Tips Ampuh Komunikasi Marketing di Internet yang Efektif

Marketing communication bukan sekedar apa isi informasi yang anda berikan kepada konsumen terkait produk atau bisnis anda, melainkan juga efektifitasnya terutama dilihat dari frekuensinya.

Apakah anda pernah mengalami mendaftar di website sebuah perusahaan atau toko untuk berlangganan email subscriptions berisi kabar terbaru mengenai produk-produknya, namun beberapa minggu kemudian membatalkan langganan tersebut karena email dari perusahaan tersebut datang berkali-kali hingga membuat inbox email anda kepenuhan?

Atau mungkin anda mengikuti halaman profil sebuah toko online di Facebook, namun kemudian berhenti karena anda merasa toko tersebut terlalu banyak memberikan update dan tidak pernah atau jarang menjawab pertanyaan yang anda tanyakan langsung di halaman profil toko online tersebut.

Jika Anda ingin mendapatkan materi presentasi yang bagus tentang STRATEGI PEMASARAN, strategi bisnis dan personal development, silakan KLIK DISINI.

Jika ya, berarti perusahaan atau toko tersebut tidak melakukan marketing communication yang efektif, terutama karena jumlah informasi yang diberikan terlalu banyak sementara aspek komunikasinya dengan pelanggan cenderung hanya satu arah.

Marketing communication atau komunikasi pemasaran secara umum dapat diterjemahkan sebagai tiap upaya untuk memperkenalkan serta menyampaikan keunggulan suatu produk atau jasa kepada calon konsumen agar mereka tertarik untuk membelinya, dimana hal ini termasuk penggunaan iklan, promosi penjualan, rilis pers hingga metode penjualan langsung.

Saat ini, metode komunikasi pemasaran kini juga termasuk penggunaan metode online seperti email dan media sosial, dimana metode online ini sangat membantu dalam hal pemasaran ke sejumlah besar target sekaligus.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Yang jadi masalah adalah ketika pemilik bisnis atau perusahaan memanfaatkan metode marketing communication secara berlebihan dengan anggapan bahwa makin banyak info produk yang mereka berikan, makin sukses kampanye pemasaran.

Jika Anda ingin mendapatkan materi presentasi yang bagus tentang STRATEGI PEMASARAN, strategi bisnis dan personal development, silakan KLIK DISINI.

Padahal, terlalu banyak memberikan informasi kepada konsumen akan berakibat kejenuhan akibat banjir informasi sehingga sampai pada titik dimana konsumen mendapat kesan negatif terhadap perusahaan atau bisnis tersebut.

Hal tersebut bisa menjadi lebih parah jika pengusaha atau pemilik toko hanya menggunakan komunikasi satu arah dan jarang menanggapi pertanyaan atau tanggapan konsumen.

Metode marketing communication, terutama yang menggunakan metode online seperti email, sebaiknya memberi alternatif kepada konsumen.

Misalnya, dalam layanan untuk mendaftar email newsletter atau email subscription, pengusaha sebaiknya mengatur agar layanan tersebut memberi pilihan seperti seberapa sering konsumen menginginkan emailnya dikirimi terbitan; apakah setiap hari, sekali seminggu, sekali sebulan atau malah tidak sama sekali?

Melakukan segmentasi sasaran komunikasi pemasaran juga merupakan metode yang bagus, dimana perusahaan hanya mengirimkan suatu informasi hanya pada kategori konsumen yang kira-kira akan sangat membutuhkannya (misalnya, toko grosir pakaian yang mengirimkan email promosi baju anak-anak hanya kepada pelanggan yang memiliki anak).

Saat ini, banyak layanan pemasaran online yang membantu perusahaan dan toko online untuk melakukan segmentasi pada calon konsumen sehingga tidak ada salahnya untuk disewa bila anda adalah pemilik perusahaan atau toko online yang membutuhkan marketing communication yang efektif dan lebih tepat sasaran.

Bila anda melakukan marketing communication lewat media yang memungkinkan interaksi langsung dan lebih personal dengan calon konsumen seperti Facebook, Twitter, blog dan media sosial lainnya, usahakan untuk rajin menanggapi pertanyaan, pesan bahkan kritik membangun agar hubungan baik antar perusahaan dan konsumen tetap terjaga.

Dalam komunikasi pemasaran modern, “less is more” merupakan prinsip penting yang harus diikuti, dimana hal ini berarti memastikan bahwa setiap kampanye pemasaran lewat media komunikasi dilakukan dengan tepat sasaran sehingga tidak berlebihan.

Jika Anda ingin mendapatkan materi presentasi yang bagus tentang STRATEGI PEMASARAN, strategi bisnis dan personal development, silakan KLIK DISINI.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Free Slides dan Ebook

Dapatkan 7 Presentasi Wow + 5 Buku Dahsyat tentang Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!