Apa itu Financial Projection – Proyeksi Keuangan Perusahaan

Apa itu financial projection? Financial projection merupakan proyek anggaran finansial yang dirancang untuk penyelenggaraan sebuah usaha bisnis yang akan dijalankan.

Financial projection secara umum memberi gambaran mengenai sirkulasi keuangan sebuah perusahaan, prediksi pengeluaran, anggaran modal dan sebagainya. Segala sesuatu yang menyangkut pembiayaan penyelenggaraan sebuah usaha bisnis akan tertuang di dalam sebuah financial projection.

Jika Anda ingin mendapatkan materi presentasi yang bagus tentang management skill, strategi bisnis dan personal development, silakan KLIK DISINI.

Mengapa harus merancang sebuah financial projection sebelum memulai sebuah usaha bisnis? Perancangan sesuatu dalam segala hal sangat penting untuk menjamin kesuksesan sesuatu yang dilakukan. Di dalam sebuah usaha bisnis, yang menjadi permasalahan utama adalah keuangan dari perusahaan tersebut.

Apabila tidak ada perancangan dan sistem manajemen keuangan yang jelas, maka usaha bisnis tersebut akan mengambang dan sangat rawan mengalami kebangkrutan karena tidak memiliki data-data konkrit mengenai keuangan perusahaan.

Financial projection secara umum juga menjadi pedoman berapa anggaran total yang akan Anda keluarkan untuk sebuah usaha bisnis yang akan dijalankan.

Di dalam sebuah even kompetisi dana hibah bisnis, pihak donatur biasanya akan menjadikan poin financial projection sebagai salah satu penilaian yang cukup penting. Ini artinya bagaimana prediksi Anda dalam mengalokasikan dana serta mencari dana menjadi hal yang penting dalam kelangsungan sebuah usaha bisnis.

Apa saja yang biasanya ada dalam sebuah rancangan finacial projection? Berikut ini beberapa diantara yang perlu Anda tampilkan:

1. Dana start- up yang dibutuhkan
Dana star-up yang dibutuhkan di dalam sebuah finacial projection merupakan total keseluruhan dana yang akan dikeluarkan sebagai modal awal untuk menyelenggarakan usaha bisnis, mulai dari aset bisnis sampai pada dana operasional yang diperkirakan untuk penyelenggaraan bisnis.

Jika Anda ingin mendapatkan materi presentasi yang bagus tentang management skill, strategi bisnis dan personal development, silakan KLIK DISINI.

Anda juga harus mencantumkan dari mana perkiraan sumber-sumber dana yang akan Anda peroleh, apakah dari investor, donatur, kreditor, modal pribadi dan sebagainya.

Selanjutnya Anda kalkulasikan prediksi dana yang ada dengan dana yang akan dikeluarkan, selisihnya merupakan kebutuhan kekurangan dana perusahaan yang harus dicari. Di dalam sebuah bentuk financial projection yang lebih profesional, maka Anda perlu mengisi secara detail seluruh kebutuhan perusahaan mulai dari anggaran gaji perbulan, berbagai pajak, biaya hukum dan sebagainya.

2. Proyeksi perkiraan penjualan
Proyeksi perkiraan penjualan juga perlu Anda tampilkan di dalam sebuah financial projection perusahaan Anda, meliputi proyeksi tingkat penjualan, biaya, pertumbuhan dan sebagainya sebagai bagian dari perkiraan sebuah proses penjualan.

Financial projection merupakan gambaran secara umum bagaimana pengelolaan keuangan sebuah perusahaan. Financial projection yang baik memberikan gambaran yang realistis untuk dicapai sehingga memberi jaminan lebih bagi terselenggaranya dengan baik sebuah bisnis usaha yang akan dijalankan.

Bagi para pebisnis awam biasanya memang tidak terlalu menekankan pada penyajian konsep financial projection secara lebih detail, hanya gambaran umum yang penting dari kebutuhan yang ada. Untuk perusahaan berskala besar biasanya menggunakan financial projection sebagai patokan penyelenggaran usaha bisnis yang lebih mayor.

Jika Anda diminta untuk mengisi sebuah finacial projection di dalam sebuah even kompetisi bisnis misalnya, maka yang perlu Anda lakukan adalah bagaimana menyajikan angka-angka yang proporsional terhadap kebutuhan yang ada.

Financial projection di dalam sebuah kompetisi bisnis diibaratkan sebagai proposal pengajuan dana yang harus bisa disajikan dengan baik dan meyakinkan pihak pemberi dana hibah untuk usaha bisnis yang akan Anda jalankan. Memulai sebuah usaha denga