Prinsip Kunci dalam Mengelola Manajemen Perbankan

Anda sering memanfaatkan jasa atau lananan perbankan, sudah puaskah anda? Ya, semua orang tentu ingin mendapatkan pelayanan yang maksimal di bank.

Sebenarnya bank telah menentukan manajemen perbankan dimana semua itu untuk mengatur dan merencanakan serta melaksanakan tatanan untuk meningkatkan mutu pelayanan pada nasabah.

Demikian juga dengan pelayanan kepada nasabah baik financial maupun operasional lainnya. Manajemen perbankan ini sangat penting bagi bank agar semua kegiatan operasional dapat berjalan dengan baik.

Tanpa manajemen ini bank tidak bisa mengatur operasional dengan baik lebih-lebih dalam hal financial. Kita tahu bank itu menyediakan kebutuhan financial bagi masyarakat, jika penyaluran financial tidak bisa dikendalikan dengan baik maka bank juga akan mengalami kerugian.

Jika Anda ingin mendapatkan materi training dan presentasi yang bagus tentang strategi pemasaran bank, silakan KLIK DISINI.

Manajemen perbankan merupakan ilmu yang mengatur jalannya lalu lintas dalam perbankan yang meliputi pengumpulan dana , penyaluran dana kepada masyarakat dan juga pengaturan administrasi keuangan dalam perbankan.

Kesemuanya itu harus diatur agar operasional bisa berjalan dengan lancar.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Apa saja yang dinamakan manajemen perbankan itu, apakah semua karyawan harus mengetahuinya ataukah hanya manager atau bagian tertentu yang tahu? Pada dasarnya manajemen perbankan ini diatur untuk semua karyawan karena pada masing-masing divisi telah ditentukan SOP oleh bank terkait.

Berikut beberapa poin penting dalam manajemen perbankan diantaranya:

• Manajemen financial bank
Bank juga harus menentukan berapa besar keuangan atau dana yang akan ditarik untuk pembiayaan pada masyarakat atau nasabah dan juga pengumpulan dana dari nasabah. Hal ini juga diatur agar dalam pelaksanaannya tidak terjadi masalah.

Jika Anda ingin mendapatkan materi training dan presentasi yang bagus tentang strategi pemasaran bank, silakan KLIK DISINI.

Banyak kasus dalam perbankan yang sering merugikan pihak bank.

Dana yang ditarik untuk nasabah terlalu banyak namun dalam kenyataannya dana tersebut macet dan tidak bisa ditarik lagi oleh pihak bank. Manajemen financial ini juga untuk mengatur keuangan perbankan agar tidak terjadi penimbunan dana yang terlalu berlebihan pada bank tersebut.

• Analisa penyaluran kredit kepada masyarakat
Hampir semua bank menyediakan layanan jasa perkreditan yang membedakannya hanya sistem administrasi dari bank bersangkutan.

Manajemen perbankan mengenai perkreditan ini sangat penting untuk melindungi dana bank yang telah dikucurkan pada nasabah.

Manajemen perkreditan ini meliputi beberapa hal diantaranya analisa perkreditan, pelaksanaan, dan pengelolaan dana yang sudah dicairkan pada nasabah. Kendala yang dialami bank sering disebabkan karena manajemen perbankan terutama masalah perkreditan. Banyak nasabah yang macet bahkan dana bank tidak bisa ditarik kembali.

• Operasional transaksi nasabah
Manajemen perbankan lainnya adalah pengaturan operasional dalam transaksi yang dilakukan karyawan pada nasabah. Pengaturan ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan terbaik bagi nasabah dan juga untuk menghindari kesalahan dalam hal transfer, inkasi maupun kliring.

Semua bank menerapkan tarif transfer, inkaso dan kliring sesuai dengan peraturan BI. Mereka tidak bisa menggunakan aturan sendiri tapi masing-masing bank berhak menentukan aturan dalam operasionalnya tanpa melanggar peraturan yang ditetapkan BI.

• Manajemen SDM
Apa yang menjadikan kesuksesan semua sekalipun dalam dunia perbankan?

Tentu saja SDM yang ada didalamnya, jika SDM yang dibentuk itu bagus maka perusahaan bisa berkembang dengan lebih cepat. Dalam manajemen perbankan yang berhubungan dengan SDM ini, bank mengatur beberapa hal untuk perencanaan, pelaksanaan dan monitoring setiap karyawan.

Bank juga bisa memberikan pelatihan atau training pada karyawan guna peningkatan mutu SDM. Manajemen ini nantinya bisa meningkatkan pelayanaan pada nasabah. Dengan pelayanan terbaik bank bisa menaikkan brandnya dan juga pendapatannya.

Jika Anda ingin mendapatkan materi training dan presentasi yang bagus tentang strategi pemasaran bank, silakan KLIK DISINI.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Free Slides dan Ebook

Dapatkan 7 Presentasi Wow + 5 Buku Dahsyat tentang Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!