Standar Gaji di Indonesia

Download Contoh Lengkap Cara Menyusun Standar Gaji, Salary Grade dan 9 Powerful HR Templates DISINI.

Tahukah Anda berapa standar gaji yang harus Anda terima dengan posisi pendidikan Anda sekarang? pada umumnya orang tidak mengetahui berapa sebenarnya standar gaji yang harus diterimanya sehingga menyebabkan seseorang secara serabutan mencari pekerjaan apa saja dengan gaji berapa saja.

Saat Anda melamar pekerjaan di sebuah perusahaan biasanya salah satu pertanyaan favorit yang akan dimunculkan pada sesi wawancara adalah berapa standar gaji yang Anda inginkan jika nanti diterima dip perusahaan tersebut.

Download Contoh Lengkap Cara Menyusun Standar Gaji, Salary Grade dan 9 Powerful HR Templates DISINI.

Pada umumnya para pelamar memberikan jawaban yang disesuaikan dengan kemauan pihak perusahaan berapa akan menggajinya. Namun jawaban ini ternyata salah besar jika Anda tahu berapa sebenarnya standar gaji di Indonesia terlebih jika Anda memiliki latar belakang pendidikan yang tinggi dan pengalaman kerja yang cukup lama.

Jawaban cerdas yang harus Anda berikan untuk menjawab pertanyaan seputar gaji adalah bayaran gaji yang sepadan dengan kualitas diri dan kinerja Anda di perusahaan.

Jika Anda merasa memiliki potensi yang cukup baik, maka akan lebih cerdas jika Anda meminta standar gaji yang Anda butuhkan. Ingat bahwa Anda bukan sedang mengemis pada orang, namun Anda sedang memperjualkan potensi diri yang selama bertahun-tahun diperbaiki.

Bagi Anda para pencari kerja memang idealnya harus mengetahui berapa standar gaji di Indonesia agar Anda bisa sedikit mengukur berapa gaji yang pantas Anda tawarkan dengan posisi dan potensi yang Anda miliki. Berikut ini beberapa standar gaji di Indonesia untuk beberapa posisi:

1. Pemilik bisnis dengan gaji tak terbatas
Bila ingin memiliki standar gaji yang tak terbatas, maka jadilah para pengusaha. Di Indonesia standar gaji tertinggi masih dipegang oleh para pengusaha, sebagai bukti nama-nama yang masuk ke dalam deretan 10 orang paling kaya di Indonesia adalah mereka yang berprofesi sebagai pengusaha. Jika ingin kaya hanya ada satu cara, jadilah pengusaha bukan buruh yang senantiasa bergantung nasib dengan pihak perusahaan.

Download Contoh Lengkap Cara Menyusun Standar Gaji, Salary Grade dan 9 Powerful HR Templates DISINI.

2. Posisi direktur utama, direktur, eksekutif maupun kepala divisi diperkirakan jumlah standar gaji sekitar 50-100 juta
Jumlah gaji yang besar tentunya sebanding dengan potensi yang dimiliki dan lamanya mereka merintis karir kerja. Seorang direktur utama tentunya memiliki riwayat bekerja yang jauh lebih lama dibanding seorang karyawan baru fresh graduate.

3. Posisi general manager, standar gaji sekitar 20-30 juta perbulan.

4. Manager atau kepala bagian memiliki kisaran standar gaji sebesar 10-15 juta per bulan.

5. Posisi asisten manager memiliki standar gaji perbulannya 5-10 juta perbulan.

6. Untuk posisi fresh graduate S1 memiliki standar gaji 2-3 juta perbulan.

Jika diperhatikan sekilas, angka-angka standar gaji di atas cukup fantastik nilainya, mengingat masih sedikit posisi para pekerja di Indonesia yang memiliki standar gaji sesuai dengan angka di atas.

Faktanya masih banyak para sarjana yang masih pengangguran, bekerja di bawah upah minimum rata-rata. Dengan memperhatikan tarif standar gaji berbagai posisi di atas tentunya Anda bisa mengukur sejauh mana potensi Anda sekarang dan bisa memberikan jawaban yang tepat saat diberi pertanyaan soal gaji pada wawancara perusahaan.

Dari data di atas juga tampak bahwa posisi aman sebenarnya ada di profesi sebagai pengusaha. Posisi dengan jumlah gaji tanpa batas sesuai dengan keuntungan yang diperoleh oleh pihak perusahaan. Akan tetapi sedikit yang mau menekuni wirausaha karena alasan standar gaji atau penghasilan yang tidak jelas.

Download Contoh Lengkap Cara Menyusun Standar Gaji, Salary Grade dan 9 Powerful HR Templates DISINI.

Free Slides dan Ebook

Dapatkan 7 Presentasi Wow + 5 Buku Dahsyat tentang Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!