Strategi Ampuh untuk Meningkatkan Produktivitas Karyawan

Apakah anda merasa sukses hari ini dengan bisnis anda, ataukah anda merasa masih belum puas dengan apa yang anda kembangkan saat ini?

Sebuah perusahaan akan lebih berkembang bila memiliki karyawan yang professional, terampil, dan memiliki etos kerja tinggi. Kadang menjadi seorang pimpinan kita harus bisa meningkatkan ketrampilan karyawan agar apa yang kita harapkan dalam perusahaan bisa tercapai.

Saya yakin tak sulit bagi anda untuk mengubah karyawan dalam sekejab sekalipun anda memiliki karyawan yang jumlahnya tidak sedikit.

Download Contoh Lengkap Panduan Pengembangan KARIR SDM dan 9 Powerful HR Templates DISINI.

Anda memiliki karyawan yang terampil namun anda juga harus mengimbangi mereka dengan ide-ide cemerlang untuk mengembangkan perusahaan. Apakah mungkin anda memiliki karyawan yang professional dan terampil sedangkan pimpinannya tidak memiliki inovasi sama sekali dalam perusahaan?

Meningkatkan ketrampilan karyawan menjadi salah satu cara mudah untuk mendongkrak usaha anda. Bayangkan saja jika anda memiliki sebuah toko mainan misalnya, kemudian karyawan anda terampil dalam berjualan, mungkinkah anda bisa mendapatkan omset jutaan bahkan puluhan juta dalam sebulan? Jelas mungkin, saya jawab itu sangat mungkin dan tidak mustahil.

Jika karyawan anda terampil berjualan, anda yang akan mendapatkan banyak keuntungan. Oleh karena itu sangat penting bagi seorang pimpinan untuk meningkatkan ketrampilan karyawan.

Andaikan saya memiliki banyak perusahaan, saya akan memilih karyawan yang siap kerja, terampil dan professional. Saya tidak akan pusing dan repot mencari trainer untuk melatih mereka. Namun, sulit bagi kita mencari karyawan yang seperti itu, alhasil sebagai pimpinan anda harus melatih mereka untuk terampil dan professional.

Anda yang memiliki banyak karyawan namun mereka tidak memiliki ketrampilan sama sekali, buat apa mereka? Namun anda yang memiliki sedikit karyawan tapi berprestasi dan memiliki ketrampilan yang luar biasa, mana yang anda pilih?

Download Contoh Lengkap Panduan Pengembangan KARIR SDM dan 9 Powerful HR Templates DISINI.

Jika anda ingin memiliki karyawan yang terampil, mulai sekarang ubah mereka dan tingkatkan kemampuan mereka. Untuk meningkatkan ketrampilan karyawan, silahkan anda memilih beberapa cara berikut ini:

Siapa karyawan anda
Apakah anda mengenal semua karyawan dalam perusahaan? Jika anda ingin meningkatkan ketrampilan mereka, kenalilah mereka dan lihatlah kemampuan masing-masing karyawan anda.

Catat dalam buku anda apa dan bagaimana kemampuan karyawan anda, sudah cocokkah mereka dengan pekerjaan yang anda berikan? Dari penilaian dan pengamatan tersebut, anda bisa mengetahui potensi setiap karyawan sehingga bisa memberikan arahan untuk mengembangkan kemampuan dan ketrampilan mereka.

• Beri kesempatan karyawan untuk berkreasi
Banyak karyawan yang sebenarnya memiliki potensi dan kemampuan yang lebih, namun mereka kadang takut untuk mengembangkan ketrampilan.

Mereka takut jika atasan menolak hasil karyanya, atau takut pada seniornya. Sebagai pemimpin, berikan kesempatan pada semua karyawan untuk berkreasi dan mengembangkan ketrampilan mereka. Seandainya anda tidak menyukai hasil karya mereka, jangan langsung menolaknya. Beri masukan pada karyawan agar memperbaiki hasil karyanya dan berikan saran yang lebih baik.

• Pelatihan
Untuk meningkatkan ketrampilan karyawan anda bisa memberikan pelatihan dengan bantuan trainer atau anda sendiri. Pelatihan ini berfungsi untuk meningkatkan kinerja karyawan dan memberikan ketrampilan pada mereka terutama pada karyawan yang masih baru.Pilihlah metode pelatihan yang efektif agar karyawan bisa menguasai materi dengan baik.

• Beri reward pada karyawan
Setelah karyawan mendapatkan pelatihan, berikan mereka reward untuk keberhasilannya. Dengan memberikan penghargaan pada mereka, mereka akan lebih meningkatkan ketrampilannya dan bersemangat dalam bekerja.

• Berikan fasilitas pada karyawan
Saat mereka sukses dan berkarya, berikan fasilitas pada mereka agar mereka lebih berkreasi dan mau meningkatkan ketrampilannya seperti kenaikan gaji, tunjangan dan fasilitas lainnya.

Download Contoh Lengkap Panduan Pengembangan KARIR SDM dan 9 Powerful HR Templates DISINI.

Free Slides dan Ebook

Dapatkan 7 Presentasi Wow + 5 Buku Dahsyat tentang Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!