Cara Melakukan Analisa Kebutuhan Pelatihan – TNA

Kebanyakan orang tentu sudah akrab dengan satu istilah yang kerap disebut manajemen Sumber Daya Manusia, meskipun pada saat bersamaan mereka belumlah paham betul tentang makna di balik istilah tersebut.

Dalam pengertiannya yang paling sederhana, manajemen Sumber Daya Manusia berarti sebuah proses umum digalakkan di lingkungan bisnis, di mana ada banyak orang – pekerja – yang diatur dan dikontrol melalui serangkaian sistem yang saling terhubung satu sama lain.

Proses ini meliputi segala aspek yang berhubungan dengan orang/pekerja, yakni perekrutan, seleksi, penggajian, manajemen kinerja, pelatihan dan sejenisnya.

Download Contoh BAGUS tentang Modul Pelatihan dan Training PLAN DISINI.

Setiap perusahaan yang melibatkan diri di sebuah bisnis mestinya akan juga mengimplementasikan beberapa proses dari manajemen Sumber Daya Manusia dengan sendirinya. Karena itu bisa dibilang Manajemen SDM merupakan sesuatu yang inheren, dan lebih jauh lagi, ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari proses tersebut.

Tentu pada hakikatnya akan ada banyak sekali hal yang bisa dibicarakan perihal manajemen SDM, namun agaknya di sini kita bisa memfokuskan pembahasan pada analisa kebutuhan pelatihan, satu elemen yang juga krusial karena fungsi pendidikannya.

Pendek kata, orang bisa melihat secara normatif, bahwa pelatihan bermanfaat besar bagi kemajuan perusahaan, khususnya bagi para karyawan dan karir mereka. Jadi ada dua sisi yang bisa dilindungi oleh program pelatihan SDM, yakni di satu sisi kemajuan perusahaan secara umum, dan karir karyawan secara khusus.

Meskipun begitu, apa yang telah dijelaskan seja