Tips Presentasi HR yang Efektif dan Powerful

Artikel mengenai ‘HR presentation tips’ dan semacamnya akan memberi anda petunjuk tentang cara melakukan presentasi formal yang baik dan benar, termasuk panduan membuat properti presentasi yang baik seperti slide.

Akan tetapi, sebuah presentasi HR yang baik hendaknya tidak hanya terlihat bagus dari segi teknis namun juga harus memberi kesan pada audiens agar pesan atau motivasi yang disampaikan dapat diterima dengan baik dan diimplementasikan dengan konsisten, terutama karena isi dari presentasi HR menyangkut hal-hal yang berhubungan dengan sumber daya manusia seperti kinerja karyawan, upaya untuk meningkatkan motivasi kerja, kepuasan kerja, kedisiplinan serta aspek-aspek positif lainnya.

Presentasi yang dibawakan dengan baik serta memberi kesan mendalam dapat berimbas pada diambilnya sebuah keputusan yang baik, yang pada akhirnya dapat berdampak positif bagi seluruh perusahaan.

Jika Anda ingin mendapatkan materi presentasi yang bagus tentang HR Management, strategi bisnis dan personal development, silakan KLIK DISINI.

Oleh karena itu, kemampuan membawakan presentasi yang baik, hidup dan berkesan merupakan keahlian yang seharusnya dimiliki oleh para karyawan dan manajer HR.

Berikut adalah beberapa tips untuk HR presentation yang berkesan dan dapat menimbulkan dampak signifikan bagi para audiens:

1. Pastikan bahwa anda menguasai betul topik yang akan dibawakan; hal ini bukan saja membantu anda membawakan presentasi dengan luwes namun juga akan menolong saat audiens mengajukan pertanyaan sulit atau tak terduga.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

2. Gunakan ‘jurus’ pembuka presentasi yang dapat menarik perhatian audiens ke arah topik presentasi anda. Misalnya, jika anda membawakan presentasi tentang human error dalam kinerja perusahaan, anda dapat memberi contoh nyata dari kasus kecelakaan kerja yang fatal yang disebabkan oleh human error yang kelihatannya sepele.

Jika Anda ingin mendapatkan materi presentasi yang bagus tentang HR Management, strategi bisnis dan personal development, silakan KLIK DISINI.

3. Sisipkan kisah yang bersifat personal atau akrab bagi audiens yang berkaitan dengan topik presentasi; misalnya, jika anda memberi presentasi tentang pentingnya gaya komunikasi horizontal antar karyawan dan pihak manajemen, anda bisa memberi contoh tentang acara makan siang bersama dan kumpul-kumpul antar karyawan dan manajer yang kerap diadakan di departemen anda, dimana hal itu membuat tiap acara diskusi kerja menjadi lebih cair.

4. Batasi penyampaian dalam setiap tema presentasi; apapun topik presentasi yang anda bawakan, usahakan untuk tidak berusaha pamer pengetahuan dengan cara menyampaikan hal-hal yang, walaupun berkaitan, namun sebenarnya tidak perlu disampaikan dalam konteks presentasi tersebut. Buatlah alokasi waktu dan topik dalam persiapan presentasi anda dan berpeganglah pada panduan tersebut.

5. Siapkan handout untuk para audiens agar mereka tidak perlu mencatat banyak-banyak di notes atau buku catatan mereka dan bisa menaruh perhatian ekstra pada presentasi anda.

Audiens presentasi akan lebih mungkin untuk mengingat suatu poin penting dari presentasi yang dibawakan dengan hidup dan disimak dengan seksama ketimbang informasi yang dicatat dengan terburu-buru.

Hal terpenting yang tidak boleh dilupakan dalam HR presentation adalah unsur nilai tambah atau value bagi audiens.

Ingat bahwa tujuan utama dari presentasi HR adalah kebaikan dan nilai tambah bagi kemajuan perusahaan, sehingga anda harus selalu memastikan bahwa tiap presentasi senantiasa ditujukan untuk mencapai hal tersebut.

Berusahalah untuk membuat presentasi anda sebagai sebuah feedback positif bagi perusahaan (atau paling tidak bagi audiens anda saat itu) alih-alih sebagai upaya untuk pamer pengetahuan atau menceramahi orang lain.

Dengan menaruh perhatian pada unsur value, anda bukan hanya akan membuat presentasi HR anda menjadi berkesan dan mendapat nilai positif, namun juga akan mendatangkan kepuasan pribadi bagi anda sendiri.

Jika Anda ingin mendapatkan materi presentasi yang bagus tentang HR Management, strategi bisnis dan personal development, silakan KLIK DISINI.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Free Slides dan Ebook

Dapatkan 7 Presentasi Wow + 5 Buku Dahsyat tentang Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!