Tips Menghadapi Wawancara Kerja dengan Sukses Bagaimana Cara Mengelola Manajemen Bisnis secara Efektif?

Cara Melakukan Presentasi Bisnis dengan Sukses

Presentasi bisnis merupakan salah satu skill yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha. Presentasi bisnis biasanya dibutuhkan untuk berbagai kegiatan, diantaranya kegiatan kerjasama bisnis, mencari penanam investasi, atau sedang mengikuti sebuah kontes kompetisi bisnis.

Presentasi bisnis sebenarnya hampir sama dengan Anda melakukan kegiatan presentasi dengan tema yang lainnya, hanya saja di sini jiwa pengusaha Anda harus tercermin secara lebih baik saat melakukan presentasi sebagai upaya meyakinkan audiens bahwa usaha yang Anda kelola memang menjanjikan keuntungan yang besar.

Jika Anda ingin mendapatkan materi presentasi yang bagus tentang management skill, strategi bisnis dan personal development, silakan KLIK DISINI.

Kegiatan presentasi bisnis juga bisa dijadikan sebagai bagian dari upaya promosi yang Anda lakukan, oleh karena itu jangan sia-siakan kesempatan tersebut. Pada suatu momen dengan menghadirkan khalayak dengan jumlah yang besar, presentasi bisnis bisa dikatakan sebagai upaya promosi berskala besar layaknya tampilan iklan di sebuah media atau televisi.

Sebuah perusahaan bisnis membutuhkan tim presentasi bisnis yang berkualitas untuk mampu tampil dengan baik dalam meyakinkan para konsumen, investor maupun pihak pemberi dana hibah.

Apa saja hal-hal penting yang perlu Anda perhatikan saat melakukan kegiatan presentasi bisnis di hadapan pelanggan, investor atau pemberi dana hibah? Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda coba dalam melakukan presentasi bisnis:

1. Menyajikan konsep business plan dan financial project yang baik

Konsep perencanaan bisnis serta konsep keuangan di dalam bisnis merupakan hal utama yang menjadi penilaian para pemberi dana hibah maupun investor saat akan memberikan dana bagi kelangsungan bisnis Anda. Menyajikan rincian business plan dan project financial sebaik mungkin merupakan cara utama yang bisa Anda lakukan untuk dapat tampil dengan baik saat melakukan kegiatan presentasi bisnis.

Pemahaman Anda yang baik mengenai rencana bisnis yang akan Anda jalankan akan membuat Anda mampu memperkirakan bagaimana jalannya usaha bisnis Anda kelak, upaya-upaya apa yang dipersiapkan untuk melakukan kegiatan peningkatan penjualan dan pemasaran, mengantisipasi munculnya produk-produk kompetitor maupun pengelola bisnis baru dan sebagainya.

Sedangkan sajian perencanaan keuangan akan memberikan gambaran sirkulasi keuangan yang akan terjadi pada perusahaan. Dengan gambaran hal tersebut yang tersaji dalam sebuah presentasi bisnis secara singkat akan memberikan keyakinan kepada pihak-pihak bersangkutan sehingga akan percaya dengan usaha bisnis yang Anda jalankan.

Jika Anda ingin mendapatkan materi presentasi yang bagus tentang management skill, strategi bisnis dan personal development, silakan KLIK DISINI.

2. Berbicaralah dengan gaya seorang pelaku bisnis yang sukses

Bagaimana pun di dalam sebuah presentasi, teknik berbicara merupakan hal yang akan menjadi fokus perhatian. Di dalam sebuah presentasi bisnis, bicaralah dengan gaya yang meyakinkan, optimis dalam menjalankan usaha dan meraih keuntungan. Jangan menunjukkan rasa pesimis untuk mendapatkan keuntungan. Tunjukkan bahwa Anda mempunyai berbagai kreatifitas dan inovasi dalam menyelesaikan berbagai persoalan perusahaan.

3. Tampilkan keunggulan produk-produk perusahaan

Rasa percaya diri yang dibangun saat menyampaikan sebuah kegiatan presentasi bisnis akan semakin tinggi jika Anda menyampaikan sebuah konten menarik yang penuh dengan kualitas. Oleh karena itu, tampilkan semua keunggulan produk usaha atau jasa layanan bisnis Anda. Sampaikan juga secara jujur kelemahan dan kekurangan secara proporsional, setelah itu berikan alternatif solusi yang bisa ditawarkan.

4. Selipkan kalimat-kalimat bisnis yang elegan

Untuk meningkatkan rasa percaya diri dalam menyampaikan sebuah presentasi bisnis, bisa Anda lakukan dengan mengutip berbagai kata-kata bijak para pakar bisnis untuk mendukung konten dari presentasi yang Anda sampaikan. Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi lebih hidup jika langsung Anda ucapkan pada audiens, bukan tertulis dalam slide.

Beberapa tips di atas bisa Anda coba untuk membantu penampilan presentasi bisnis Anda yang lebih berkualitas dan meyakinkan audiens.

Comments are closed.