Ini dirancang berdasarkan sistem yang berlaku dan kebutuhan perusahaan.

• Berperan sebagai wakil perusahaan dalam hal manajemen pekerja.
• Memberikan laporan berkala mengenai perkembangan kepemilikan Sumber Daya Manusia.
• Merancang pelatihan karyawan bila diperlukan.

• Menilai kinjera karyawan.
• Menerapkan strategi tertentu yang berkaitan dengan peningkatan kinerja karyawan.

• Mengatur segala hal yang melibatkan kebijakan prosedural, seperti cuti, gaji, bonus, pengunduran diri, pemecatan, dan lain sebagainya.

Kita telah melihat fungsi strategis manajemen Sumber Daya Manusia.

Dan pada hakikatnya bisa dipahami bahwa Sumber Daya Manusia merupakan sebuah hal krusial yang menopang keberlangsungan sebuah perusahaan. Perlu juga diketahui bahwa manajemen Sumber Daya Manusia juga terkait dengan aplikasi analisis atas kebutuhan perusahaan.

Artinya ketika perusahaan ingin menyesuaikan diri dengan perkembangan bisnis, teknologi, tren, dan lain-lain, maka manajemen SDM juga bertugas untuk menerapkan strategi penyesuaian tertentu, misalnya lewat sistem perekrutan atau pelatihan karyawan, atau membuang beberapa faktor yang menghasilkan inefisiensi.

Sudah pasti bahwa manajemen SDM mestilah diparalelkan dengan perubahan dari luar yang ikut mempengaruhi kehidupan organisasional.

Pendeknya, sebuah organisasi bisa sukses mengadaptasi perubahan jika ia bisa menciptakan lingkungan yang ditopang oleh perencanaan baik, strategi adaptasi yang modern, dan mampu mengorganisasi orang-orang dengan cara yang lebih efektif dan efisien.

Di sinlah peran manajemen SDM menjadi sangat krusial: ia bisa membantu perusahaan/organisasi beradaptasi dengan perubahan struktur lingkungan tempat perusahaan itu hidup.

Download Dokumen HR Strategy and HR Programs yang lengkap DISINI….

Free Slides dan Ebook

Dapatkan 7 Presentasi Wow + 5 Buku Dahsyat tentang Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!