Kesuksesan Manajemen Bisnis Tidak Lepas dari Peran Seorang Manager

Suatu manajemen bisnis tidak akan berjalan tanpa adanya seorang manajer yang menahkodai bahtera manajemen suatu perusahaan.

Mungkin ada beberapa dari anda yang berfikir bahwa hanya perusahaan besar saja yang memerlukan manajer. Untuk perusahaan kecil tidak diperlukan manajer karena akan menambah pengeluaran sehingga bukannya untung, perusahaan malah akan merugi.

Namun, hal tersebut tidaklah benar karena sebuah usaha memerlukan manajemen bisnis untuk bisa berjalan di jalur yang benar dan berkembang. Oleh karena itulah diperlukan seorang manajer untuk mengendalikan manajemen bisnis di dalam perusahaan.

Jika Anda ingin mendapatkan materi presentasi yang bagus tentang manajemen bisnis, strategi bisnis dan personal development, silakan KLIK DISINI.
Kalaupun anda hanya memiliki perusahaan kecil dan anda seorang diri yang menjalankannya, sebenarnya andalah yang telah menjadi manajer untuk perusahaan anda. Bisa dikatakan bahwa anda berperan ganda dalam perusahaan anda baik sebagai direktur dan juga manajer.

Dalam sebuah bisnis, manajer memegang banyak sekali peranan. Peranan yang paling utama tentunya adalah sebagai pemimpin yang mengatur jalannya suatu managemen bisnis baik dalam hal perencanaan, pembuatan strategi, pengelolaan, dan eksekusi jalannya suatu sistem manajemen.

Dalam melaksanakan tugasnya sebagai pemimpin, seorang manajer tentunya dibantu oleh banyak pihak, tetapi keputusan terakhir sebelum hal tersebut dibawa ke tingkat yang lebih tinggi lagi adalah pada tangan seorang manajer.

Sebagai seorang pemimpin yang mengambil keputusan maka manajerlah yang akan bertanggung jawab atas keputusan tersebut. Jika keputusan tersebut salah, maka seorang manajer harus bisa bertanggung jawab dan menerima akibat dari kesalahannya tersebut.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Jika Anda ingin mendapatkan materi presentasi yang bagus tentang manajemen bisnis, strategi bisnis dan personal development, silakan KLIK DISINI.

Dalam hal ini, ada kemungkinan bahwa orang-orang yang berada dibawah kepemimpinan seorang manajer tidak ikut mendapatkan hukuman karena mereka hanya melaksanakan tugas saja.

Namun, jika keputusan manajer itu sangat baik dan menghasilkan suatu hal yang luar biasa bagi perusahaan, maka manajer akan mendapat penghargaan atas keberhasilan tersebut.

Dalam hal ini, seorang manajer tidak boleh melupakan kerja keras bawahannya karena tanpa mereka semua rencana dan strategi yang telah dibuatnya tidak akan berhasil.

Peran manajer yang lain adalah mempertahankan keseimbangan dalam perusahaan. Walaupun telah direncanakan dengan matang, ada hal buruk yang dapat terjadi diluar perkiraan seorang manajer. Hal buruk yang terjadi dapat disebabkan oleh faktor internal maupun eksternal perusahaan.

Contoh faktor internal adalah ketidakharmonisan antar karyawan yang menyebabkan menurunnya produktivitas. Contoh faktor internal adalah terjadinya bencana yang menyebabkan proses produksi menjadi terhambat. JIka hal buruk terjadi, manajer harus berpikir cepat untuk memecahkan masalah yang terjadi.

Oleh karena itu seorang manajer harus memiliki pribadi yang baik sehingga hubungan antara manajer dengan karyawan menjadi baik dan akan lebih mudah untuk menyelesaikan masalah internal dengan pendekatan yang lebih personal.

Lalu seorang manajer harus memiliki pengetahuan yang luas dan memiliki keahlian dalam pemecahan masalah sehingga hal buruk apapun dapat dengan mudah dicari jalan keluarnya.

Oleh karena peran manajer yang sangat penting dalam suatu perusahaan, anda harus sangat berhati-hati dalam memilih manajer untuk perusahaan. Bukan hanya kemampuan intelektual yang harus dimiliki oleh seorang manajer, tetapi dia juga harus memiliki pribadi yang baik, kecerdasan emosi, kemampuan berpikir kreatif, dan kecepatan berpikir untuk memecahkan masalah.

Jika anda menjadi manajer untuk perusahaan anda sendiri, anda harus senantiasa meningkatkan pengetahuan anda tentang manajemen bisnis dan tentunya tentang usaha yang geluti agar lebih mudah dalam melakukan perencanaan, pengelolaan, dan pelaksanaan usaha anda.

Selain itu berusahalah untuk menjadi pemimpin yang tegas namun tetap terbuka, demokratis, dan memiliki empati terhadap karyawan anda.

Jika sistem manajemen anda tidak berjalan dengan baik, janganlah langsung menyalahkan bawahan tetapi cobalah untuk mengevaluasi manajemen bisnis anda untuk mengetahui dimana letak kesalahannya. Ingatlah bahwa anda yang mengambil keputusan dan anda yang harus bertanggung jawab.

Jika Anda ingin mendapatkan materi presentasi yang bagus tentang manajemen bisnis, strategi bisnis dan personal development, silakan KLIK DISINI.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Free Slides dan Ebook

Dapatkan 7 Presentasi Wow + 5 Buku Dahsyat tentang Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!