Cara Melakukan Analisa Kebutuhan Pelatihan – TNA

Kebanyakan orang tentu sudah akrab dengan satu istilah yang kerap disebut manajemen Sumber Daya Manusia, meskipun pada saat bersamaan mereka belumlah paham betul tentang makna di balik istilah tersebut.

Dalam pengertiannya yang paling sederhana, manajemen Sumber Daya Manusia berarti sebuah proses umum digalakkan di lingkungan bisnis, di mana ada banyak orang – pekerja – yang diatur dan dikontrol melalui serangkaian sistem yang saling terhubung satu sama lain.

Proses ini meliputi segala aspek yang berhubungan dengan orang/pekerja, yakni perekrutan, seleksi, penggajian, manajemen kinerja, pelatihan dan sejenisnya.

Download Contoh BAGUS tentang Modul Pelatihan dan Training PLAN DISINI.

Setiap perusahaan yang melibatkan diri di sebuah bisnis mestinya akan juga mengimplementasikan beberapa proses dari manajemen Sumber Daya Manusia dengan sendirinya. Karena itu bisa dibilang Manajemen SDM merupakan sesuatu yang inheren, dan lebih jauh lagi, ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari proses tersebut.

Tentu pada hakikatnya akan ada banyak sekali hal yang bisa dibicarakan perihal manajemen SDM, namun agaknya di sini kita bisa memfokuskan pembahasan pada analisa kebutuhan pelatihan, satu elemen yang juga krusial karena fungsi pendidikannya.

Pendek kata, orang bisa melihat secara normatif, bahwa pelatihan bermanfaat besar bagi kemajuan perusahaan, khususnya bagi para karyawan dan karir mereka. Jadi ada dua sisi yang bisa dilindungi oleh program pelatihan SDM, yakni di satu sisi kemajuan perusahaan secara umum, dan karir karyawan secara khusus.

Meskipun begitu, apa yang telah dijelaskan sejauh ini tentu saja hanya ujaran di atas kertas. Maksudnya, masih ada satu pertanyaan tersisa dan belum terjawab, yakni bagaimana sebuah program pelatihan SDM bisa memberikan kotribusi maksimal terhadap perusahaan. Tentunya tidak semua jenis pelatihan SDM akan bermanfaat, bukan begitu?

Menganalisa Kebutuhan
Jika demikian pertanyaannya, tentu masalahnya bukan semata manfaat pelatihan SDM yang hanya berbunyi di atas kertas, melainkan bagaimana membunyikan manfaat dari pentingnya pelatihan itu sendiri. Secara lebih konkrit, kita bisa mengatakan bahwa tanpa analisis terhadap kebutuhan pelatihan, jenis pelatihan apapun hanya akan sukses di dalam kelas atau di tempat pelatihan manapun.

Harus ada cara-cara tertentu yang diperhitungkan sebagai koefisien penentu keberhasilan, yakni bagaimana analisa terhadap kebutuhan pengadaan pelatihan sumber daya sesuai dengan masalah/kebutuhan perusahaan. Inilah hakikat analisa terhadap kebutuhan pelatihan.

Jika para pegawai tidak mampu mengimplementasikan hal-hal yang mereka dapatkan sewaktu pelatihan, maka sudah pasti hal ini akan berakibat pada citra buruk yang mungkin didapatkan oleh manajer SDM. Untuk menghindari hal-hal semacam itu, manajer SDM perlu mengingat ketersediaan berbagai data data tentang kebutuhan, permasalahan, dan produktivtas perusahaan.

Analisa terhadap kebutuhan pelatihan baru bisa dilakukan sejauh data-data tersebut tersedia. Berdasarkan analisa terhadap data-data itulah seorang manajer SDM baru bisa mempertimbangkan efektifitas pelatihan SDM.

Lalu, bagaimana memulai sebuah analisa terhadap penting/tidak pentingnya pelatihan SDM? Ada beberapa hal yang perlu dianalisis dan diverifikasi terlebih dahulu, mencakup:

1. Alasan.
Pertimbangkanlah beberapa hal: identifikasi masalah dalam sebuah perusahaan,situasi serta kondisi macam apa yang menuntut pelatihan supaya dimunculkan, dan output macam apa yang diharapkan keluar setelah pelatihan selesai.

2. Siapa pesertanya.
Memetakan syarat minimal keikutsertaan bisa membantu manajer SDM memperoleh gambaran tentang siapa saja perserta yang dianggap layak mengikuti pelatihan.

3. Materi dan dukungan.
Materi pelatihan penting untuk dipertimbangkan sebab melaluinya seorang manajer SDM bisa menyesuaikan pelatihan berdasarkan dengan perkembangan terkini dan sesuai dengan kemampuan peserta. Dukungan dari berbagai pihak (para supervisor dan manajer, misalnya) juga perlu diperhitungkan sebagai ukuran kesuksesan.

4. Kebutuhan biaya pelatihan.

5. Metode riset.

Download Contoh BAGUS tentang Modul Pelatihan dan Training PLAN DISINI.

Free Slides dan Ebook

Dapatkan 7 Presentasi Wow + 5 Buku Dahsyat tentang Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!