Bagaimana Cara Melakukan Evaluasi Pelatihan?

Dulu banyak orang yang takut ketika mereka harus mengikuti suatu pelatihan yang diselenggarakan oleh perusahaannya. Saat dilakukan evaluasi pelatihan ada ketakutan akan dipecat atau diturunkan jabatannya. Hasil dari pelatihan tersebut bukanlah penghalang anda untuk berprestasi.

Evaluasi pelatihan adalah hal yang harus dilakukan oleh personalia saat mereka telah menyelesaikan serangkaian pelatihan.

Dengan adanya evaluasi ini bukan berarti proses pelatihan telah berakhir namun dengan evaluasi atau penilaian akan ditarik suatu kesimpulan apakah peserta pelatihan sudah memahami setiap materi yang diberikan ataukah tidak sama sekali.

Download Contoh Lengkap Panduan Evaluasi Training dan 9 Powerful HR Templates DISINI.

Tujuan dari pelatihan tentu menginginkan setiap pesertanya mampu menguasai apa yang diberikan baik teori maupun praktek dari trainer.

Evaluasi merupakan tahap dimana suatu hal yang telah dilakukan bersama diteliti dan dinilai kelayakannya. Evaluasi pelatihan adalah proses untuk mengetahui, menilai dan mencari informasi apakah peserta pelatihan bisa mencerna dan mengikuti pelatihan dengan baik atau tidak.

Dengan evaluasi ini akan memberikan hasil yang lebih akurat dan efektif dari program yang telah dilaksanakan.

Saat evaluasi bukan berarti kegiatan akan berhenti, namun dari evaluasi tersebut akan dilanjutkan pada tahan pelatihan selanjutnya untuk peserta yang dirasa kurang memuaskan dalam pelatihan awal.

Evaluasi pelatihan ini merupakan cara terbaik untuk mengetahui kemampuan peserta dalam mengikuti setiap tahap pelatihan. Lalu perlukah evaluasi ini dilakukan oleh setiap perusahaan yang menyelenggarakan pelatihan?

Jawaban yang tepat adalah harus. Harus dilakukan evaluasi pelatihan setelah dilakukan pelatihan. Kemampuan setiap peserta tentu tidak sama, bagaimana bisa mengetahui kemampuan mereka dalam mencerna setiap materi pelatihan jika tidak ada evaluasi?

Saran saya, tentu harus dilakukan evaluasi tersebut. Pada dasarnya evaluasi ini dilakukan setelah tahap pelatihan, apa tujuanya praktisnya?

Jika Anda ingin mendapatkan materi presentasi yang bagus tentang manajemen bisnis, strategi bisnis dan personal development, silakan KLIK DISINI.

Pertama evaluasi dimaksudkan untuk mengetahui bakat dan minat peserta, kedua bagaimana peserta pelatihan bisa mempelajari materi yang diberikan, ketiga bagaimana perilaku peserta saat mengikuti pelatihan. Pada tahap pelatihan banyak hal yang diberikan oleh moderator atau trainer.

Seorang trainer tidak akan mengetahui seberapa jauh kemampuan pesertanya tanpa evaluasi.

Selanjutnya, evaluasi akan menemukan pada pokok masalah mana yang akan diulang kembali. Mengapa materi pelatihan tersebut tidak bisa atau sedikit sekali peserta yang bisa menerimanya. Apakah materi terlalu sulit ataukah peserta yang tidak bisa atau tidak mau mempelajarinya.

Jika diketahui permasalahnya, segera pecahkan dengan program lain yang lebih bagus. Dalam perencanaan program berikutnya, ajak peserta untuk memberikan respon terhadap hasil evaluasi tersebut. Bertanya dan bertukar pikiran pada setiap peserta.

Mengapa mereka belum bisa mencerna materi yang dilatih trainer. Respon mereka bisa menjadi bahan pertimbangan untuk melakukan serangkaian pelatihan kembali. Respon dari peserta kadang juga menjadi penghambat proses evaluasi. Ada kalanya peserta yang tidak ingin lagi mengikuti pelatihan karena malas atau alasan tertentu.

Lebih lanjut, langkah untuk evaluasi pelatihan adalah mencari titik terang. Respon dari peserta boleh dan harus ditampung. Berikutnya, trainer akan memberikan gambaran pada perusahaan berhasil tidaknya pelatihan yang dilaksanakan.

Program pasca evaluasi untuk peserta yang kurang memuaskan dalam pelatihan awal harus dilaksanakan berbeda dan lebih baik lagi.

Jadi, evaluasi pelatihan itu adalah keharusan. Dengan membuat perencanaan evaluasi yang tepat seperti membuat beberapa aspek yang akan dinilai dan mengolahnya dalam data yang lebih akurat dan efisien.

Data ini menjadi pertimbangan kedepan untuk mengadakan pelatihan pasca evaluasi. Tak ada kesuksesan yang datang sendiri sehingga apapun hasil evaluasi adalah langkah untuk mencapai kesuksesan setiap peserta.

Download Contoh Lengkap Panduan Evaluasi Training dan 9 Powerful HR Templates DISINI.

Free Slides dan Ebook

Dapatkan 7 Presentasi Wow + 5 Buku Dahsyat tentang Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!