Prinsip Kunci dalam Pembuatan Marketing Plan Tips Ampuh Komunikasi Marketing di Internet yang Efektif

Pengembangan Produk Baru dalam Bisnis Makanan dan Minuman

Product development merupakan salah satu strategi agar sebuah perusahaan mampu bertahan dalam iklim persaingan yang ketat serta mampu merangkul lebih banyak konsumen potensial seiring perkembangan tren selera akan suatu produk.

Di antara berbagai jenis usaha yang populer dalam dunia bisnis, usaha produksi makanan dan minuman merupakan bisnis yang memiliki pasar potensial sangat luas sekaligus tingkat persaingan yang tinggi.

Jika anda perhatikan, perusahaan produsen makanan dan minuman yang populer seperti Indofood dan Nestle memiliki banyak sekali varian produk yang beragam baik itu dari segi jenis produk, kemasan, rasa, proses pengolahan dan sebagainya.

Jika Anda ingin mendapatkan materi presentasi yang bagus tentang strategi PEMASARAN, strategi bisnis dan personal development, silakan KLIK DISINI.

Hal ini membuat kedua perusahaan tersebut menjadi raksasa dalam bidang bisnis produksi makanan dan minuman karena mereka memberi banyak pilihan kepada konsumen, konsisten dalam mengikuti perkembangan selera konsumen sekaligus memberi pilihan kepada kelompok konsumen yang berbeda-beda.

Tidak bisa dipungkiri bahwa product development merupakan bagian dari strategi bisnis yang penting sehingga pengusaha makanan dan minuman berskala kecil yang serius pun biasanya sudah memikirkannya sejak awal memulai bisnis; biasanya ide yang muncul di awal adalah pembuatan produk dengan beberapa pilihan rasa dan bukan hanya satu.

Jika anda memiliki usaha pembuatan makanan dan minuman dan ingin melakukan product development lebih dari sekedar membuat produk dengan beberapa pilihan rasa berbeda, berikut adalah beberapa tips cara melakukannya:

Jika Anda ingin mendapatkan materi presentasi yang bagus tentang strategi PEMASARAN, strategi bisnis dan personal development, silakan KLIK DISINI.

1. Melakukan pencampuran rasa dari rasa primer yang sudah dimiliki produk anda untuk menciptakan sensasi rasa baru. Contohnya seperti produk Fruit Tea dari Sosro yang mulanya hanya memiliki rasa primer seperti teh apel, teh lemon dan teh stroberi namun kemudian membuat variasi produk dengan rasa campuran seperti teh apel-lemon dan teh stroberi-blackcurrant.

2. Melakukan penggabungan bahan yaitu menambahkan bahan baru ke dalam bahan utama dimana kedua bahan ini merupakan struktur makanan yang solid dan bisa berdiri sendiri-sendiri (bukan menambahkan bumbu ke dalam bahan makanan). Contohnya adalah produk bubur gandum Quaker Oatmeal yang memiliki produk oatmeal yang dicampur dengan potongan pisang serta buah arbei, di luar oatmeal biasa.

3. Melakukan inovasi pada cara pengolahan atau konsumsi makanan dan minuman tersebut. Misalnya produk keripik sayuran yang sekarang sedang populer yang dibuat dari sayuran hijau, atau produk jus yang bisa dibekukan menjadi es lilin.

4. Membuat kemasan yang unik dan menjadi ciri khas tersendiri bagi produk tersebut. Misalnya, produk Gulaku yang kini mengeluarkan kemasan bergambar buah dengan resep yang menggunakan buah tersebut di belakang bungkusnya, kemasan stik dengan desain trendi serta kemasan khusus bertema kebudayaan Indonesia.

5. Membuat produk dengan pengemasan spesial untuk hari-hari istimewa, misalnya produk cokelat dalam kemasan cantik mirip parsel untuk penjualan menjelang lebaran atau produk minuman soda yang dijual dalam paket cantik lengkap dengan harga khusus untuk penjualan menjelang Natal.

6. Melakukan segmentasi produk dengan menambahkan formulasi khusus atau cara pengolahan tertentu seperti memberi tambahan kalsium dan vitamin atau menggunakan bahan-bahan yang lebih sehat; contohnya adalah Indomilk yang mengeluarkan susu tinggi kalsium untuk orang dewasa disamping produk susu untuk anak-anak serta produk mi hijau yang rendah kalori dari mi instan lainnya.

Usaha makanan dan minuman merupakan bisnis yang memiliki tingkat persaingan tinggi, terutama karena konsumen bisa cepat merasa bosan terhadap suatu produk jika produsennya tidak mengeluarkan variasi produk setelah beberapa lama.

Product development merupakan bagian dari strategi bisnis yang harus dipikirkan oleh perusahaan produsen makanan dan minuman apapun bahkan sejak sebelum produknya mulai dibuat.

Jika Anda ingin mendapatkan materi presentasi yang bagus tentang strategi PEMASARAN, strategi bisnis dan personal development, silakan KLIK DISINI.

Comments are closed.