Strategi Pemasaran Online yang Ampuh untuk Bisnis Anda Prinsip Kunci dalam Pembuatan Marketing Plan

Tips Membuat Slide Presentasi Marketing yang Efektif

Presentasi dengan menggunakan slide PowerPoint merupakan hal yang lazim dilakukan dalam setiap kegiatan pemasaran.

Walaupun anda merupakan orang yang pandai dalam hal berbicara di depan umum, marketing PowerPoint slides tetap merupakan properti yang penting agar presentasi anda semakin informatif dan menarik serta tidak meninggalkan satupun ide kunci yang penting.

Di samping itu, slide Powerpoint berisi bahan presentasi dapat menjadi salah satu data penting dalam proyek pemasaran anda dan dapat disimpan dengan mudah (tidak seperti poster berisi diagram, misalnya).

Jika Anda ingin mendapatkan materi presentasi yang bagus tentang Marketing Management, strategi bisnis dan personal development, silakan KLIK DISINI.

Akan tetapi, walaupun program Microsoft PowerPoint terbaru sudah memiliki berbagai fitur canggih dan praktis untuk membuat slide yang menarik, masih banyak orang yang berpendapat bahwa semakin banyak fitur yang digunakan dan semakin ramai slide presentasi, berarti slide tersebut bagus.

Ada juga yang kebalikannya, yaitu orang yang membuat sederet slide membosankan karena beranggapan bahwa slide yang sederhana adalah yang terbaik.

Akibatnya, pemahaman ini menjadi senjata makan tuan saat presentasi.

Jika anda akan menghadapi presentasi pemasaran untuk pertama kalinya, berikut adalah beberapa tips untuk membuat marketing PowerPoint slides yang efektif tanpa jadi berlebihan atau membosankan:

1. Ingat bahwa fungsi slide PowerPoint adalah sebagai properti presentasi, sedangkan anda adalah pelaku utamanya. Jangan memenuhi slide dengan teks isi presentasi anda karena akan membuat audiens kesulitan membacanya.

Jika Anda ingin mendapatkan materi presentasi yang bagus tentang management skill, strategi bisnis dan personal development, silakan KLIK DISINI.

Masukkan saja poin-poin penting dari tiap kategori pembahasan anda beserta penjelasan sederhana ditambah ilustrasi.

2. Pastikan bahwa tiap slide anda diberi judul dan sub judul yang jelas; jangan sampai audiens anda kesulitan mengikuti alur presentasi karena mereka tidak mengetahui kapan saatnya pembahasan anda berganti.

3. Ilustrasi sangat penting karena dua hal; membuat audiens tertarik sekaligus memperjelas penjelasan anda. Sebisa mungkin masukkan ilustrasi berupa foto, gambar atau grafik di tiap halaman yang menurut anda sangat penting.

Jangan lupa untuk memastikan bahwa ilustrasi yang anda gunakan relevan dengan isi presentasi.

4. Perpaduan warna yang sembarangan merupakan salah satu sumber bencana dalam pembuatan marketing PowerPoint slides; walaupun nampaknya sederhana, presentasi panjang yang disertai slide dengan paduan warna latar belakang dan huruf yang menyilaukan atau yang terlalu gelap akan membuat audiens anda kesulitan menangkap pesan anda.

Luangkan waktu untuk memastikan bahwa gabungan warna huruf dan latar belakang slide presentasi anda nyaman dipandang.

5. Walaupun ada banyak pilihan bentuk huruf (font), jangan tergoda untuk memakai font yang aneh-aneh. Batasi penggunaan font pada tiga atau empat macam saja sekedar untuk memisahkan judul, sub judul, point penting dan penjelasan, misalnya.

Pilih bentuk font yang enak dibaca namun masih mencerminkan aura profesional seperti Calibri, Arial, Times New Roman, Bookman Old Style atau Tahoma.

Tidak ada batasan dalam hal pemakaian slide untuk presentasi, terutama karena PowerPoint membuat pekerjaan menyusun slide untuk presentasi menjadi mudah.

Akan tetapi, ingatlah untuk menyesuaikan jumlah slide dengan panjang presentasi anda. Dalam presentasi bisnis, penentu utama presentasi sukses bukanlah slide yang berjumlah banyak, melainkan slide yang berjumlah sekadarnya namun mampu mencakup semua inti dari keseluruhan presentasi anda.

Selain itu, jika memang informasi yang akan anda sajikan hanya sedemikian, jangan memperpanjang isi slide dengan penjelasan yang tidak perlu dan tawarkan saja hal tersebut sebagai catatan jika terpaksa. Kesimpulannya, dalam pembuatan marketing PowerPoint slides, isi lebih penting daripada jumlah.

Jika Anda ingin mendapatkan materi presentasi yang bagus tentang management skill, strategi bisnis dan personal development, silakan KLIK DISINI.

Comments are closed.

RP Bawah