Prinsip Kunci dalam Pembuatan Marketing Plan

Marketing plan pada dasarnya merupakan rencana tertulis dari bisnis, perusahaan bahkan penemu dan ilmuwan untuk memasarkan produk baru serta menarik pelanggan potensial untuk produk tersebut.

Marketing plan bukan hanya monopoli perusahaan besar saja; pemilik bisnis baru atau yang sedang berkembang sebaiknya mulai memikirkan untuk membuat marketing plan untuk produk mereka agar lebih mudah dalam hal penerapan strategi pemasaran untuk ke depannya.

Di samping itu, marketing plan yang baik dan terperinci juga akan membantu bila anda sebagai pemilik bisnis memutuskan untuk menjalin kerjasama dengan sponsor atau rekan bisnis karena marketing plan akan menjadi alat yang baik untuk membantu meyakinkan bahwa bisnis dan produk anda memiliki potensi pemasaran yang bagus untuk dimodali serta dikembangkan.

Jika Anda ingin mendapatkan materi presentasi yang bagus tentang marketing PLAN, strategi bisnis dan personal development, silakan KLIK DISINI.

Akan tetapi, membuat marketing plan bukan berarti tanpa kelemahan, karena ada beberapa hal negatif yang dapat terungkap dari marketing plan yang terperinci. Berikut adalah beberapa poin positif dan negatif yang dapat terungkap dari marketing plan yang terperinci sebagai bahan pertimbangan anda.

Aspek Positif Marketing Plan
Sebuah marketing plan yang baik menjabarkan identifikasi dari spesifikasi sebuah produk sekaligus sasaran konsumen yang tepat untuk produk tersebut; hal ini kemudian dapat dijadikan sebagai dasar untuk membuat rencana pemasaran dengan konteks sasaran konsumen yang lebih tepat.

Penjabaran spek produk, bahan baku serta sasaran konsumen yang terperinci juga dapat menjadi panduan bagus bagi rencana anggaran produksi bila produk tersebut kelak mulai diproduksi.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Dalam aspek keuangan yang lebih terperinci, marketing plan dapat menunjukkan perkiraan pengeluaran rutin, pengeluaran tak tentu serta perkiraan waktu yang dibutuhkan untuk balik modal serta mendapat keuntungan.

Pemilik modal juga dapat menggunakan marketing plan yang terperinci sebagai panduan untuk menentukan area produksi serta pemasaran yang ideal dan bahkan menjadi dasar untuk perluasan pangsa pasar kelak jika produk sudah direalisasikan.

Jika Anda ingin mendapatkan materi presentasi yang bagus tentang marketing PLAN, strategi bisnis dan personal development, silakan KLIK DISINI.

Akhirnya, marketing plan yang terperinci dapat membantu sebuah bisnis untuk mengidentifikasi kemungkinan pesaing dengan cara mengidentifikasi keuntungan maupun kelemahan dari produk tersebut; hal ini dapat membantu bisnis untuk menghadapi iklim persaingan dalam jangka panjang.

Aspek Negatif Marketing Plan

Selain keuntungan, marketing plan yang terperinci juga dapat menunjukkan aspek negatif dari sebuah rencana atau tawaran bisnis, disadari atau tidak.

Salah satu yang paling jelas adalah mau tidak mau anda harus mengidentifikasikan kelemahan dari produk anda sebagai konsekuensi realistis, yang walaupun belum tentu menggagalkan rencana produksi dan pemasaran, tentunya akan menjadi pertimbangan serius dari calon investor atau rekanan.

Selain itu, karena marketing plan dibuat berdasarkan perkiraan dan perhitungan sebelum sebuah produk benar-benar diproduksi dan memasuki pasar, seorang pebisnis atau pengusaha bisa jadi pada akhirnya melakukan kesalahan ketika merealisasikan rencana pemasarannya sebagai akibat dari kekeliruan dalam hal perhitungan strategi pemasaran.

Akhirnya, jika anda terhitung baru dalam hal bisnis dan harus membuat market plan, ada resiko bahwa anda akan membuat marketing plan berdasarkan harapan yang kurang realistis atau terlalu ideal sehingga realisasi ide produksi dan pemasaran akan jauh dari yang direncanakan.

Akan tetapi, hal-hal ini sebaiknya tidak dijadikan sebagai hambatan melainkan lebih kepada bahan pertimbangan sebelum anda mulai merancang marketing plan produk anda, tentunya agar marketing plan tersebut tetap realistis, mudah dipercaya dan tidak membuat perusahaan anda harus melakukan strateg produksi dan pemasaran di luar batas kemampuan.

Jika Anda ingin mendapatkan materi presentasi yang bagus tentang marketing PLAN, strategi bisnis dan personal development, silakan KLIK DISINI.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Free Slides dan Ebook

Dapatkan 7 Presentasi Wow + 5 Buku Dahsyat tentang Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!